5 Kiat Jaga Mesin Cuci Tetap Awet



Kehidupan yang saat ini semakin canggih, dan didukung juga oleh perkembangan teknologi setiap harinya membuat manusia semakin mudah dalam menjalani harinya. Misalnya dalam pekerjaan rumah tangga banyak menggunakan mesin-mesin dengan teknologi yang canggih.
Mulai dari peralatan dapur, peralatan di kamar mandi, termasuk peralatan untuk mencuci pakaian yaitu mesin cuci. Dengan adanya mesin cuci, tentu Anda akan sangat terbantu karena tidak perlu lagi menggunakan tenaga manusia untuk membersihkan pakaian yang kotor. Dari proses mencuci sampai pengeringan dilakukan di dalam mesin dan juga secara otomatis. Agar tetap bisa terus membantu pekerjaan Anda dalam mencuci pakaian, tentu saja mesin cuci harus dirawat dengan baik agar tidak cepat rusak. Tentu saja, jika sudah rusak maka service mesin cuci adalah salah satu hal yang harus dilakukan. Intip lima kiat dalam menjaga mesin cuci agar tetap awet di bawah ini!

Tempat yang Rata

Jika Anda pernah mendengar suara berisik yang tidak wajar pada saat sedang mencuci pakaian menggunakan pernah mesin cuci, maka bisa jadi penyebabnya adalah karena letak mesin cuci yang miring atau tidak rata. Suara yang berisik terkadang bisa jadi sangat mengganggu bagi beberapa orang. Selain itu juga tentu jika letak mesin cuci tidak rata akan berakibat pada bagian-bagian mesin yang bekerja. Karena itu, perhatikan lantai tempat Anda meletakkan mesin cuci, harus pada tempat yang rata. Setelah itu maka suara berisik itu tidak akan timbul lagi dan gerakan dari mesin cuci akan jadi lebih halus.

Jangan Melebihi Kapasitas

Hiruk pikuk kesibukan pekerjaan sering kali membuat kita terburu-buru dalam menyelesaikan pekerjaan rumah. Termasuk dalam hal mencuci pakaian. Tumpukan pakaian yang banyak dan menumpuk ingin segera dicuci. Namun kadang kita tidak memperhatikan kapasitas dari mesin cuci tersebut. Jika pakaian yang dicuci terlalu banyak atau melebihi kapasitas, tentu kerja mesin akan jadi berat. Tidak hanya itu, pakaian juga tidak bersih maksimal. Karena itu, sesuaikan kebutuhan Anda dengan kapasitas mesin cuci.


Biarkan Mesin Cuci Ikut ‘Bernapas’

Maksudnya adalah, jangan tempatkan mesin cuci pada ruangan tertutup yang minim akan udara. Suhu udara di sekitar mesin cuci juga harus stabil, sehingga alangkah lebih baik apabila terdapat ventilasi pada ruangan tersebut. Saat sedang bekerja, mesin cuci akan menghasilkan panas. Jika ruangannya tertutup, maka panas yang dihasilkan akan jadi berlebihan dan berpotensi merusak mesin cuci itu sendiri. Karena itu juga, mesin cuci jangan diletakkan terlalu dekat dengan tembok agar panas tidak terperangkap. Beri juga jarak di sebelah kiri dan kanan mesin cuci. Hindari meletakkan benda-benda besar di dekat mesin cuci.

Bersihkan Secara Rutin

Kebiasaan membersihkan tabung setiap kali selesai mencuci ternyata dapat membuat mesin cuci jadi lebih awet. Untuk melakukannya, caranya mudah sekali. Anda cukup mengisi mesin cuci dengan air, lalu operasikan mesin cuci sampai selesai. Hasilnya, sisa-sisa kotoran setelah Anda mencuci tadi akan hilang. Jangan lupa juga untuk rajin mengelap mesin cuci dengan menggunakan kain kering. Selain akan terlihat bersih, ini juga menghindari mesin cuci menjadi berkarat. Selain itu, Anda juga perlu secara rutin membersihkan filter. Hal ini karena adanya kotoran yang mengendap di bagian filter yang terletak di bagian dalam mesin cuci. Sama juga halnya pada filter selenoid yang juga perlu dibersihkan agar kebersihan tetap terjaga. Lakukan secara rutin setiap dua minggu sekali untuk membersihkannya.

15 comments

  1. Nice info mbak. Berguna bgt nih infonya utk bisa merawat mesin cuci biar bisa awet. Kan lumayan mbk klo harus beli mesin cuci trus krn cepet rusak hehe

    ReplyDelete
  2. Merawat mesin cuci memang hal yang wajib dilakukan bagi ibu rumah tangga. Apalagi ibuku yang cuciannya selalu menumpuk sampai pakaian nya nggak bisa muat banyak

    ReplyDelete
  3. Bersihkan secara rutin, ini nih kayaknya PR yang berat,tapi wajib dilakukan demi mesin cuci jadi awet.

    ReplyDelete
  4. yang membersihkan secara rutin itu yang sedikit susah sis, ntah itu kelupaan lah, sibuk lah dan banyak lagi alasan-alasan lain hehe

    ReplyDelete
  5. biasanya koin, peniti, atau kancing yang lepas bisa menjadi penyebab rusaknya mesin cuci. Aku pernah karena longgarnya karet mesin cuci jadi mesti di cek secara berkala kata tukang servicenya

    ReplyDelete
  6. Menjadi perempuan memang harus berdamai dengan semua perabotan rumah tangga dari depan hingga belakang, menjdi perempuan kudu pinter2 juga merawat barang. Mesin cuci ku gara2 sering kebanyakan baju kota, skrng lobang airnya jadi los.

    ReplyDelete
  7. Ternyata kalo mesin cuci sering berisik itu gara-gara lantai kurang rata ya mbak. Baru tau nin anin. Di rumah sering banget nih mesin cuci bunyinya kencang banget.

    ReplyDelete
  8. Mesin cuci pun perlu 'bernapas' ya. Bermanfaat banget tips-tipsnya mbak..

    ReplyDelete
  9. ohh iya yah, pastes mesin cuci dirumah suka bergetar hebat kalo dipake, alas nya toh...
    ini bermaanfaat bgt,

    ReplyDelete
  10. Bermanfaat sekali tipsnya kak. Jadi semakin paham hak dan kewajiban kepada barang.

    ReplyDelete
  11. Wahh,, bersihin mesin cuci nih yg kadang masih belum bisa rutin. =,=

    ReplyDelete
  12. Thanks ya kak tips-nya, aku jadi tahu gimana cara memperlakukan mesin cuci dengan baik. Selama ini, aku suka asal-asalan ternyata ....

    ReplyDelete
  13. Mesin cuci juga butuh diperhatikan ya mbak. Bagaimanapun jg, mesin cuci adalah sang penolong. Kalau ndak ada mesin cuci, repotlah tugas burumtang tanpa mesin ini. Hehehe, jd aku lebih care dengan mesin cuci sejak, aku membuat kesalahan padanya. Ada sumbatan di dalam pembuangan, jd air gak. bs keluar, tyt ada koin dan aku kurang teliti saat memasukan pakaian yg berisi uang koin. Hiks, sedih. Lah malah curhat akuh

    ReplyDelete
  14. wah, seolah diingtakan ini, mesin cuci kadang dijadikan kolam renang juga buat Athifah dan Annasya :)

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^