TOMA, Pertolongan MAMA


image : nakita
Saat anak sakit memang bikin bingung dan galau. Sebagai ibu muda saya mengalami sendiri masa-masa cemas saat tiba-tiba anak saya demam di malam hari atau sesak mendadak. Bingung harus melakukan apa. Apalagi jika sedang ditinggal suami dan tidak memungkinkan untuk membawa ke klinik atau rumah sakit.



Dalam kondisi seperti itu saya berharap ada yang membisiki saya cara tepat untuk menangani anak-anak sebagai pertolongan pertama saat ia sakit. Mumet jika harus sibuk mencari di google karena informasi yang diberikan tidak sepenuhnya bisa dipercaya.

Aplikasi TOMA (Pertolongan MAMA)



Info pertolongan pertama ini enaknya bisa direalisasikan dalam bentuk aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone. Jadi kita para ibu tinggal submit jenis sakit anak dan umur anak. Setelah itu aplikasi akan mencarikan tindakan pertolongan pertama yang tepat sesuai. Aplikasi ini bukan terkhusus untuk sakit anak sih, tapi juga bisa digunakan untuk keluarga.

Beberapa feature yang enaknya ada di aplikasi TOMA ini antara lain

1.    Tindakan Pencegahan (jadi sebelum sakit, mama bisa cari tahu tindakan pencegahan agar anak-anak tidak gampang sakit). Misalnya ketika mama menuliskan sembelit, akan muncul tindakan pencegahan seperti mengkonsumsi buah ini dan sayur itu.
2.    Tradisional. (Ini adalah feature pertolongan pertama yang bisa dipilih dengan bahan-bahan tradisional seperti daun-daunan ataupun rempah)
3.    Obat ( nah jika mama ingin memberikan obat, TOMA akan menyarankan beberapa obat pertolongan pertama jika si kecil sakit)
4.    Dokter Tolong Mama (ini adalah tindakan lanjutan jika si kecil tidak kunjung sembuh, mama bisa bertanya lansung dengan dokter yang menjadi pengasuh di aplikasi TOMA)

Karena masalah kesehatan sangat penting, tentu aplikasi TOMA ini harus di rencanakan bersama pakar kesehatan yang ahli dibidangnya agar tindakan pencegahan dan pertolongan yang diberikan saat anak sakit adalah yang paling pas dan tepat.

BTW, Mama punya juga nggak ide seperti saya? pasti banyak sekali ya ide untuk membantu keseharian kita. Biar idenya tidak hilang begitu saja boleh banget ni ikutan Lomba yang diadakan oleh IWIC 11 di http://iwic.indosatooredoo.com/

Apa sih IWIC 11?

Jadi Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest atau disingkat IWIC adalah ajang kompetisi inovasi teknologi di bidang wireless yang secara konsisten dan pertama di Indonesia yang diselenggarakan oleh Indosat Ooredoo. Kompetisi ini diselenggarakan secara tahunan sejak tahun 2006, sebagai bagian dari program CSR Indosat Ooredoo pilar INOVASI.

IWIC11 ada beberapa kategori:
1.    Professional / Developer / programmer, kamu laki-laki yang sehari-hari bekerja sebagai programmer, professional di bidang pemograraman walaupun tidak berprofesi sebagai probramer dan memiliki ide atau aplikasi yang ingin di submit.
2.    Beginner / awam, kamu laki-laki yang mengerti sedikit soal pemrograman atau tidak mengerti sama sekali, kamu laki-laki yang masih kuliah
3.    Women and girls, kamu yang professional / Developer / programmer atau Beginner / awam tapi adalah seorang perempuan
4.    Kids and Teens, laki-laki atau perempuan yang masih bersekolah TK / SD / SMP (sederajat)

Nah IWIC11 mengkompetisikan 2 hal, Ide dan aplikasi mobile dan aplikasi komputer. idenya bisa macam-macam sih. mulai dari entertaiment, utility, media hingga special needs. Mama tinggal mengisi form pendaftaran disini. Siapa tahu ide dan aplikasi mama ataupun anak mama menjadi pemenangnya.

GOOD LUCK YA



5 comments

  1. Aku butuh banget aplikasi ii. :D Harus segera download.

    ReplyDelete
  2. Aplikasi yang sangat membantu nih .:D

    ReplyDelete
  3. Aplikasinya keren mbak...Moga bisa terealisasikan..

    ReplyDelete
  4. tolong mama...anakmu juga butuh pertolongan dari mama...

    ReplyDelete
  5. idenya keren mbak, semoga bisa di eksekusi sama developernya ya.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^