Alfamart Class, Program Pendidikan Ritel untuk Menciptakan Lulusan SMK yang Handal


Acara Penandatanganan Kerja Sama Program Pendidikan Manajemen Retail Alfamart Class dengan SMK Negeri 1 kota Bengkulu (29 November 2017) berlangsung meriah. Acara ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.


Sebagai perusahaan yang hadir di tengah masyarakat, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) menjalankan program tanggung jawab sosial berkelanjutan, salah satunya melalui program pendidikan ritel bagi siswa SMK, Alfamart Class. Melalui program tersebut, Alfamart bekerja sama dengan SMK yang memiliki jurusan bisnis atau manajemen pemasaran. Perusahaan melakukan sinkronisasi kurikulum pendidikan ritel, memberikan pelatihan kepada tenaga pengajar dan siswa. Selain itu, perusahaan juga menghibahkan Laboratorium Ritel sebagai media praktik belajar siswa di sekolah.



Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala SMKN 1 Kota Bengkulu yaitu Dra. Hj. Evriza M.Pd,. Beliau mengungkapkan ucapan terimakasih kepada Alfamart yang telah menyalurkan dana CSR 100 juta dalam bentuk barang dan desain toko Alfamart Class. Lulusan SMK yang belajar di Alfamart class akan mendapatkan kesempatan diterima langsung bekerja di level 2.

Mendidik Lulusan SMK Menjadi Pengusaha Handal


Saat menyampaikan sambutan, Solihin selaku Coorporate Affair Direktur Alfamart mengungkapkan perasaan bahagianya karena ini merupaka kerjasama pertama di kota Bengkulu. Disebut laboratorium karena Alfamart Class merupakan implementasi langsung bisnis retail.  Siswa akan dididik menjadi wirausaha bukan hanya pekerja dengan harapan lulusan smk akan menjadi pengusaha andal.

“Program yang telah berjalan sejak 2011 ini, diharapkan dapat menciptakan lulusan SMK yang memiliki daya saing tinggi, terampil, dan siap bekerja di lingkungan perusahaan. Khususnya di industri ritel, dengan berbagai kompetensi yang telah dimiliki,” ujar Corporate Affair Director Alfamart, Solihin.

Solihin menambahkan, Alfamart Class merupakan salah satu upaya perusahaan dalam menciptakan keselarasan program pendidikan dengan kebutuhan industri ritel melalui transfer knowledge dan praktik pembelajaran yang komprehensif. 

“Kebutuhan tenaga kerja di industri ritel terbilang besar. Setiap tahunnya, tim operasional Alfamart banyak menerima lulusan dari jenjang pendidikan SMA/SMK,” papar Solihin.

Oleh karena itu, sambungnya, program ini bisa menjadi solusi yang menguntungkan bagi berbagai pihak. “Di satu sisi kami membantu menyediakan lapangan kerja bagi lulusan SMK, di sisi lain kami juga mendapat tenaga kerja yang kompeten dan mampu menjawab kebutuhan perusahaan,” tuturnya.
Menurut Solihin, lulusan SMK yang mengikuti program Alfamart Class dapat langsung bekerja di Alfamart. Selain itu, berbekal pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh, lulusan Alfamart Class juga bisa membuka usaha ritel secara mandiri.



“Kami membekali siswa dengan berbagai kompetensi seperti pengetahuan produk, transaksi dan administrasi penjualan, persediaan produk, prosedur kerja, kerja sama tim, hingga pelayanan pelanggan,” terangnya.

Saat ini, program pendidikan ritel Alfamart Class telah diimplementasikan di 189 SMK yang tersebar di Indonesia, ini yang pertama di Bengkulu. Sampai akhir 2017, perusahaan menargetkan ada kerjasama dengan 46 SMK di Tanah Air.Kepala sekolah

Pesan PLT Gubernur Untuk Sukses di Dunia Usaha


Sebelum membuka acara, Pak Rohidin Mersyah selaku Plt Gubernur Bengkulu berpesan agar produk lokal bisa masuk ke dalam bisnis retail seperti alfamart agar lebih bisa dirasakan masyarakat. Walaupun target pemerintah ingin menyiapkan lapangan pekerjaan, tapi akan lebih baik jika lulusan bisa mempunyai kemampuan dan bisa mandiri membuat usaha yang lbih baik.

Berikut pesan Pak Rohidin agar siswa SMK sukses didunia usaha
1. Mampu melihat peluang usaha
2. Punya keberanian untuk memulai
3. Kekuatan menjaga konsistensi dan komitmen, meningkatkan kualitas
4. Kemampuan edukasi, 

Keempat poin itu bisa diuji di laboratorium retail Alfamart class sehingga mereka bisa merasakan langsung bagaimana sebenarnya dunia usaha.

Acara diakhiri dengan penandatangan kerjasama Program Pendidikan Manajemen Retail Alfamart Class dengan SMK Negeri 1 kota Bengkulu yang diwakili oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Kota Bengkulu dan Corporate Affair Director Alfamart, Solihin.



Tak lupa setelahnya Plt Gubernur melihat langsung dan berbelanja di Alfamart Class. Kebetulan saat itu ada promo 50 ribu rupiah. Luar biasa, langsung ramai dan diserbu oleh pengunjung termasuk saya dan beberapa wali murid yang ikut hadir.

Semoga dengan hadirnya Alfamart Class bisa memacu siswa SMK untuk semangat berbisnis dan meningkatkan kemampuan mereka. Yuk belanja di Alfamart Class SMKN 1 Kota Bengkulu. Belanja Puas, Harga Pas.

2 comments

  1. Wah Asiik neh, kapan-kapan boleh neh belanja disini, ketemu adek-adek cantik, hehehee

    ReplyDelete
  2. Acaranya bagus ya, semoga Alfamart makin rame di Bengkulu dan mensejahterakan masyarakatnya

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^