Internet Baik untuk Indonesia yang Lebih Baik


Internet bak pisau bermata dua. Manfaatnya bisa membantu banyak orang, namun di sisi lain juga bisa membuat kita terluka karenanya. Tak bisa dipungkiri kita makin terlena dengan kemudahan yang didadapat melalui internet. Semua orang berlomba-lomba menjadi pintar dengan hanya mencari tahu dari google yang belum tentu kebenarannya.


Kenyataan saat ini membuat saya dilema. Saat internet mulai menyentuh banyak kalangan, termasuk keluarga terdekat. Selain anak-anak yang mulai kecanduan gadget, orang dewasa pun  terlalu mudah percaya dan memposting berita HOAX baik melalui blog maupun media sosial. Bayangkan saja, ibu-ibu rela menghabiskan waktunya untuk saling bully hanya karena masalah ASI dan Susu Formula, lahiran normal atau caesar, bahkan hal sepele tentang isu Pelakor yang lagi hangat dan menguras emosi.

Saat para Ibu sibuk dengan hoax dan bullying di internet, anak-anak dibiarkan berteman dengan kejamnya dunia maya tanpa pengawasan. Hasilnya adalah mereka lebih dekat dengan gadget, menghabiskan hari-hari bersama games lalu tumbuh menjadi pribadi yang emosional karena kurang merasakan kebersamaan dan kebahagiaan bersama orang tua.

Menggalakkan #InternetBaik


Harusnya internet bisa bermanfaat asal dilakukan secara BAIK (Bertanggung jawab, aman, inspiratif dan kreatif). Dengan bijak, internet akan memberikan banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh banyak pihak termasuk ibu rumah tangga, guru, mahasiswa, hingga untuk mempromosikan budaya daerah.

Ibu Rumah Tangga dan Internet


Sebagai Ibu rumah tangga, blogger dan juga enterprenuer saya bersyukur internet membuat hidup menjadi lebih baik. Ibu rumah tangga yang biasanya penuh dengan kesan udik dan hanya diam di rumah kini bisa terbantahkan. Ibu rumah tangga bisa menghasilkan walau hanya di rumah sambil mengasuh anak. Dengan blog, saya tetap bisa berprestasi dan mengembangkan kemampuan menulis, dan yang paling penting adalah memberikan manfaat serta insipirasi untuk banyak orang. Teman saya, Gia seorang blogger, programmer, pun bisa mendapatkan penghasilan lebih dari 10 juta melalui internet.

Memperkenalkan Budaya Daerah



Penggunaan internet baik dapat diimplementasikan dalam melestarikan budaya daerah. Salah satunya sebagai media promosi agar lebih dikenal oleh masyarakat nasional hingga internasional. Bengkulu dikenal dengan Batik Besurek yang khas dengan motif bunga rafflesia dan tulisan arab,  Dengan menggunakan internet kita bisa mempromosikan indahnya batik beserek melalui tulisan dan di share ke teman-teman di sosial media. Setidaknya kita telah berkontribusi untuk memperkenalkan Bengkulu.

Saya sebagai anggota Blogger Bengkulu pun bersama teman-teman ikut andil untuk mempromosikan Bengkulu. Salah satunya dengan membuat Trending Topic di twitter  dengan ngetweet serempak saat pembukaan #KarnavalBatikBesurek2017. Setiap bulan pun Blogger Bengkulu mengadakan Nulis Serempak dengan tema Bengkulu yang berbeda setiap bulannya.



Menjadi Mahasiswa  Anti HOAX

Fira, Blogger dan juga mahasiswa Kedokteran UNIB merasakan manfaat internet. Ia bercerita selalu ingat tentang modul Evidence Based Medicine. Sebuah model kedokteran berbasis bukti, mengingatkan bahwa dalam mencari informasi apalagi bidang kesehatan tidak boleh sembarangan. Ia diajarkan mengenai level of evidence, diingatkan bahwa sekalipun jurnal yang didapatkan terlihat kredibel, masih ada banyak sekali hal-hal yang ditutupi yang dapat menyesatkan hasil dan kesimpulan penelitian. Memilih bukti yang baik dari sumber yang tepat ternyata mudah, asal mau mencari. Namun sebagian besar mahasiswa di Indonesia bahkan masih terbata-bata untuk mencari jurnal yang kredibel. Padahal sebagai generasi muda harus bisa kritis dalam menggunakan internet dan mengambil pengetahuan hanya dari sumber yang terpercaya. Dengan menggalakkan internet baik mahasiswa bisa menghalang berita HOAX yang beredar dan tidak diketahui kebenarannya.

Smart Teacher for Smart Student

Internet sangatlah membantu dalam bidang pendidikan karena dapat digunakan dalam berbagai hal, mulai dari mencari maupun berbagi informasi. Dibandingkan dengan buku dan perpustakaan, penyebaran melalui internet sangatlah cepat dan mudah. Selain itu, internet banyak mempengaruhi ilmu pengetahuan dan pandangan dunia. Contoh penggunaan internet dalam dunia pendidikan adalah melalui web site pendidikan misalnya, ruangguru, dimana murid dapat belajar secara interaktif melalui video dan dapat bertanya langsung kepada ahlinya. Contoh lainnya web yang dibuat langsung oleh guru untuk modul pembelajaran, seperti web yang dibuat oleh salah seorang guru SMA Negeri 2 kota Bengkulu dengan alamat webnya www.yudarwi.com.


“Kreatif dengan internet itu seperti kita sedang berdiri di tengah sebuah kebun luas yang menyediakan berbagai jenis bunga, tanaman dan belukar. Kita lah yang perlu memangkasnya, dan menatanya menjadi taman indah atau rangkaian bunga yang menawan" (Rifki Sya'bani)

Yuk bijak dengan menggunakan internet secara baik. Karena yang penting adalah bagaimana pertanggungjawaban kita terhadap apa yang kita tulis dan manfaat yang dirasakan oleh pembaca. Karena sebaik-baiknya kita adalah yang bermanfaat untuk orang lain. Semoga dengan internet baik bisa menjadikan Indonesia yang lebih baik.

No comments

Silahkan Berkomentar ^_^