Resep Sayur Kikil Bersantan


 

Siapa tidak kenal Kikil? Beberapa orang menyukai bahan yang satu ini bila telah diolah menjadi masakan tertentu. Tapi beberapa orang juga ada yang tidak suka kikil sekalipun telah diolah menjadi masakan. Memang bahan yang satu ini ada yang menganggap enak adapula yang sama sekali tak menyukainya. Padahal jika dirasakan, kikil itu memiliki rasa yang cukup unik. Sedikit keras tapi kenyal, dan cenderung tanpa rasa alias hambar bila tidak diberi bumbu. Beda cerita bila kita buat menjadi Sayur Kikil Bersantan. Tentu siapa saja akan tergoda memakanya. Kikil ini termasuk kesukaan suami saya, pasti lahap kalau sduah masak ini.

Sayur Kikil Bersantan adalah masakan yang berbahan dasar kikil lalu dicampur dengan berbagai rempah pilihan dan disiram dengan kuah bersantan. Tentu rasanya sangat nikmat. Tapi untuk membuatnya ternyata tidaklah susah. Kamu cukup ikuti langkah berikut.


Bahan Dan Bumbu Sayur Kikil Bersantan


Berikut ini adalah resep masak sayur kikil bersantan yang dapat anda praktekan di dapur rumah anda masing-masing :

Bahan-bahan yang diperlukan :

•    1 kaki sapi besar (dibakar), 12 buah bawang merah, 4 buah bawang putih, 3 cm kunyit (bakar), 1 sendok makan ketumbar, 2 cm lengkuas/laos, 1,5 cm jahe, ½  sendok teh jinten, 5 buah kemiri, 1 batang sereh (ukuran besar), 7 lembar daun jeruk purut, 3 lembar daun bawang pre, 1 lembar daun salam. Saya juga suka menambahkan sedikit irisan cabe dan cabe halus biar ada sensasi pedas sedikit.

•    1 buah kelapa ukuran sedang (dibuat santan) atau sebaiknya menggunakan Sasa Santan Kelapa. Sebab dengan begitu proses memasak jadi lebih mudah dan tidak ribet. Mengingat Sasa Santan Kelapa memiliki banyak kelebihan, diantaranya ia dikemas dalam keadaan sudah matang dan siap pakai, jadi tidak lagi perlu memasaknya terlebih dahulu. Lalu sasa Santan Kelapa ini juga cocok untuk segala jenis masakan, makanan, dan minuman, karena ia memiliki aroma dan rasa se-segar kelapa yang langsung diperas. Apalagi kenyataanya Sasa Santan Kelapa ini tanpa pengawet sehingga aman dikonsumsi.

Langkah dalam membuat sayur kikil bersantan adalah :

1.    Bersihkan kaki sapi terlebih dahulu dengan cara menyikatnya sampai bersih.

2.    Kaki sapinya dipresto terlebih dahulu,tambahkan geprek jahe, daun salam dan daun jeruk. Waktu yang dibutuhkan untuk presto dengan api besar adalah sekitar 40 menit. Setelahnya sisihkan dan buang airnya.

3.    Kupas dan bersihkan semua bahan bumbu, lalu gongso/tumis bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, kunyit, kemiri, cabe dan juga ketumbar. Setelah tumisan bumbu harum, kesemuanya dihaluskan dengan cara diblender dan tambahkan jinten dan 1 lembar daun jeruk purut.

4.    Setelahnya gongso kembali dan tambah air. Tunggu airnya sampai meresap, baru tambahkan minyak goreng dan gongso kembali smpai bumbu tidak ada yang lengket di wajan/Teflon anda.

5.    Sembari itu, anda siapkan panci yang diberi air kaldu. Masukkan setengah bumbu tadi dan didihkan campuran air dan bumbu tersebut. Sisa bumbu tersebut untuk ungkep kikil yang sudah dipotong-potong sama bagian. Tambahkan pula Sasa Santan Kelapa ke dalamnya dan unkep sampai kesemua bumbu meresap ke dalam kikil. Untuk menyeimbangkan rasa jangan lupa tambahkan gula garam terlebih dahulu.

6.    Masukkan kikil yang telah matang tadi kedalam kuah.

7.    Tambahkan pula irisan daun bawang pre. Selanjutnya masak hingga mendidih.

8.    Sebagai tambahan agar makin lezat rasanya adalah : sambal kecap, bawang goreng, dan jeruk nipis agar rasanya segar.


Nah mudah bukan, kalian bisa coba dirumah untuk keluarga tercinta. Sayur Kikil Bersantan yang nikmat dengan Sasa Santan, Aslinya Santan pasti bikin ketagihan.

6 comments

  1. nyam nyam sayur kikilnya enak nih. sasa ada produk santannya juga toh. boleh dicoba nih disarankan buat istri

    ReplyDelete
  2. Nyam-nyam enak banget ini makan buat sarapan plus lontong uhuy banget. Aku juga suka masak santan nih. Mau nyoba ah pakai Sasa santan instan ini

    ReplyDelete
  3. mamahku doyan banget bikin kikil, biasanya ditumis gitu gak pake santan, noted nih resepnya mbak

    ReplyDelete
  4. wahhhh aku juga suka kikil disantenin gini mbak, heheheh enakkk banget apa lagi di kasih campuran irisan cabe hijau makin joss. mau bikinn juga ahkk mumpung masih ada SasaSantannya

    ReplyDelete
  5. Liat Kikil jadi pengen masak tauco kikil :(

    ReplyDelete
  6. Untung ada Sasa Santan ya mba jadi bisa lebih praktis masaknya. Makasih mba sharing resepnya , jadi mau cobain

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^