Resolusi 2018 : Menjadi Baik untuk Hidup yang Lebih Baik


Setiap mengingat tahun akan berganti ada penyesalan yang begitu saja datang di ingatan saya. Tentang begitu banyak waktu yang saya sia-siakan, tentang sisa umur yang semakin berkurang juga kecemasan bahwa kesempatan untuk melakukan banyak hal terlewat begitu saja. Sungguh merasa sangat merugi.

Penyesalan memang datang terlambat, tapi saya percaya bahwa setiap orang punya kesempatan untuk berubah. Selama nikmat kehidupan masih dimiliki, saya bertekad untuk memperbaiki diri. Menjadi Baik, begitulah resolusi di tahun 2018 yang ingin saya capai.


Menjadi Baik adalah sebuah akumulasi cita-cita terhadap perbaikan ibadah, memaksimalkan waktu untuk berkarya, bersyukur akan nikmat sehat dan yang terpenting adalah bermanfaat untuk diri, keluarga dan orang lain.

Menyelesaikan Buku Solo

Sebelum berkecimpung di dunia blog saya senang sekali menulis fiksi dan puisi. Ada kenikmatan sendiri saat bisa merampungkan sebuah cerita ataupun beberapa bait syair. Seperti ada perasaan lega karena telah meluapkan rasa dalam kata-kata.

Kini hobi itu telah lama saya tinggalkan. Draft novel tak kunjung diselesaikan. Di tahun 2018 ingin sekali rasanya saya menamatkan sebuah novel yang saya tulis sendiri. Bukan perihal materi, tapi lebih kepada tantangan menaklukan diri sendiri. Bukan masalah menjadi terkenal, tapi ini tentang perwujudan kesungguhan. Karena mempunyai buku solo adalah cita-cita lama yang tak kunjung terealisasi. Saya akan mulai dengan membaca kembali draft yang sudah saya tulis sebelumnya lalu melanjutkan hingga selesai. Akan ada pembagian waktu antara ngeblog dan menulis novel agar keduanya tetap bisa berjalan dengan baik.

Melanjutkan Hafalan Quran

Saya seringkali menangis haru menonton tayangan anak-anak penghafal quran. Senantiasa saya berdoa anak-anak akan menjadi penghafal quran. Tapi di sisi lain saya merasa tertampar, saya bukanlah apa-apa untuk cita-cita besar itu. Jangankan rutin hafalan, ibadah wajib dan mengaji saja banyak yang perlu diperbaiki.

Tapi nggak ada yang mustahil selama Allah berkehendak. Sembari terus berdoa untuk kebaikan anak-anak, saya bertekad akan mulai memperbaiki ibadah dan melanjutkan hafalan quran. Saya pun sudah cari tahu dengan beberapa teman mengenai program hafalan yang bisa diikuti ibu rumah tangga seperti saya. Ya, berkumpul dengan orang-orang yang bersemangat biasanya akan menimbulkan motivasi lebih dibandingkan harus menghafal sendirian.

Membuka Toko Kue

Sudah dua tahun saya membuka usaha kue. Usaha ini saya kelola bersama adik yang kebetulan menjual beragam aksesoris. Sejauh ini kue dan aksesoris diletakkan di toko yang sama mengingat budget sewa tempat yang cukup tinggi.

Melihat berkembangnya usaha kue ulang tahun ini, ada cita-cita besar saya ingin membuat toko kue sendiri yang terpisah dari toko aksesoris agar lebih memudahkan pelanggan. Saya punya mimpi nanti di toko kue itu akan ada cafe kecil-kecilan sehingga bisa jadi tempat nongkrong semua kalangan.
Walau tidak mudah saya akan berupaya mewujudkannya di tahun 2018.

Dengan adanya toko kue saya berharap ekonomi keluarga akan semakin membaik. Anak pertama saya Ubay sudah mulai tertarik ingin bersekolah seperti teman-temannya. Belum lagi saya dan suami pun punya cita-cita untuk memiliki rumah di tahun 2018. Tentu dana yang dibutuhkan tidaklah sedikit, perlu kerja keras dan tekad yang kuat untuk merealisasikannya. Saya tidak mau membebankan semuanya kepada suami, makanya saya sangat bersemangat ikut produktif dari rumah. Sambil mengurus anak tetap bisa berpenghasilan demi cita-cita kami dan tentunya akan bernilai sedekah jika istri membantu suami memenuhi kebutuhan keluarga.


Menjadi Sehat untuk Hidup yang Lebih Baik

Harus diakui pola hidup saya jauh dari kata sehat. Selain kurangnya mengkonsumsi sayur yang baik untuk tubuh saya juga tidak rutin berolahrga, juga sering begadang. Wah lengkap deh pola hidup tidak sehatnya.

Saya menyesal karena tidak sungguh-sungguh menerapkan pola hidup sehat. Apalagi pasca operasi caesar kedua anak saya, tubuh mulai tidak sekuat saat sebelum operasi. Entah kenapa lebih mudah terasa lelah. Kondisi ini membuat saya khawatir, ada ketakutan jika saya tidak bisa mewujudkan resolusi yang sudah dicanangkan untuk tahun 2018.

Kesehatan itu mahal. Kalau kata suami saya lebih baik keluar uang untuk sehat daripada keluar uang saat sakit.  Ya, suami saya termasuk yang paling cerewet jika saya sudah tampak lesu dan mengeluh karena letih. Rentetan solusi ia berikan saat itu juga. Minum air putih yang banyak, penambah darah jangan lupa, dibelikan wedang jahe hingga memotivasi saya untuk banyak makan sayuran.

Ya, sebagai seorang ibu saya memang harus tetap sehat untuk anak-anak. Bisa dibayangkan bagaimana kacaunya kondisi rumah jika seorang ibu sakit. Ibarat seorang nahkoda kapal yang sedang berlayar, maka kapal akan oleng jika nahkodanya tak ada. Walaupun sakit itu sudah takdir tapi setidaknya kita bisa mengantisipasinya dan berupaya agar tidak sakit terlalu lama.

Saya bertekad untuk menjadi sehat demi hidup yang lebih baik, demi tercapainya semua resolusi yang saya harapkan.
1.    Memperbaiki pola makan. Semoga di tahun 2018 saya bisa makan dengan porsi dan nutrisi yang seimbang juga menghilangkan pobia saya akan sayur-sayuran.
2.    Olahraga teratur agar badan terasa fit dan pikiran menjadi positif dan bahagia.
3.    Berusaha membagi waktu dengan tepat sehingga punya waktu luang untuk beristirahat di siang hari dan malam hari.
4.    Mengkonsumsi multivitamin untuk menjaga kondisi tubuh tetap terjaga dan bisa segera pulih jika sudah sakit.

Tahun 2017 ini saya menyukai Multivitamin Theragran-M. Cukup banyak teman saya yang menggunakannya sehingga saya pun tertarik untuk mencoba. Saat itu saya meminta suami untuk membelinya di apotik langganan kami. Theragran-M ini bukan multivamin biasa karena merupakan vitamin  yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan.



Belum lama ini saya kena flu. Ya sebagai ibu takut banget kalau sudah flu, khawatir anak-anak akan tertular karena sehari-hari berinteraksi dengan saya. Langsung aja saya minum Theragran-M yang kapletnya berwarna merah kecoklatan dan ada rasa agak manis saat diminum. Kaplet in mengandung kombinasi Multivitamin (Vit A, Vit B, Vit C, Vit D, Vit E) dan Mineral esensial (seperti Magnesium dan Zinc) yang meningkatkan, mengembalikan dan menjaga daya tahan tubuh serta memperepat proses penyembuhan.


Wanita sebagai istri dan ibu memang harus kuat ya. Sakit jangan kelamaan. Hehee.. Untung saja ada Theragran-M, flu saya yang biasanya sembuh lama kemarin hanya 3 hari sudah pulih kembali. Theragran-M ini memang Vitamin yang bagus untuk masa pemulihan.

Dengan menjadi sehat saya berharap sisa hidup saya akan menjadi lebih baik. Hidup sehat dan ceria sehingga bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk merealisasikan cita-cita dan bermanfaat bagi orang lain.

Itulah resolusi saya, kalau kamu?


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran M



20 comments

  1. sehat itu penting banget u ibu2. secara kalau ibu yg sakit langsung jadi kacau dunia persilatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak rumah seperti kapal pecah jadinya hehhee

      Delete
  2. Udah pada nulis resolusi tahun 2018 neh, Mantap. Semoga dapat terwujud dan berjalan lancar ya mbak. Aamiin

    ReplyDelete
  3. Wah punya keinginan buat buka toko kue ya, mba? Semoga terwujud ya mba. Toko kuenya bisa di promo di blog juga :p

    ReplyDelete
  4. hmm aku udah ngiler duluan denger mba ria mau buka toko kue :P
    semoga resolusinya tercapai ya, aamiin

    ReplyDelete
  5. Semoga semua targetnya tercapai ya mbak di tahun 2018, tapi mesti sehat dulu biar tercapai semua :)

    ReplyDelete
  6. Semangat Mbak, mudah-mudahan semuanya targetnya tercapai di 2018

    ReplyDelete
  7. semoga target2nya tercapai di tahun 2018 mbak Rei... sehat selalu.

    ReplyDelete
  8. duh aku kayak tertohok kalau ada yang resolusi nya ngapalin Al Quran, semoga ketularan ke aku deh Aamiin hihi

    ReplyDelete
  9. Semoga semakin kece ya, sehat, keren dan berkah selalu di 2018

    ReplyDelete
  10. Insyaallah bisa terealisasi yak, jadi terharu kalau ingat cita cita, masih banyak kewajiban yang mesti kita lakukan

    ReplyDelete
  11. Semoga resolusinya terutama buku solo dan buka toko kue segera terwujud ya mbak :)

    ReplyDelete
  12. wah sama nih resolusinya pertama dan kedua mbak ria sama fira, hehe. Mudah-mudahan terwujud ya mbak

    ReplyDelete
  13. Wah mbak, saya masih banyak resolusi yang tahun lalu belum tercapai. Moga saja tahun ini tercapai. Theragran cocok banget nih buat saya

    ReplyDelete
  14. Theragran-M harus selalu sedia di rumah ya mbak untuk jaga2

    ReplyDelete
  15. Theragran-M dari dulu sampai sekarang menjadi pilihan keluarga dan semuanya ya mbak.

    ReplyDelete
  16. Wow.. 2018 tinggal menghitung hari. harus punya resolusi nih biar semangat menjalani hidup... hehe
    semoga semua resolusi MBak Ria tercapai ya.... amiin
    pas loncing toko kue, undang aku ya Mbak ^^

    ReplyDelete
  17. Aku bukan orang yang suka bikin resolusi sih Mba. Jadi kalo ditanya resolusinya bingung juga hahaha.

    Semoga resolusi Mba tercapai dan dimudahkan jalannya. Btw, punta toko kue juga cita-citaku 😁

    ReplyDelete
  18. Semoga 2018 menjadi tahun perbaikan diri kita yang menyenngkan, menyehatkan dan meningkatkan mutu kehidupan kita ke depan. Cayyooo mbak ria

    ReplyDelete
  19. semoga toko kue nya bisa terealisasi dalam waktu dekat ini mbk, amiiiinnnn

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^