Mengatasi Biang Keringat pada Bayi


Kulit bayi sangat sensitif. Jika cuaca lembab atau panas biasanya akan muncul biang keringat pada bayi. Hal ini tentu sangat mengganggu kenyamanan mereka. Anak pertama saya Ubay sejak bayi termasuk memiliki kulit sensitif. Jika cuaca mulai panas maka akan muncul biang keringat di beberapa area tubuh seperti leher, ketiak, selangkangan atau pangkal paha, dada bagian atas, kepala, dahi, punggung, perut, atau lipatan kulit.


Saya sempat khawatir kenapa tubuhnya seringkali biang keringat apalagi saat bayi. Setelah konsultasi ke dokter memang kulit anak saya sangat sensitif, belum lagi pori-pori bayi lebih mudah tersumbat dan keringat tidak bisa keluar mengingat pori-porinya masih kecil dan belum berkembang sempurna seperti orang dewasa.

Semakin besar anak biasanya biang keringat akan semakin berkurang, namun untuk Ubay dengan kulit sensitif hal ini terus berulang jika ia mulai kepanasan. Jadi saya sebisa mungkin mengurangi rasa gatal saat ada biang keringat ditubuhnya karena jika sudah ada biang keringat pasti dia akan susah tidur dan tidak nyaman saat bermain.

Untuk mengatasi biang keringat berikut beberapa cara yang saya lakukan:

Menjaga kulit tetap kering dan dingin

Jika bayi atau anak sudah mulai berkeringat, maka Bunda harus segera mengeringkan keringatnya dengan mengelap keringat bayi dengan handuk basah yang lembut. Lalu segera ganti baju buah hati jika sudah mulai basah karena keringat dengan baju yang kering dan lembut di kulit.

Hindari Udara Panas

Jika bayi Bunda adalah anak yang mudah mengalami biang keringat saat udara panas sebaiknya Bunda meletakkan bayi di ruangan yang lebih sejuk dan dingin. Jika memang diperlukan menggunakan AC ataupun kipas angin jangan menghadapkan langsung pendingin ke arah bayi untuk menghindari masuk angin yang malah akan membuat penyakit baru. Saya sendiri biasanya menyiapkan kipas manual jika bayi mulai kepanasan.

Pemilihan pakaian yang tepat

Pilihlah pakaian bayi yang lembut dan dapat menyerap keringat yang terbuat dari serat alami. Hindari menggunakan pakaian sintetis ya Bunda. Selain itu ada baiknya jika cuaca panas kenakan pakaian yang sedikit longgar pada bayi untuk menghindari lecet atau ruam dilipatan tubuh. Bunda juga bisa melepaskan popok/ tidak memakaikan popok pada bayi saat cuaca panas. Hal ini sering saya lakukan dan membuat si kecil lebih nyaman saat udara panas.

Pilih Produk Perawatan Bayi yang tepat

Kulit bayi sangat sensitif terhadap produk perawatan, untuk itu Bunda harus hati-hati memilih produk yang tepat. Berdasarkan pengalaman saya saat Ubay biang keringat ia cocok menggunakan Bedak Zwitsal Extra Care. Untuk mencegah biang keringat, Zwitsal Extra Care Baby Powder membantu menjaga kulit Si Kecil tetap kering. Formulasinya yang dibuat khusus untuk bayi juga lebih lembut untuk kulitnya. Selain itu, kandungan Zinc pada Zwitsal Extra Care Baby Powder juga membantu mengatasi iritasi ringan dan kulit kemerahan. Gatal pada tubuh Ubay biasanya akan mereda setelah digosok dengan Zwitsal.

Biang keringat pada bayi memang sangat mengganggu, untuk itu Bunda harus cerdas mencegah dan mengobati jika biang keringat muncul. Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter jika biang keringat semakin parah. Semoga si kecil sehat selalu ya Bunda!

No comments

Silahkan Berkomentar ^_^