Cara Mengobati Sakit Pinggang Paling Mudah

Image : dokterbabe

Banyak terjadi kasus sakit pinggang namun tak banyak yang terlalu mengeluh dengan sakit ini. Karena sakit ini begitu biasa sehingga mampu sembuh dengan sendirinya. Kebanyakan dari mereka yang sering merasakan sakit pinggang adalah mereka yang sering melakukan pekerjaan berat sehingga tulang yang digunakan untuk tumpuan benda terasa sakit. Saat sakit pinggang menyerang rasanya tentu ngilu dan sakit akibat terlalu keras dalam beraktivitas. Namun bukan berarti kita tidak boleh melakukan aktivitas yang berat. Semua tetap boleh dilakukan dengan porsinya masing-masing.

Kali ini akan dibahas mengenai cara pengobatan sakit pinggang yang biasa dilakukan orang-orang pada umumnya. Baik sakit pinggang yang dialami berat maupun ringan akan dibahas berikut ini.

1. Sakit pinggang ringan

Masalah sakit tentu memiliki tingkatan dan penangannya masing-masing. Apabila sakit ringan maka penanganannya juga ringan namun apabila sakitnya berat maka penanganannya juga disesuaikan dengan kadar sakitnya. Khusus dalam jangka waktu 72 jam awal sakit pinggang mampu dilakukan pengompresan dengan menggunakan air hangat dan air dingin secara bergantian.

Dapat juga dilakukan dengan berbaring diatas bantal atau handuk untuk mengistirahatkan pinggang secara lurus ataupun dilakukan dengan menyamping. Bisa juga dengan melakukan mandi dengan air hangat atau meminum obat ibuprofen untuk melakukan pemulihan.

2. Suntikan anastesi

Apabila sakit pinggang yang diderita cukup kronis maka perlu penanganan khusus yaitu melakukan suntikan anastesi. Rasa sakit yang di rasakan oleh pasien akan hilang dengan segera setelah dilakukannya penyuntikkan. Namun, cara ini hanya bisa diperoleh melalui saran dokter apabila sakit pinggang benar-benar kronis.


3. Menyediakan obat sesuai dengan tingkat sakit pinggang

Untuk sakit pinggang yang memiliki batas normal dapat mengkonsumsi dengan dosis yang ringan seperti mengkonsumsi obat ibuprofen. Namun, apabila sakit yang diderita cukup berat maka disarankan menyediakan obat kodein yang memiliki  dosis obat lebih tinggi dari ibuprofen. Selanjutnya adalah Diazepam untuk obat yang digunakan sakit pinggang yang sangat parah.

Penyediaan obat disini sangat penting bagaikan menyediakan payung sebelum hujan. Namun, perlu diingat obat yang di pakai harus sesuai dengan saran dan konsultasi dengan dokter.

No comments

Silahkan Berkomentar ^_^