Pentingnya Genset Sebagai Cadangan Listrik



Genset ternyata punya peran yang sangat penting dalam menunjang aktifitas banyak orang. Apalagi untuk keperluan fasilitas umum juga fasilitas kesehatan. Saya masih ingat saat akan menjalani operasi di salah satu rumah sakit di kota saya tiba-tiba ada yang bilang listrik mati. Terus terang saya kaget karena bisa bahaya dong kalau tidak ada listrik di sarana vital seperti rumah sakit. Ngeri aja membayangkan banyaknya pasien kritis yang butuh peralatan medis dan semuanya dioperasikan dengan menggunakan listrik.

Mungkin karena efek cemas mau operasi saya nggak terfikir kalau ada Genset. Perawatnya langsung menenangkan saya bahwa saya tidak perlu khawatir karena saat listrik mengalami gangguan, genset di rumah sakit akan langsung bekerja. Genset yang ada dirumah sakit pun banyak dan petugasnya selalu siap sedia karena pihak rumah sakit tidak mau main-main dengan nyawa pasiennya. Alhamdulillah tak lama kemudian listrik segera hidup karena kerana fasilitas umum memang diutamakan PLN untuk disuplai listriknya.

Saya pernah baca kalau Genset adalah singkatan dari generator set yang merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk menghasilkan daya listrik. Disebut generator set karena berasal dari gabungan dua perangkat berbeda yaitu engine dan generator. Pada dasarnya engine berfungsi sebagai pemutar sedangkan generator berfungsi sebagai perangkat pembangkit listrik.

Terbantu sekali memang dengan adanya Genset. Genset merupakan salah satu sumber daya listrik yang bisa dipakai sebagai cadangan sumber daya. Selain dayanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, harga genset pun terbilang terjangkau dan mudah didapatkan di pasaran. Pelatihan bagi petugas perawatan maupun operasional genset pun mudah. Siapapun asal diajarkan caranya akan bisa mengoperasikan genset.

Selain penting untuk cadangan listrik di fasilitas umum, genset juga membantu masyarakat yang berada di pedesaan yang belum tersentuh listrik. Saat saya berkunjung ke kampung halaman suami di Kubu Solok, masyarakat disana menjalani kehidupan tanpa adanya listrik yang bisa kita nikmati selama dua puluh empat jam. Mereka hanya menghidupkan listrik menggunakan genset sekitar tiga saja. Dimulai dari magrib hingga menjelang tidur. Saat menghidupkan genset, warga kampung kubu seringkali menonton televisi sambil berkumpul dengan keluarga.

Genset sangat mudah untuk didapatkan dengan beragam jenis dan kapasitas yang bisa kita temukan dan beli di pasaran. Untuk memudahkan kita sebelumnya kita harus menentukan akan membeli genset yang mana. Genset yang biasanya digunakan adalah genset mesin bensin dan mesin disel dengan tipe open dan silent. Harga genset pun tergantung dengan kualitas dan jenis genset yang telah kita pilih.

Telitilah dalam membeli genset. Jika kita berhati-hati dalam memilih nya tidak menutup kemungkinan kita akan mendapatkan harga genset murah dengan kualitas yang bagus. Bila perlu pelajarilah berbagai jenis genset dengan membaca dan bertanya kepada teman yang ahli. Perhatikan kekurangan dan kelebihan genset tersebut agar tidak menyesal nantinya.

Tipe Genset dan Fiturnya


Ada Genset tipe open atau tipe terbuka yang biasa digunakan oleh pengguna yang memiliki power house sendiri, biasanya genset ini ditempatkan di dalam ruangan yang kedap suara atau di luar ruangan karena suaranya yang bising dan nyaring. Genset tipe open ini biasanya digunakan oleh industri besar atau pabrik. Kapasitas yang tersedia untuk tipe open mulai dari 10kVA-2000kVA.

Genset ini sudah dilengkapi fitur panel genset manual dan digital sehingga mudah dalam memantau kinerja mesin genset. Tipe ini juga dapat digunakan untuk penggunaan secara parallel beeberapa unit genset. Perawatan genset ini pun sangat mudah karena kondisi mesin yang terbuka jadi proses bongkar pasang lebih mudah juga dilakukan.

Ada juga Genset tipe silent atau tipe tertutup yang  ditutupi box baja yang berfungsi sebagai pelindung mesin dari panas dan hujan, box baja ini juga berfungsi untuk meredam suara keras pada saat genset bekerja di beban tinggi.

Genset tipe silent ini dapat ditempatkan di mana saja bahkan di dalam ruangan karena suara yang dihasilkan tidak terlalu bising dan nyaring. Dalam hal perawatan memang agak sedikit lebih rumit dibandingkan tipe open karena harus melepas box baja yang menutupi mesin, tetapi penutup box baja ini sudah dilengkapi system knock down yang dilengkapi pintu akses untuk membongkar bagian dalam genset.


Dengan mengetahui tipe genset kita bisa mencari tahu harga genset terbaik yang bisa ditemukan dipasar ataupun online. Setelah membeli genset jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan agar genset yang kita punya tahan lama dan bisa membantu aktifitas sehari-hari saat listrik padam.

Semoga bermanfaat

1 comment

  1. Kakakku ada genset buat jualan
    Pas mati lampu bs nolong banget. Kadang dipinjam juga sama org kalau kepepet. Misal ada hajatan dan listrik mati

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^