AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Ide Olahraga untuk Ibu Rumah Tangga

38 komentar
tips olahraga untuk ibu rumah tangga
gambar : ihealthblog

Hai ibu, sering bingung nggak mencari ide olahraga untuk ibu rumah tangga? Yup saya pun begitu. 
Menjadi ibu rumah tangga dengan dua orang anak yang masih bayi dan balita memang menguras tenaga. Sejak pagi hingga malam waktu ibu didedikasikan untuk mengurus rumah, anak dan suami. Jangankan ingin merawat wajah, mandi dengan cara yang baik dan benar saja sudah jadi hal luar biasa.

Kerepotan ini biasanya dirasakan oleh Ibu dengan bayi dan balita. Bayi biasanya punya jam tidur yang terbalik. Ia lebih sering bangun malam, ibu pun harus siap begadang demi kenyamanan buah hati. Saat si bayi istirahat di pagi hari, Ibu harus memasak dan menemani si kakak yang butuh bermain dan belajar. Tentu saja waktu untuk memanjakan diri jadi sangat sedikit. Ibu jadi jarang berolahraga, tak lagi mementingkan kesehatan sendiri demi memberi yang terbaik untuk anak-anak.

Saya sendiri merasakan tubuh menjadi cepat lelah karena jarang berolahraga. Susah sekali mencari waktu yang tepat karena anak-anak pasti tak akan mau ditinggal. Sering bingung sendiri melihat timbangan yang terus bergerak ke kanan padahal seharian bolak-balik ngurusi anak dan rumah. Masih juga nggak bisa nahan selera jajan walaupun perut makin membuncit hehehe..

“Ya beda donk Ri olahraga bolak balik ngurus rumah sama olahraga beneran. Harus punya gerakan yang sesuai dan waktu yang teratur biar olahraganya punya hasil. Kamu mah olahraganya dasteran, olahraga tuh ya pake baju olahraga, pakai sepatu nya biar tuh kaki nggak sakit” Kira-kira gitu saat saya curhat soal bentuk tubuh ke sahabat.

Jadi ngakak sendiri sama pemikiran absurd saya selama ini. Ya saya pikir dengan sibuk nyuci, masak, atau nyetrika itu mah sudah jadi pengganti olahraga. Hahaha.. Padahal butuh olahraga yang beneran walau singkat dan sedikit. Kata teman saya penting sekali olahraga untuk memperlancar peredaran darah dan bisa memperbaiki metabolisme tubuh. Kalo metabolisme tubuh Ibu baik, maka pikiran rileks dan ketegangan menurun. Jadinya lebih ceria aja menjalani rutinitas jaga anak dan segala hal urusan rumah tangga. Nah itu! saya sering ngambek dan nggak sabar mungkin karena kurang olahraga.

Olahraga Ringan yang Bisa dilakukan Ibu Rumah Tangga

Saran sahabat saya yang paling saya ingat tidak perlu waktu lama untuk olahrga yang penting rutin. Kalo saya hanya sesekali aja ya bisa jadi berat badan susah turun.

Setiap hari jadwalkan dan harus dilakukan selama 30 menit. Boleh pilih pagi, siang ataupun malam.
Berikut beberapa ide olahraga yang bisa dilakukan ibu rumah tangga
  1. Push up dan mengangkat dumbel (beratnya disesuaikan) selama 30 menit
  2. Aerobik mengikuti video aerobic yang bisa kita putar di rumah. Saat aerobic kita juga bisa mengajak si kecil untuk senam bersama sambil bersenang-senang.
  3. Sit up atau berjalan keliling perumahan 30 menit. Bisa juga ajak anak dan suami di pagi hari sebelum mulai beraktifitas
  4. Tari poco-poci selama 30 menit
  5. Bermanin lempar bola bersama si kecil
  6. Senam jantung sehat sambil mengikuti video
  7. Berenang bersama keluarga saat weekend
  8. Bermain di play ground dan memanfaatkan jogging track pada hari libur sehingga ibu bisa bergantian dengan suami menjaga si kecil

Pemilihan Pakaian Baju Olahraga Wanita


wanita mengenakan baju olahraga
gambar : themuslimtimes.info

Ide olahraga tersebut bisa kita terapkan kok. Kalo dirasa 30 menit kelamaan, bisa coba dengan 15 menit dulu. Selain itu bu, jangan olahraga pakai daster ya, bisa robek kali dasternya. Kan sayang toh daster kesayangan rusak, ditambah lagi ntar malu dilihat suami. Hohoo..

Pilihlah baju olahraga wanita yang pas. Pas nyamannya saat melakukan olahraga, dan yang paling penting mampu menyerap keringat dengan baik dan tidak membuat kulit iritasi. Saya pernah salah pilih pakaian olahraga, itu bagian lipatan jadi lecet saat olahraga karena bahannya yang kasar.

Ketat atau Longgar?

Kalau memilih pakaian ketat atau longgar ini tergantung keinginan masing-masing. Kalau saya untuk olahraga yang ke luar dari rumah tentu memilih baju olahraga yang longgar dan tidak transparan. Baiknya sih jangan pilih yang terlalu ketat di bagian sendi karena bisa mengganggu pergerakan. Baju ketat juga beresiko mengganggu aliran darah.

Sesuaikan Baju Olahraga dengan Jenis Olahraga

Untuk olahraga yang ringan di rumah agar lebih leluasa kita bisa menggunakan baju kaos dan celana panjang. Untuk olahraga yoga atau pilates, pilihlah pakaian yang memungkinkan Ibu mampu bergerak leluasa. Jika ingin jogging bisa memilih pakaian olahraga yang sedikit longgar. Ada tuh baju olahraga wanita yang bawahan bajunya mengembang seperti rok. Bisa kita kombinasikan dengan celana panjang utnuk menghindari lekukan tubuh. Begitupun untuk olahraga renang, sudah banyak baju renang wanita termasuk baju renang muslimah yang membuat kita lebih nyaman saat berenang.

Pilih Bra yang Nyaman

Saya lebih memilih menggunakan bra sport/ bra olahraga yang nyaman dan membuat bebas bergerak serta memberi perlindungan di bagian payudara saat berolahraga.

Sepatu Olahraga yang Tepat

Sepatu penting banget menurut saya untuk melindungi kaki dari cidera. Saya pernah konsultasi ke tante yang suka aerobik soal haruskah pakai sepatu olahraga. Katanya penting banget biar kaki nggak sakit saat melakukan gerakan aerobik. Apalagi gerakannya kan cepat, kalo kaki kesandung lantai atau lecet kan malah keinginan untuk sehat malah gagal. Karena setiap sepatu punya fungsi yang berbeda, pilihlah sepatu yang sesuai dengan kegiatan olahraga yang dilakukan. Hindari sepatu yang daya redamnya rendah agar tidak membahayakan tulang dan kaki saat meloncat.

Dimana ada kemauan disitu ada jalan. Keinginan kita untuk sehat walaupun sibuk bisa tercapai kalau punya niat dan sungguh-sungguh menjalankan jadwal olahraga. Mintalah dukungan suami atau keluarga agar program olahrga kita bisa terealisasi dengan lancar.

SEMANGAT SEHAT

Related Posts

38 komentar

  1. Tari poco-poco terakhir kulakoni waktu SD. :'D Padahal asyik, ya? Harus mulai rutin di rumah nih biar makin fit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak bisa tari poco-poco di rumah, lumayan bikin happy dan sehat

      Hapus
  2. Karena ikut senam di pusat kebugaran lumayan harganya. :'D Jadi senam sendiri di rumah dibantu kaset dan bisa ajak si kecil. :D Ide yang sangat bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak bisa sambil senang-senang gitu dn jagain anak

      Hapus
  3. Sepatu emang penting banget. Aku pernah nekat senam pakai sandal, bahkan telanjang kaki. Yang ada kaki malah keseleo. Pas pakai sepatu, rasanya nyaman banget. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, kalo akunya pernah kebentur gitu jadi memar kakiku

      Hapus
  4. Wahhh kebetulan banget lagi program sehat mba, nurunin berat badan. Makasih mba tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, aku juga nih mau sehat... akhir2 ini sering lemes badan ku

      Hapus
  5. Artikelnya berguna banget mba

    BalasHapus
  6. Hihihi, bener juga jangan-jangan akupun sering ngomel karena gak pernah olahraga. Eh tapi aku adalah teman setia anakku kalau main bola, berarti aku olahraga kan yaaa? Hihihihi.

    Thanks for sharing mbak, salam kenal yah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh main bola sama anak bisa banget donk jadi olahraga. jangan lupa pakai baju olahraga dan sepatunya ya mbak

      Hapus
  7. Sepatu olahraga yang tepat, kalo kekecilan bisa lecet tuh

    BalasHapus
  8. Waaaahhh baju olahraganya bikin mupeng 😀😀😀

    BalasHapus
  9. poco-poco sambil beberes rumah, iyes

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayoo sering poco poco yaa

      Hapus
    2. ia dulu heheheee..., tapi sebenarnya dulu itu bukan poco-poco sih, tapi nari ga jelas, yang penting gerak, iyes

      Hapus
  10. Aip deh. Ok tipsnya.
    Ya tergantung intensitasnya dan jenis gerakannya ya. Kalau nyapu pakai gerakan senam kesegaran jasmani jg kayaknya bisa disebut olahraga hihihi..

    BalasHapus
  11. Pakai sepatu biar kakinya gak gak kapalan, hehe. Makasih tips nya cocok untuk istri #ehh

    BalasHapus
  12. Jarang pake baju olahraga. Yang penting nyaman, biasanya cuma di kamar. Hehe

    BalasHapus
  13. Jadi pengen beli sepatu dan celana buat olah raga. Pengen lari2 kecil aja muterin komplek hehehe

    BalasHapus
  14. Pas banget nih.. Lagi pengen menghidupkan kebiasaan olahraga.. Tapi susah bangeeet... 😅😅😅

    BalasHapus
  15. Kalau aku seringnya jalan sehat. Jalan aja seputar kampung sama si bungsu.

    BalasHapus
  16. Azzzaaa! Kebetulan nih aku baru mulai olahraga lagi bulan ini, tapi Zumba. Dan lagi butuh banget pakaian olahraga yang tetep pantas utk cewe berhijab. Thanks for sharing Kak Riaa mau ceki-ceki lapak bajunya dulu :)

    BalasHapus
  17. Aku dong yang jarang banget olahraga heuu pas mau olahraga diteriakin, hey kamu mau kurus kayak gimana lagi? Haha

    BalasHapus
  18. Tips olahraga ini cocok juga deh kak, buat gadis rumah tangga kayak aku...

    BalasHapus
  19. Dan kemudian baru sadar kalo Anin hampir ga pernah olahraga lagi. Pantes aja cepet capek akhir-akhir ini. Sekarang baju buat olahraga lucu-lucu banget ya mbak, bisa buat penyemangat biar rajin olahraga.. ^^

    BalasHapus
  20. Kayaknya senam zumba masih jadi favorit juga, ya? Tinggal download tutorialnya dan praktikkan di rumah.

    BalasHapus
  21. Meski ibu rumah tangga, emng mesti olahraga teratur juga y mbk ya.aku aja untuk promil, disarankan untuk olahraga. Hihu

    BalasHapus
  22. Hahahaha, bolak balik gak jelas di.rumah olahraga apa namanya ,

    BalasHapus
  23. Wahhh kebetulan bangetttt ini mba aku juga lagi giat giat nya olahraga dirumah. Makasih artikelnya mba

    BalasHapus
  24. Aku juga males olahraga. Wkwkwk paling seminggu sekali di sekolah. Itupun banyakan malesnya. Tapi paling senang ke sekolah pake baju olahraga, soalnya bisa kaosan. Jadi lebih nyaman

    BalasHapus
  25. Bukan hanya ibu rumah tangga neh. Olah raga juga penting untuk bapak - bapak. Biar awet muda dan gak gampang loyo

    BalasHapus
  26. Hohoho,, saya juga sempat berpikir loh mbak kalo mencuci, nyetrika, bolak balik nyapu halaman sama dengan jogging keliling komplek tiga kali..soalnya sama sama keringetan..ternyata bukah yak..Baru tau.. Btw olahraga diatas lumayan mudah jika niat pengen sehat..thanks for sharing ^_^

    BalasHapus
  27. Belum jdi ibu rumah tangga dan ilmu ini bakalan berguna bgt nantinya. Makasih mbak hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email