Resep Ayam Panggang Bumbu Opor


Ubay suka banget sama olahan daging ayam. Sepertinya dia terpengaruh sama ayam goreng upin-ipin hehe.. Nah sabtu lalu saya lagi asyik menonton acara memasak yang menyajikan resep makanan Indonesia. Biasanya sih Ubay nggak tertarik sama tontonan saya dan sibuk bermain. Namun kalau sudah acara masak-memasak anak sulung saya itu akan ikut memperhatikan.

Kalau sudah lihat tayangan tentang makanan dia akan segera request ke Umminya.
“Ummi ubay mau itu” atau “Ummi ayolah buat ayam itu pakai bumbu”


Saya mah nggak tegaan kalau sudah anak yang meminta hehe.. Kebetulan tadi saya mengingat resep Ayam Panggang Bumbu Opor yang dimasak Chef Rudi. Beda sama ayam panggang biasanya yang dibumbui baru dipanggang. Ayam ini dimarinasi terlebih dahulu lalu dipanggang di oven barulah dicampur ke tumisan bumbu opor. Menggugah selera banget apalagi jika menggunakan ayam kampung.

Baca Juga Resep Sayur Kikil Bersantan

Sayangnya saya tidak mempunyai persediaan ayam kampung, di warung juga nggak ada. Tapi demi memenuhi keinginan Ubay saya mengolah resepnya menggunakan ayam biasa. Ubay suka sekali katanya, begitu juga dengan suami. Lebih lengkap karena saya juga memasak tahu goreng dan sambal terasi.

Oya, kalau teman-teman ingin mencobanya juga bisa kok.

Resep Ayam Panggang Bumbu Opor


Bahan

1 ekor ayam kampung/ sekitar 600 gram ayam potong menjadi 4-6 bagian
1 sdt garam halus
1 sdt kunyit bubuk
200 gram santan
2 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt merica bubuk
6 sdm minyak goreng
1 sdt gula
air secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

5 buah bawang merah
5 siung bawang putih
3 cm jahe
3 cm lengkuas
1 butir kemiri

Taburan : Bawang goreng
Pelengkap : Tahu Goreng dan Sambal Terasi

Cara Membuat

1.    Cuci bersih potongan ayam lalu lumuri dengan garam dan kunyit bubuk, diamkan
2.    Panaskan oven lalu panggang ayam yang sudah dimarinasi hingga berubah warna
3.    Panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus, ketumbar, dan merica hingga harum
4.    Setelah bumbu mulai harum tambahkan sedikit air agar bumbu menjadi tanak. Tunggu hingga mendidih.
5.    Tambahkan ayam yang sudah di panggang lalu aduk hingga rata
6.    Masukkan santan dan aduk. Lalu tambahkan gula. Masak hingga mendidih dan ayam menjadi empuk serta kuah sedikit mengental
7.    Campurkan daun salam dan daun jeruk.
8.    Koreksi rasa, tambahkan garam bila perlu
9.    Sajikan dengan taburan bawang goreng dan pelengkap seperti tahu goreng dan sambal terasi

Ubay dan abahnya suka banget dan makan dengan lahap. Makin mantap jika disajikan dengan nasi panas. Bisa tambuh nih makannya.
Yuk coba juga membuat Ayam Panggang Bumbu Opor untuk keluarga tercinta!

Semoga Bermanfaat

17 comments

  1. Enak ini, tambah lalap pete, hehe
    Jadi laper ngebayanginnya. nanti mau request ke emak ah. wahaha

    ReplyDelete
  2. Baca ini malem-malem & aku lapeerrrr. Wuuaa.
    Tapi emang enak banget lah pasti kalo pake ayam kampung ya mbak. Ayam kampung itu diapain aja udah endeus. Digoreng pake garam & bawang aja udah enak wkwkw

    Kapan-kapan nyobain resepnya ah, tunggu pulang ke rumah dulu, soalnya di kost gak ada oven huhuuu

    ReplyDelete
  3. behhh...untuk makan pepagi gini cocok banget

    pakai nasi putih hangat

    lalap jering muda

    ada sambalnya
    goreng tempe dan tahu

    maka nikmat mana lagi yang kau dustakan

    *ngences

    ReplyDelete
  4. wah,,, nanti minta istri masakin ah,,,

    ReplyDelete
  5. Inovatif nih Mba, belom pernah coba hehe, biasanya kan bumbu rujak atau bumbu bali, ini bumbu opor. Mau coba ah

    ReplyDelete
  6. Lapaaaaaar, dirumah cuma ada nasi goreng tadi pagi T^T

    ReplyDelete
  7. Nah.. aku belum pernah masak ayam panggang pake bumbu opor, kayaknya enak ya Mbak... referensi yang keren ini, catat dulu ah resepnya ^^

    ReplyDelete
  8. Yuhuuuu boleh nih dipraktekin biar klo ditanyain camer bisa masak ato nggak kan bisa pede jawabnya, bisaa kok.hahaha (apaan ini)

    ReplyDelete
  9. mantap ini mah...bakal jadi saingan ayam guring.

    ReplyDelete
  10. Bagi dek Ney dong bang Ubay..enak banget tuh kayaknya..

    ReplyDelete
  11. Ubay mau dong ubayy ayam opornya 😶

    ReplyDelete
  12. Wah, klo ngomongin soal Opor selalu identik sama Lebaran.

    ReplyDelete
  13. Santennya bener2 mlekok ya mbak keliatannya sedap pisan euy 😭😭😭😭

    Apalagi pake ayam kampung deuh jadi kangen masakan mertua.

    ReplyDelete
  14. Opooooorrrrr... wahbsaya suka bgt opor. Kuahnya itu gurih nagih.

    ReplyDelete
  15. Resepnya mudah banget,mau coba praktek ah

    ReplyDelete
  16. Kalau aku pernahnya masak ayam goreng bumbu opor. Itupun karena bosen makan opor pas lebaran dan entah dari mana datang ide untuk digoreng. Hehehe. Oiya mbak, mau tanya biasanya panggangnya pakai alat apa?

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^