4 Bahan Alami Untuk Melancarkan Haid


Datangnya haid merupakan salah satu ciri kedewasaan dari seorang wanita dan haid pertama itu akan terjadi umumnya diusia remaja 9 sampai 12 tahun. Namun ada beberapa wanita yang mengalami haid pertamanya itu terlambat yaitu diusia 13 sampai 15 tahun. Banyak faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya seorang wanita mendapatkan haid pertamanya diantaranya adalah faktor kesehatan, berat badan, nutrisi, atau juga faktor psikologis dan emosionalnya.


Setelah itu wanita akan terus mengalami haid selama hidupnya didalam setiap bulannya sampai wanita ini berusia 45 sampai 55 tahun yang disebut dengan istilah menopouse. Wanita ini akan mengalami pendarahan di vaginanya itu sekitar 2 sampai 7 hari atau bahkan ada yang lebih dari itu. dan normalnya siklus haid dari seorang wanita itu adalah rata rata selama 28 hari. Tetapi kenyataanya tidak semua wanita mengalami siklus haid yang lancar karena adanya beberapa wanita yang tidak lancar haidnya.  Salah satu cara melancarkan haid yang wajib dicoba adalah dengan mengobatinya melalui pengobatan herbal menggunakan bahan bahan alami sehingga tidak menimbulkan efek samping. 4 bahan alami yang bisa digunakan untuk pengobatan herbal didalam melancarkan haid diantaranya yaitu :

1. Daun Sirih
Kandungan antiseptik alami didalam daun sirih memiliki kemampuan lima kali lipat dari antiseptik pada fenol biasa sehingga dapat lebih efektif untuk mengatasi masalah kesehatan pada organ vagina. Area vagina akan rentan mudah ditumbuhi bakteri pada saat terjadinya haid sehingga ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan di area itu.

2. Kunyit
Kandungan estrogen didalam kunyit dipercaya mampu memicu datangnya haid secara aman dan alamiah. Selain itu juga kunyit ini dapat mengatasi kram pada perut dan juga dapat mengatasi rasa sakit saat haid. Kunyit juga dapat meredakan perut kembung dan sembelit bagi wanita yang sedang haid.

3. Kayu Manis
Hydroxychalcone yang terkandung didalam kayu manis sangat berguna untuk mengatur insulin didalam tubuh sehingga akan menyebabkan haid lebih teratur. Manfaat lain dari kayu manis ini juga adalah dapat mengurangi rasa nyeri saat haid karena kontraksi otot rahim.

4. Manjakani
Manjakani ini dipercaya dapat membersihkan bakteri dan jamur di area vagina karena mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin A, kalsium, selenium dan besi. Selain itu juga manjakani ini dapat mencegah area vagina terserang gatal dan perih yang disebabkan oleh infeksi jamur.

Itulah 4 bahan alami yang bisa digunakan untuk pengobatan herbal didalam melancarkan haid. Semoga bermanfaat.

No comments

Silahkan Berkomentar ^_^