Ingin Beli Rumah Subsidi di Jakarta? Pertimbangkan dulu persoalan KPRnya!


Pemerintah tengah mengupayakan pembangunan rumah subsidi yang dapat dijangkau oleh masyarakat berpenghasilan rendah. Salah satunya ada di Jakarta dimana program rumah dengan DP 0 Rupiah tengah dalam proses Groundbreaking. Meskipun memiliki harga yang terjangkau, bukan berarti Anda dapat menyepelekan persoalan KPR yang dibebankan kepada Anda setiap tahunnya. Karena apabila Anda kesulitan untuk membayar KPR, bukan tidak mungkin kredit akan menjadi macet dan kasus supreme mortgage seperti yang terjadi di Amerika Serikat 10 tahun silam akan terjadi di Indonesia. Untuk itu, beberapa pertimbangan berikut rasanya perlu dilakukan sebelum membeli rumah subsidi di Jakarta.


Bunga KPR

Salah satu hal yang tentu akan menjadi pertimbangan utama ketika Anda mengajukan KPR adalah bunga yang dibebankan setiap bulannya. Menurut hasil survei yang dilakukan Indonesia Property Sentiment Survey H2 pada 2015, ada 66 persen responden yang mengaku stabilitas suku bunga menjadi pertimbangan utama dalam hal memilih KPR. Suku bunga flat menjadi pilihan favorit para pembeli rumah subsidi di Jakarta karena dinilai tidak memberatkan ketika harus melakukan proses pembayaran. Selain itu, Anda juga dapat membayar angsuran KPR dengan nilai tetap dengan tenor yang telah disepakati sebelumnya.

Kredibilitas Bank Penyedia KPR

Selain bunga yang ditawarkan, hal lain yang sepatutnya menjadi pertimbangan sebelum mengajukan KPR adalah kredibilitas bank tersebut. Saat ini semakin banyak bank yang menyiapkan fasilitas KPR untuk masyarakat. Semua bank tentu berlomba untuk menawarkan program terbaiknya demi menarik minat masyarakat. Namun, Anda harus lebih teliti dalam memilih bank penyedia KPR. Pilihlah bank yang kredibilitasnya terjamin agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Bank yang sudah berpengalaman dalam program KPR tentu memiliki kebijakan yang tidak akan memberatkan Anda di kemudian hari.

Sebagai saran, Anda dapat menggunakan fasilitas KPR dari Bank BTN untuk membeli rumah subsidi di Jakarta. Karena Bank BTN telah berpengalaman dalam mendanai kredit rumah jutaan masyarakat Indonesia. Sehingga kredibilitas dari Bank BTN sudah tidak perlu diragukan lagi.

1 comment

Silahkan Berkomentar ^_^