5 Bisnis Anak Kos yang Bisa Dijalankan Sambil Kuliah

Image : pixabay

Saat ini banyak anak muda yang sudah memulai bisnis sejak saat masih duduk di bangku kuliah. Dengan cara seperti itu mereka bahkan bisa membayar uang kuliahnya sehingga tidak terlalu bergantung lagi dengan kiriman dari orang tua.



Setelah bisnis sampingan berjalan dengan lancar, mereka tidak perlu pusing lagi untuk mengatur keuangan bulanan terutama untuk membayar berbagai kebutuhan mulai dari membayar uang kos, uang makan, sampai dengan biaya untuk membuat beberapa tugas dan makalah.

Membuat bisnis untuk anak kos tidak perlu modal yang terlalu banyak, bahkan kamu bisa patungan modal dengan teman-teman untuk memulai menjalankan bisnis sampingan selagi kuliah. Berikut adalah beberapa ide bisnis anak kos yang masih menjanjikan.

Laundry Kiloan


Pernah punya pengalaman saat ada tugas namun terhambat dengan pakaian kotor yang menumpuk? Tenang, hal seperti itu bukan hanya kamu saja yang mengalaminya. Ide tersebut bahkan bisa dijadikan sebagai sebuah ide bisnis yang memberikan solusi bagi mereka yang membutuhkan bantuan untuk mencuci pakaian mereka tanpa harus mengganggu waktu mereka membuat tugas.

Dengan modal mesin cuci bekas dan sedikit promosi ke teman-teman kampus terdekat, kamu sudah bisa membuat bisnis kecil-kecilan laundry kiloan bekas. Apalagi jika ditambah dengan jasa antar jemput pakaian. Dengan cara ini kamu pun tidak perlu pusing lagi mencuci secara manual bahkan malah bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.


Jasa Print Tugas dan Skripsi


Tidak semua orang punya printer. Maka, peluang ini bisa kamu tangkap dengan membuka jasa print tugas dan skripsi untuk lingkungan teman-teman satu kelas terlebih dahulu. Dengan menggunakan aplikasi percakapan di grup kamu sudah bisa mempromosikan jasa print tugas dan skripsi dari tempat kos.

Jasa print tugas dijamin laris manis, karena sudah menjadi hal yang umum untuk saling menitip tugas antar mahasiswa.arena umumnya para mahasiswa saling menitip tugas. Dengan begitu kamu pasti bisa menjadi andalan teman-teman ketika mereka membutuhkan bantuan untuk mencetak tugas. Coba deh hitung berapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika dalam satu minggu satu orang mahasiswa harus mengumpulkan tiga tugas untuk tiga mata kuliah yang berbeda. Jika diatur dan dipertahankan dengan baik, jasa printer tugas yang sepertinya terlihat sepele justru menjadi salah satu solusi terbaik buat mereka yang sibuk dengan aktivitas di luar kampus atau sibuk dengan berorganisasi. Nah, peluang itulah yang bisa kamu tangkap untuk menawarkan solusi bagi mereka yang punya kesibukan lebih banyak.

Jualan Pulsa dan Kartu Perdana


Paket data kini hampir dibutuhkan oleh semua orang yang menggunakan smartphone. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut tak ada salahnya untuk menjajakan pulsa dan kartu perdana. Kamu bisa membeli kartu perdana secara grosir terlebih dahulu dan menjajakannya ke teman-teman di kampus.

Jika dijalankan dengan baik, niscaya kamu pasti akan dibutuhkan saat mereka kehabisan kuota. Dengan pembayaran yang fleksibel, sepertinya bakal menjadi daya tarik bagi mereka yang fakir kuota pada saat tanggal tua.

Jasa Foto Prewedding


Kalau kamu punya keterampilan memotret, tidak ada salahnya mulai mendirikan jasa foto prewedding. Targetnya tak usah jauh-jauh. Bisa dimulai dari kakak kelas, teman sekelas bahkan adik-adik kelas. Kuncinya adalah mengenalkan feed instagram yang menarik sehingga mereka percaya bahwa kamu memang juru potret andalan.

Jasa Desain


Tak semua orang jago desain. Mumpung kamu punya passion dalam mendesain banner atau undangan, tak ada salahnya menjajakan keahlian kamu mulai dari teman-teman terdekat. Apalagi di kampus cukup banyak kegiatan yang membutuhkan jasa desain spanduk dan banner untuk berbagai kegiatan.

Peluang usaha ini malah lebih luas lagi. Karena ada beberapa situs yang memfasilitasi orang lain yang membutuhkan jasa desain. Daripada buang-buang kuota untuk nonton drama Korea atau nongkrong dengan teman-teman, lebih baik mulai deh dari sekarang membuat portofolio desain yang ciamik untuk ditawarkan secara online. Siapa tahu kamu bisa dapat project desain secara rutin.

Nah, kalau sudah mulai ada pendapatan yang lumayan. Baru deh kamu bisa menikmatinya dengan memanjakan diri. Jangan ragu untuk merayakan keberhasilan kamu dengan membeli barang yang kamu butuhkan misalnya seperti smartphone terbaru. Apalagi sekarang baru saja diluncurkan Samsung Galaxy S9 yang menawan. Yakin enggak tertarik memilikinya?

Tak perlu pusing dengan harganya yang jutaan. Kalau bisnis kamu sudah jalan malah lebih enak, karena kamu bisa mengajukan kredit hp Samsung dengan mudah melalui Kredivo.

Kredivo menyediakan opsi bayar tunai dalam 30 hari dengan bunga 0%, dan cicilan bunga paling rendah dibandingkan perusahaan sejenis lainnya yaitu sebesar 2,95% dengan pilihan tenor 3, 6, dan 12 bulan. Apabila kamu mau kredit hp Samsung Galaxy S9, maka opsi metode pembayaran cicilan bisa jadi pilihan yang terbaik.

Keuntungan lain, dengan kredit hp Samsung di Kredivo, kamu tidak perlu membayar uang muka, biaya admin, dan biaya tambahan apa pun. Kredit Hp Samsung di Kredivo tidak membuatmu harus menguras tabungan untuk membelinya secara tunai melainkan bisa dicicil dengan pilihan tenor yang fleksibel sesuai dengan kemampuan. Nah, langsung aja cari informasinya di halaman berikut ini.

1 comment

  1. Wah bagus ini bisnis anak kos. Bakal rame meriah ini.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^