Masalah Rambut Rontok pada Wanita Berhijab. Yuk Simak 6 Cara Merawatnya!


Semenjak memutuskan berhijab saya seringkali mengalami masalah pada kesehatan rambut. Bukan hanya masalah rambut lepek, ketombean yang bikin gatal, tetapi juga rambut rontok berkepanjangan. Masalah rambut ini wajar saja terjadi mengingat kepala kita yang selalu tertutup. Walau sudah mencoba beragam produk untuk merawat rambut rontok, tapi masih saja terulang kembali. Sedih  banget melihat rambut semakin menipis bahkan di beberapa bagian hampir seperti botak.



Masalah rambut rontok ini tidak mau saya biarkan terus-menerus, dengan saran adik akhirnya saya konsultasi ke salon kecantikan muslimah. Setelah ngobrol banyak ternyata banyak hal yang belum saya lakukan untuk merawat rambut agar sehat. Bisa dibilang rambut rontok yang saya alami selama ini karena kelalaian yang biasa dilakukan sehari-hari. Misalnya saya sering menggunakan hijab tanpa menunggu rambut kering dahulu, atau terburu-buru menyisir rambut sehingga tidak rapi dan membuat rambut menggumpal dan mudah patah saat disisir.

Nah, kali ini saya mau berbagi info cara merawat rambut rontok pada wanita berhijab. Kalau teman-teman ada yang mengalami masalah yang sama, boleh banget dicoba tips berikut ini:

Keringkan dan Sisirlah Rambut dengan Benar

Siapa nih yang suka mengeringkan rambut dengan menggosok rambut dengan handuk secara keras lalu menggulungnya ke atas supaya cepat kering? Ternyata kurang tepat loh untuk rambut kita apalagi yang memang mengalami masalah rambut rontok. Cara ini akan membuat rambut kita yang basah jadi rapuh dan patah. Lebih baik menepuk rambut dengan lembut dan perlahan lalu biarkan air di rambut terserap oleh handuk.

Saat rambut masih basah jangan terburu-buru untuk menyisirnya apalagi langsung menggunakan hijab. Rapikan saja menggunakan jari secara perlahan. Jika sudah kering, kita bisa menyisirnya dengan sisir bergigi jarang untuk mencegah kusut dan rambut jadi patah. Kurangi juga penggunaan alat pengering (hair dryer) karena beresiko membuat rambut lebih mudah kering, rusak dan rontok.  Setelah rambut kering barulah gunakan hijab dengan bahan yang nyaman.

Menjaga Kebersihan Rambut

Rambut yang sehat berawal dari kebersihan rambut yang terjaga. Biasakan untuk rutin mencuci rambut setidaknya 2-3 kali seminggu. Namun jika kita merupakan perempuan yang aktif dan punya seabrek aktifitas fisik baiknya sih keramas setiap hari agar kesehatan kulit kepala tetap terjaga. Mencuci rambut dengan rutin akan menghilangkan debu, ketombe, bakteri juga minyak di kulit kepala yang bisa memicu kerontokan rambut. Bila perlu kita bisa mengunjungi salon sekali sebulan untuk mendapatkan perawatan rambut. Kalau saya sukanya memilih paket creambath, jadi selain rambut dicuci, bisa relax juga karena kepala nya di pijat dan diberi masker rambut. Bahkan sampai tertidur loh!

Memotong Rambut

Saat menyusui saya memang sering mengalami masalah rambut rontok. Walaupun katanya itu biasa, tapi itu cukup menggangu apalagi saya takut rambut-rambut itu termakan oleh bayi. Memotong rambut cukup jadi solusi loh untuk mengatasi rambut rontok. Setidaknya kita bisa membuang ujung rambut yang rapuh dan bercabang.  Sekarang saya pun cukup sering memotong rambut setidaknya dua bulan sekali.

Menggunakan Bahan Alami untuk Merawat Rambut Rontok

Cara merawat rambut rontok selanjutnya adalah dengan memanfaatkan bahan alami seperti lidah buaya dan daun seledri. Cara ini saya dapatkan dari orang tua saya loh dan ternyata hasilnya memuaskan. Lidah buaya sangat bagus untuk memperkuat akar rambut sehingga rambut tidak mudah patah, cukup ambil lendir tanaman lidah buaya lalu usapkan ke kulit kepala dan diamkan beberapa saat lalu cuci hingga bersih.
Saya pun sering menggunakan daun seledri untuk menumbuhkan rambut yang sering rontok. Caranya dengan menghaluskan daun seledri yang sudah dicuci bersih lalu mengusapkan airnya ke kulit kepala. Wah rasanya dingin sekali loh, hawa panas di kepala pun terasa keluar. Dalam hitungan minggu rambut mulai terasa perubahannya, rambut mulai tumbuh dan menebal. Coba deh di rumah, it works!

Pilih Jilbab yang Nyaman dan Berpori Besar


Ikut trend hijab sih boleh saja tapi jangan sampai mengenyampingkan kenyamanan mu dalam menggunakan jilbab ya. Pilihlah bahan jilbab yang tepat dan tidak cepat panas agar rambut tidak menjadi rontoh dan rusak. Jilbab berbahan voal cukup tepat untuk dipilih seperti jilbab-jilbab berikut ini, atau bisa juga dengan menggunaan jilbab berpori lebar yang mudah menyerap keringat. Hindari juga penggunaan jilbab berlapis-lapis yang membuat rambut kita susah bernapas ya. Dan yang paling penting jagalah kebersihan ciput dan jilbab agar kesehatan rambut tetap terjaga.

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Berbagai macam perawatan rambut tidak akan bekerja maksimal jika kita tidak menjaga kesehatan dari dalam. Rutinlah berolahraga, istrihat secara teratur dan perbanyaklah konsumsi buah dan sayur untuk menjaga kesehatan rambut jangka panjang. Ohya, konsumsi makanan berprotein tinggi seperti tellur, kacang-kacangan, jug ikan yang mengandung asam lemak omega 3 juga bagus loh untuk memperkuat akar rambut.

Merawat rambut rontok akan menjadikan rambut kita menjadi sehat dan terjaga. Dengan rambut yang sehat tentunya berhijab akan semakin nyaman.
Semoga bermanfaat ya


24 comments

  1. saya sering bermasalah dg rambut. makasi infonya

    ReplyDelete
  2. walaaaaaaah ternyata potong rambut bisa jadi solusi buat masalah rambut rontok. baru tau.
    saya kira kalo sering dipotong malah makin tipis rambutnya..hmmm

    ReplyDelete
  3. Kalau berjilbab memang perawatan juga harus maksimal ya mbak, krn keluhannya mulai dari rambut bercabang dan kering sama saja dengan yang tak berjilbab.

    ReplyDelete
  4. Wahh, aku juga suka pake lidah buaya mbak. Jadinya rambut ku tambah lebat dan hitam. Kuat lagi :)

    ReplyDelete
  5. Waahh pas banget nih, rambut saya lagi rontok-rontoknya sekarang.
    Paling sulit tuh keringin rambut, gak kuat gerah, belum kering udah di ikat huhuhu
    Dan seharusnya dipotong sih ya, tapi sayang aja hahaha

    ReplyDelete
  6. kebanyakan saya pakai yang alami-alami aja untuk rambut.
    Untuk jilbab, baru tahu tuh pilih yg berpori besar.

    ReplyDelete
  7. wah makasih ay tipsnya, aku memang gak suka pakai jilbab yang tebal bikin sumuk apalagi kalau lama pakainya

    ReplyDelete
  8. Wahh seledri ya??
    Klo buat kotemba saya sering pake jeruk nipis. Lalu buat rontok saya suka pake lidah buaya.. cuma kadang2 gatalnya sih yang suka bikin kesel

    Potong rambut 2 bulan sekali?? Bagus nih tipsnya.. soalnya kalau udh terlanjur kesal sama rontok saya malah suka potong rambut cepak deh..
    Hehehe

    ReplyDelete
  9. Terima kasih tipsnya mbak, fira nih lagi coba panjangin rambut, tapi rontok terus. Apa potong aja kali ya

    ReplyDelete
  10. Rambut saya juga rontokan mbak, makasih ya tipsnya

    ReplyDelete
  11. Rambutku juga rontok makanya lebih sering potong rambut karena suka rambut pendek, klo disisir gak terlalu banyak rontok klo pendek

    ReplyDelete
  12. Aku nih salah satu orang yang sering bermasalahd engan rambut rontok lho, gampang bgt rontokknya. boleh nanti dicoba cara-caranya, semoga ga rontok lagi

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah sekarang udah nggak rontok dan ketombean lagi. Tips nya bener banget mbak.. Diantara nya udh aku praktekin langsung..

    ReplyDelete
  14. Aku banget nih mbak yang udah kecanduan hair dryer. Ya abis, mandi tuh kadang2 udah jam 8an malem. Nanggung amat kalo harus nunggu kering baru tidur. Biasanya pake hair dryer, biar 15 menit kemudian bisa selimutan. Tapi iya sih rambut jadi agak kasar. Dilema.

    ReplyDelete
  15. Aku punya masalah sama rambut rontok Mbak. Tapi selama ini aku biarkan karena aku punya rambut tipe-tipe yg tebal gitu. Jadi mikirnya “gakpapa rontok ih, kan rambutnya tebel”. Padahal rambut rontok tuh mengganggu. Apalagi kalo berserakan di lantai yang warnanya putih. Doh, kudu sering-sering nyampu. Huhuuu

    ReplyDelete
  16. Banyak banget solusinya ternyata ya mbk. Kalau saya lebih memilih dengan bahan alami itu. Tetutama seledri. Saya juga pernah coba. Dan memang berhasil.

    ReplyDelete
  17. Hmm, Masalah rambut rontok di wanita berhijab katanya bisa berkali-kali lipat lebih banyak dibanding wanita yang ga berhijab ya. Tapi ga berarti kita ga bisa ngakalin rambut rontoknya kan, nice mbak buat tips nya. Semoga wanita yang berhijab cepat merubah kebiasaan dan menjadi lebih nyaman dengan hijabnya tanpa kuatir rambut rontok lagi. aaminnn. TFS

    ReplyDelete
  18. Salfok sama ilustrasinya. HAHAHA
    Gatau kenapa rambutku sekarang gampang banget rontok. Udah coba pakai shampoo pencegah rambut rontok, hasilnya nihil. Ya memang sih kalau habis mandi gitu ngegosoknya suka agak keras. Itu juga karena terburu-buru mau berangkat ke kampus :(
    Mau pake lidah buaya juga susah banget. Gaada yang jual tanemannya di sini. Huhu.
    Nanti bagi tips untuk yang cowok dong, mbak. Hehehe

    ReplyDelete
  19. Masalah banget rambut rontok apalagi buat perempuan berhijab. Makasih informasinya

    ReplyDelete
  20. memotong rambut ini aku suka banget mbak, kalo rambut panjang agak ribet sih apa lagi pake jilbab, kalo mau pergi buru-buru ribet mau nyisirnya kalo rambut panjang.. hehe

    ReplyDelete
  21. Sebisa mungkin rambut dibiarkan kering dengan sendirinya ya mbak.. Kalo anin sih udah biasa potong rambut per tiga bulan, soalnya udah panjang. Apalagi poni, dua minggu ga dipotong aja udah nutupin mata.

    ReplyDelete
  22. Kalau anin sih biar yang rontok ga terlalu banyak, menyisir rambutnya tunggu udah bener-bener kering dan udah mau keluar rumah aja mbak. Kalo pas udah kering itu malah jadi rapi sendiri, kalo ga penting banget menghindari terlalu sering disisir haha

    ReplyDelete
  23. Termkasih mbak.. Sngat bermanfaat. Jdi pengen nyoba makein seledri ke kepala biar dingin. Hehed

    ReplyDelete
  24. Seledri dan lidah buaya, bisa untuk cowok juga toh mbak...
    ^_^

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^