Sholeh Sejak Dini Bersama Game Anak Sholeh


Assalammualaikum wr.wb


Menjadi ibu adalah anugerah besar bagi saya. Bersyukur sekali Allah titipkan dua anak lelaki yang sehat, lucu dan menjadi penyejuk saat penat bekerja. Saya pun menaruh harapan yang tinggi kepada keduanya agar menjadi anak yang sholeh dan menjadi pemberat timbangan kebaikan kedua orangtuanya.

Merealisasikan keinginan untuk mendidik anak menjadi Sholeh sejak dini ternyata tidak mudah, banyak sekali tantangannya. Apalagi di zaman dengan teknologi serba canggih, semakin mudah mendapatkan akses kemana saja, baik itu hal baik maupun hal buruk. Anak-anak berselancar di  browser, youtube, dan game sudah tidak asing lagi.


Melarang anak-anak tidak memainkan gadget menurut saya bukan jadi solusi, namun baiknya ada batasan dan pendampingan selama memainkan gadget disesuaikan dengan umurnya. Dari yang pernah saya baca dan pelajari saat seminar internet baik, anak di bawah 3 tahun memang tidak disarankan terpapar gadget. Sedangkan 3-5 tahun dibatasi 1 jam per hari. Selanjutnya 5 tahun ke atas perlu pendampingan dan kebijakan orang tua mengenai waktu dan apa saja yang boleh dibuka oleh anak.

Saya pun mencoba menerapkannya kepada si sulung Ubay dengan membatasi waktu bermain gadget. Selain itu game ataupun video yang ditonton pun saya siapkan terlebih dahulu untuk menghindari ia mengklik video yang tidak diinginkan.

Game Anak Sholeh, Game Edukatif untuk Mengenal Islam





Game satu-satunya yang diinstal di handphone saya adalah Game Anak Sholeh loh. Dari namanya saja saya sudah suka. Jadi Game Anak Sholeh ini saya download secara gratis di google play bersamaan dengan Aplikasi Pendamping Anak Sholeh. Diproduksi oleh Agate Internasional untuk menjadi alternatif bermain dan belajar pendidikan Islam melalui media yang menyenangkan.

Di dalamnya ada beberapa fitur seperti petualangan, mini games, ensiklopedia hingga kisah teladan. Namun tidak semua fitur bisa diakses secara gratis. Akhirnya saya mencoba menggunakan  Game Anak Sholeh dengan Paket Al Battani VIP Member. Dengan membeli Paket Al Battani, saya dan Ubay bisa mengakses semua fitur yang menarik dengan memasukkan kode voucher di dalam aplikasi. Game Anak Sholeh Paket Al Battani dilengkapi dengan buku aktifitas, kartu kebaikan dengan teknologi AR (Augmented Reality), Board Game, Poster, Stiker dan Panduan bermain.
Orang tua tidak perlu khawatir karena samua kegiatan anak dalam game anak sholeh bisa kita pantau dengan Aplikasi Pendamping Anak Sholeh dan akan ada beberapa fitur yang perlu persetujuan orang tua sebelum anak bisa mengaksesnya.

Game Anak Sholeh VIP Member Al-Battani


Sebelum memainkan game anak sholeh jangan lupa untuk install aplikasi Game Anak Sholeh lalu refister dengan memasukkan email dan kata sandi di form yang tersedia.  Biar nggak penasaran yuk intip apa saja isi Game Anak Sholeh Vip Member Al-Battani.

VIP Member Card

Jika sebelumnya hanya beberapa fitur saja yang bsia diakses di aplikasi game anak sholeh, dengan adanya VIP Member Card maka semua fitur akan bisa diakses. Di belakang Kartu Membernya ada kode yang bisa kita gosok dan masukkan ke aplikasi Game Anak soleh. Bermain dan belajar bersama Ali dan teman-teman akan menjadi lebih seru loh.

Kartu Koleksi Sahabat Sholeh


Di dalam paket Al Battani ada 10 kartu koleksi sahabat sholeh yang dilengkapi dengan teknolgi Augmented Reality (AR)/ hologram. Seru sekali melihat karakter dalam Game anak sholeh menjadi lebih hidup. Anak hanya perlu mengarahkan kamera pada kartu karekter yang dimiliki dan karakter yang disorot akan muncul dalam permainan. Ubay pun sedikit heboh saat gambarnya bisa muncul dan bergerak-gerak hehe..

Board Game dan Kartu Aksi

Board game yang dilengkapi dengan 50 kartu aksi hampir mirip dengan permainan ular tangga. Ada bermacam warna kartu yang terdapat soal dan intruksi di belakangnya. Untuk memainkan board Game Anak sholeh ini jangan lupa untuk menggunting potongan 6 karakter lucu yang disediakan. Permainan ini bisa lo dimainkan anak dengan temannya, tentunya didampingi orang tua sebagai pemandu permainan.

Stiker  dan Poster

Paket Al-Battani ini juga dilengkapi dengan kumpulan stiker dengan berbagai karakter game yang lucu, kata ubay sih dia mau tempel di bukunya nanti. Ada pula Poster gerakan wudhu dan poster bacaan sholat. Ini bagus banget sih menurut saya, posternya besar bisa ditempel di kamar anak atau ruang belajar. Mudah dilihat oleh mereka terus bisa coba dipraktikkan dengan bimbingan orang tua.

Buku Aktivitas


Selain bermain game di aplikasi, paket Al Battani menyediakan buku aktivitas dengan beragam aktivitas menarik. Menggambar musa, mencocokkan gambar, mewarnai 3D, tebak surat pendek dan masih banyak lagi aktivitas seru lainnya. Ubay suka sekali mewarnai dan menempelkan stiker yang disediakan di buku ini loh.

Serunya Bermain Game Anak Sholeh


Di aplikasi game anak sholeh sendiri ada beragam fitur seru loh yang bisa dimainkan anak. Fitur petualangan adalah yang paling disukai ubay. Di dalamnya ada kisah anak bernama Ali yang mencari kartu kebaikan bersama temannya Muza, si makhluk ajaib berwujud seperti kucing. Dalam satu tema petualangan ada lima cerita yang diselingi dengan mini games, pengenalan akhlak, serta pelajaran positif. Gambarnya pun menarik dan berwarna sehingga anak tidak mudah bosan. Namun untuk fitur petualangan semakin bagus kalau anak sudah bisa membaca karena cerita di petualangan tidak ada suaranya tokohnya, hanya suara musik pengiringnya disertai teks bacaan.

Untuk menambah pengetahuan anak, saya pun mengajak Ubay untuk membaca ensiklopedia dan kisah teladan. Tentunya saya yang bacakan hehe.. Ada ensiklopedia islam yang berisikan surat dan hadist yang dapat membantu anak belajar mengenai pengetahuan islam, lalu juga ada trivia pengetahuan umum tentang hewan, kuliner, dinosaurus, kembang api dengan gambar yang menarik.

Sejauh ini, saya sangat senang karena ada aplikasi alternatif untuk bermain game Ubay. Game Anak Sholeh sangat membantu saya mengenalkan Islam kepada Ubay dengan cara menyenangkan melalui media menarik dan informatif. Ubay kini sudah bisa loh mengurutkan gerakan wudhu dan gerakan sholat saat bermain mini games setelah mengulang beberapa kali. Ia juga sudah hafal beberapa doa karena sering mendengar dan dibacakan dari game anak sholeh.

Bunda yang kebingungan mencari game edukatif sepertinya perlu mencoba game anak sholeh ini, karena selain bermain anak-anak akan belajar mengenai Islam dan akhlak terpuji. Lebih bagus lagi jika membeli VIP Member agar bisa mengakses semua fitur yang ada di dalam aplikasi.




Untuk pemesananya bisa langsung mengunjungi situs Game Anak Soleh
atau menghubungi salah satu sosial medianya:

Instagram : @sahabatanaksholeh
Facebook : Sahabat Anak Sholeh
Twitter : @sahabatsholeh


10 comments

  1. Gamenya anak sholeh, insyaAllah anaknya jadi sholeh juga. ^^

    ReplyDelete
  2. Kayaknya si Ubay senang main game anak sholehnya ya, senang lihatnya. Memang anak-anak perlu mainan edukatif kayak ini

    ReplyDelete
  3. Hm,, inovasi yang suangad bagus buat perkembangan anak-anak ini mbak. Memberi alternatif parenting yang buat anak ga bosen. Islami pula.. muantap.. :D

    ReplyDelete
  4. wah, boleh juga ini buat kanga Athifah, nanti bisa bermain bersama ubay a

    ReplyDelete
  5. Bagus nih aplikasi game yang dilengkapi dengan buku edukatif begini. Bisa sekalian menubuhkan kecintaan pada kegiataan membaca :)

    ReplyDelete
  6. Nah ini salah satu game yang bermanfaat, bisa untuk belajar juga.

    ReplyDelete
  7. Ubay, semoga tambah sholeh bisa bermain dan belajar dengan game anak sholeh yaaa..

    ReplyDelete
  8. wah... ini game yang recomended dimiliki para orangtua ya kak. Game yang dapat membantu membentuk karakter islami

    ReplyDelete
  9. Nah, aku sedang cari referensi nih untuk buku bacaan dan game anak. Thanks mbak ria. Untuk buku ado rekom dak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah menarik nih... blh dicoba utk anak dan ponakan kecil drumah... 😊

      Delete

Silahkan Berkomentar ^_^