Prive Uri-Cran, Solusi Alami Mencegah Anyang-Anyangan pada Wanita

 


Wanita yang menjadi ibu dengan bayi dan balita pasti tahu rasanya tidak bisa leluasa melakukan banyak hal termasuk buang air kecil sekalipun. Semenjak mempunyai bayi saya memang seringkali menahan keinginan buang air untuk memastikan anak-anak dalam posisi aman saat ditinggal ke kamar mandi.

Kebiasaan menahan buang air kecil ini bukan hanya kali ini saya lakukan. Sebelumnya jika sedang asyik menulis artikel untuk blog, saya suka berlama-lama duduk tanpa memedulikan hasrat ingin pipis. Seperti seminggu yang lalu saat mengejar deadline menulis, saya duduk di lantai tanpa alas di depan laptop. Sebenarnya sih saya sudah sedari tadi ingin pipis tapi karena merasa “nanggung” saya tahan terus hingga 3 jam.


Saat sudah “kebelet” dan tidak bisa ditahan lagi, akhirnya saya beranjak juga dengan terburu-buru menuju kamar mandi. Di dalam kamar mandi saya merasa kurang nyaman karena buang air kecilnya tidak tuntas, seperti masih ingin pipis tapi yang keluar hanya sedikit. Bukan hanya itu, ada rasa perih dan panas saat pipis. Bagian perut bawah pun terasa agak sakit.

Saya keluar dengan lunglai dan memegangi perut. Sontak saja suami saya cemas dan bertanya ada apa dengan perut saya.
 “Sepertinya gara-gara nahan pipis tadi”
“Duh ummi, wc kan dekat, pipis juga kan nggak lama, kebiasaan deh. Buruan di obati, nanti anyang-anyangannya kambuh lagi.”
“Gimana ya ngobatinya?”
“Lah, minuman yang waktu hamil ummi minum itu kan masih ada!”

Sontak saya ingat kalau stock Prive Uri-cran saya masih ada. Prive Uri-Cran ini selalu sedia di kotak obat saya jika saya dan keluarga mulai mengalami gejala anyang-anyangan yang merupakan gejala awal infeksi saluran kemih. Karena saat hamil saya memang langganan sama yang namanya anyang-anyangan, uricran selalu saya stock untuk mencegah dan mengobatinya. Maklumlah ibu hamil memang rentan banget anyang-anyangan apalagi jika sudah hamil besar.

Saya biasa minum Prive Uri-cran plus dengan melarutkan bubuknya dengan air dingin. Rasanya segar gitu ditenggorokan, baunya juga wangi buah cranberry dan yang terpenting adalah khasiatnya untuk mengatasi anyang-anyangan yang saya derita. Alhamdulillah seminggu rutin mengkonsumsinya, anyang-anyangannya berangsur sembuh dan bisa beraktifitas lagi dengan nyaman.


Resiko Anyang-Anyangan Bagi Kesehatan Wanita

Anyang-anyangan tidak boleh kita anggap sepele ternyata. Wanita sangat rentan terdampak resiko anyang-anyangan karena secara anatomi, jarak antara saluran kemih (uretra) ke saluran pembuangan air besar (BAB) lebih dekat, sehingga rentan mengalami gangguan di seputar saluran kemih. Wanita lebih beresiko 50% terkena anyang-anyangan sepanjang hidupnya. Bahkan kebanyakan wanita pun beresiko mengalaminya berulang kali hingga bertahun-tahun. Wajar juga sih wanita lebih berisiko karena kenyataannya urusan buang air kecil wanita memang lebih ribet. Soalnya pengalaman nih saat belanja ke pasar atau lagi travelling dan ingin buang air kecil tetapi tidak menemukan toilet yang bersih, saya sering banget nahan pipisnya. huhu...

Jika sudah didatangi anyang-anyangan memang rasanya sangat tidak nyaman ya. Apalagi jika kita suka beraktifitas di luar dan dituntut aktif, pastilah semua kegiatan kita bisa terbengkalai. Termasuk saya nih yang punya dua anak, jika anyang-anyangan datang bawaannya bad mood, semua serba salah, dan tidak fokus mengurus anak-anak jadinya. Yang lebih gawat lagi kalau anyang-anyangannya sudah parah kita bisa dirawat di rumah sakit loh. Teman saya di blogger bengkulu pernah cerita kalau ia dirawat karena infeksi saluran kemih yang penyebabnya suka nahan pipis dan juga kurang minum. Ngeri banget ternyata...

Selain karena suka nahan pipis penyebab terjadi anyang-anyangan salah satunya karena kehamilan. Perut yang semakin membesar membuat kita ibu hami jadi sulit untuk membersihkan vagina . ibu hamil juga sering menahan kencing karena malas bolak balik ke toilet hingga kemih yang menumpuk bisa menyebabkan infeksi yang disebabkan bakteri E.Colli di saluran kemih. Bacteri E.Colli inilah yang menempelkan rambutnya di dinding saluran kemih sehingga terjadi infeksi.
Anyang-anyangan juga bisa loh disebabkan karena dehidrasi (kekurangan cairan), kebersihan organ intim yang kurang terjaga, memakai alat kontrasepsi (khususnya KB spiral), diabetes, dan terlalu banyak mengkonsumi minuman yang berefek diuretik seperti alkohol, kopi dan teh.

Biasanya sih ada beberapa gejala anyang-anyangan dan perlu kita waspadai
•    Hasrat berlebih untuk buang air kecil.
•    Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit.
•    Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
•    Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
•    Rasa perih ketika buang air kecil.
•    Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.
•    Merasa lelah dan kurang sehat.
•    Demam


Prive Uri-Cran, Solusi Alami Mencegah Anyang-Anyangan


Nah kalau sudah ada tanda anyang-anyangan jangan sampai dibiarkan aja. Bahaya banget. BAHAYA! kenapa saya bilang bahaya, di rawat di rumah sakit karena infeksi saluran kemih itu hanya salah satunya, bayi di dalam kandungan ibu hamil pun bisa terinfeksi juga jika ISK semakin parah. Nggak mau dong ya terjadi apa-apa dengan calon bayi. Maka dari itu harus dicegah dan diobati jika sudah ada gejala nya.

Jika mengalami gejala Anyang-Anyangan terjadi jangan panik ya, lakukan tips berikut

1.    Banyak minum air putih agar buang air kecil menjadi lancar. Jika banyak minum, maka pipis yang keluar pun akan semakin banyak, hal ini akan memudahkan membersihkan bakteri yang bersarang di saluran kemih melalui urine yang keluar. Akan lebih baik jika perbanyak minum air hangat untuk meredakan sakit yang disebabkan anyang-anyangan.
2.    Konsumsi Prive Uri-Cran yang mengandung ekstrak buah Cranberry yang terbukti mencegah dan mengobati anyang-anyangan.
3.    Jika sakit anyang-anyangan berlanjut jangan ragu untuk konsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Prive Uri-Cran adalah pilihan saya sebagai solusi alami untuk mencegah anyang-anyangan karena mengandung ekstrak buah Cranberry. Jadi dari banyak informasi yang saya dapat kita bisa mengobati Infeksi Salurah Kemih dengan mengkonsumsi buah Cranberry. Penggunaan Cranberry merupakan solusi alami untuk mengatasi Anyang-Anyangan yang sudah dikenal di dunia. Kandungan alami yang terdapat di dalamnya ternyata bisa mencegah bacteri E.Colli yang menempel di dinding saluran kemih loh. Saya sendiri belum pernah melihat dan memegang buah Cranberry secara langsung karena di minimarket pun tak pernah dijumpai.

Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar. Jadi carnberry mempunyai kesamaan dengan blueberry, hanya saja warnanya merah tua. Buah cranberry yang tergolong ke dalam tumbuhan semak-semakan pendek ini banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Konon, buah ini sudah diketahui khasiatnya sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno, yakni sebagai obat luka akibat terkena panah. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sariawan, dan sebagai antioksidan.

Nah Jus cranberry diketahui efektif mencegah infeksi saluran kemih. Hal ini karena buah cranberry memiliki antioksidan yang disebut proanthocyanidins, dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi ini.

Mengetahui manfaat buah Cranberry saya tidak ragu lagi menjadikannya solusi alami untuk mencegah anyang-anyangan. Tetapi pasti akan kebingungan nih kalau mau buat jus Cranberry! Kemana carinya? Tenang!  karena nggak mesti ke Amerika dulu karena kebaikan buah Cranberry sudah bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi Prive Uri-Cran.

Ada dua varian Prive Uri Cran yaitu dalam bentuk kapsul dan sachetan yang bisa dicampur dengan air

1. Prive Uri-cran dalam bentuk kapsul mengandung 250 mg Ekstrak cranberry dalam setiap kapsulnya. Dosis pemakaian 1-2 kapsul. Biasanya saya sering membawa Prive Uri-Cran kapsul jika sedang bepergian karena lebih praktis dengan langsung meminumnya dengan air mineral.



2. Prive Uri-cran Plus dalam bentuk sachet yang diseduh dengan air. Mengandung 375 mg ekstrak cranberry plus probiotik dan Vit C. Dosis pemakaian : 1-2 Sachet/Hari. Ini favorit saya banget karena rasanya yang enak dan segar apalagi jika dilarutkan dengan air dingin.

Prive Uri-cran ini merupakan solusi alami, aman, praktis untuk mencegah dan mengobati anyang-anyangan. Prive Uri-Cran bisa ditemukan di apotik atau toko obat terdekat. Bagi ibu hamil tak perlu khawatir karena komposisi yang terkandung di dalamnya tidak berbahaya alias aman bagi ibu hamil dan menyusui. Pun kita tidak perlu khawatir akan resistensi antibiotik. Karena biasanya infeksi saluran kemih diobati dengan antibiotik, ketika sudah sembuh gejala infeksi saluran kemih bisa berulang. Kita pun terpaksa mengkonsumi dengan dosis yang lebih tinggi. Jadi memang lebih aman mengkonsumi Prive Uri-Cran ini karena terbuat dari bahan alami jadi lebih aman digunakan saat terjadi Anyang-Anyangan.

sumber gambar : uricran.co.id


Dengan mengkonsumsi Prive Uri-Cran akan mencegah bakteri E.Colli berkembang biang dan menempelkan rambutnya di dinding salurah kemih yang menyebabkan terjadinya infeksi. Bahan aktif cranberry menghambat perlekatan (Adhesi) bakteri ke sel epitel saluran kemih.

Nah teman-teman yuk jaga kesehatan dan kebersihan kita untuk mencegah terjadi Anyang-Anyangan. Dari pengalaman mengatasi anyang-anyangan ada beberapa tips yang semoga bisa diterapkan untuk mencegah anyang-anyangan terutama bagi kaum wanita!

1.    Jangan menahan buang air kecil apalagi ibu hamil. Air kemih yang ditahan dan mengendap akan menyebabkan berkembangbiaknya bacteri E.Colli di anus yang bisa memanjat ke saluran kemih.
2.    Jaga kebesihan organ intim. Jika membilas organ intim setelah BAB atau BAK lakukan dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Lalu gunakan celana dalam yang tidak ketat dan nyaman dan diganti secara teratur untuk menghindari kuman dan jamur.
3.    Siapkan tisu kering atau handuk kering di toilet yang rutin diganti secara berkala. 
4.    Perbanyak minum air putih. Selain untuk menghindari dehidrasi, semakin sering buang air kecil maka akan mengurangi Bacteri E.Colli yang menumpuk.
5.  Konsumsi ekstrak Cranberry yang terbukti efektif sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Hal ini dibuktikan oleh 4 uji klinis acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.
6.    Menjalani pola hidup sehat dengan makan dan minum bergizi, istirahat yang cukup serta rutin olahraga. Ibu hamil yang menginjak trimester ke tiga bisa mengikuti kelas senam ibu hamil atau yoga ibu hamil.

Semoga teman-teman terhindar dari anyang-anyangan ya. Dan kalaupun ada yang mengalaminya jangan lupa segera diobati agar nyaman beraktiftitas!
Semoga bermanfaat

18 comments

  1. Aku juga konsumsi uri cran dan rasanyanya enak hehe

    ReplyDelete
  2. lengkap banget artikelnya mbk, jadi tau deh apa gejala anyang-ayangan itu n apa obat yang bagus menghadapi ayang-anyang.

    ReplyDelete
  3. Prive Uricran memang ok ya, selain itu kok aku suka kemasannya ya heheee...lain pula ini, cantik gitu merah-merah

    ReplyDelete
  4. Info gini harus pula dicatat sama bapak-bapak nih. Biar nanti kalo istri keliatan ada gejala anyang-anyangan bisa langsung diatasin. catet duluu.. anjyway TFS yakk mbak..

    ReplyDelete
  5. Bareng dengar lo mbak, ada istilah anyang-anyangan..

    ReplyDelete
  6. Penting banget dihindari anyang anyangan ini ya
    Apalagi berbahaya bisa infeksi bayi. Gawat. Untung obatnya cranberry.

    ReplyDelete
  7. Nah iya ya mbak, kalo lagi nulis tu suka mikir “Tanggung, bentar lagi. Bentar lagi deh.” Eh tau-tau udah bablas 3 jam aja. Gak mau lagi deh nahan-nahan pipis, nanti kena anyang-anyangan pula. Gakmauuuu.

    ReplyDelete
  8. Ih mbak, aku pernah loh sengaja mengurangi minum biar gak sering bolak balik toilet, aduuh ternyata ga boleh ya. Bisa numpuk bakteri jahatnya. :(

    ReplyDelete
  9. Kena anyang-anyangan emang nggak enak banget y mbak.. untung nya ada uri cran.. hehe

    ReplyDelete
  10. Aku pun stok uri cran di rumah mbak. apalagi rasa nya enak.. seger :D

    ReplyDelete
  11. penting nih beli buat stok, terutama untuk para wanita,,,

    ReplyDelete
  12. Nice info. Btw, harga uricran ini berapaan ya mbak?

    ReplyDelete
  13. Anyang-anyangan ini memang bikin gak nyaman banget ya, apalagi kalo lagi traveling.. untung ada prive uri cran ya Mbak, solusi untuk anyang-anyangan

    ReplyDelete
  14. Kebiasaan menahan pipis memang berbahaya ya mbak. Untung ada Uri-cran

    ReplyDelete
  15. Karena wanita lebih rentang mengalami anyang-anyangan, maka kita harus lebih waspada.

    ReplyDelete
  16. Perempuan memang harus aware dengan kesehatan sendiri ya mbak, apalagi untuk masalah anyang-anyangan

    ReplyDelete
  17. Kalau lagi mengurus anak-anak memang kadang-kadang suka ditunda-tunda kalau mau buang air kecil. Saya juga kadang-kadang begitu. Padahal gak baik, ya

    ReplyDelete
  18. Emak2 emang selalu rempong, mau pipis aja kadang susah diganduli anak2. Untungnya skrg ada Prive uricran, kalau udah terasa nggak enak, langsung saja deh minum jus cranberry ini

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^