Tips yang Bisa Anda Terapkan Agar Bisa Bertahan dalam Dunia Bisnis Dagang


Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan adalah dengan berdagang atau berjualan. Berdagang menjadi mata pencaharian banyak orang dari skala kecil hingga besar. Dari mulai produk rumahan seperti kue, makanan ringan, produk kreatif dan jahitan tangan hingga ke produk pabrikan seperti mainan anak, gadget, pakaian branded dan sebagainya semuanya disalurkan dari pembuat ke tangan konsumen melalui jalur perdagangan. Bagi pedagang yang telah berhasil akan mendapatkan keuntungan besar dengan menjalankan sistem pemasaran yang sudah ada, namun bagi mereka yang masih mencoba meniti karier di bidang perdagangan, diperlukan keuletan dan ketelatenan untuk tetap berada di jalur perdagangan.


Bagi Anda yang saat ini sedang meniti karier di bidang dagang, baik produk makanan maupun pakaian, ada baiknya Anda menetapkan hati dan kemauan dengan teguh agar tidak mudah putus asa. Dalam memulai sebuah usaha, pasti ada hambatan dan kendala yang akan dialami apalagi Anda bergerak dalam bidang perdagangan dimana banyak orang yang juga melakukannya. Memiliki saingan bisnis , saingan produk dan saingan sistem pemasaran sudah merupakan hal yang biasa. Karenanya diperlukan cara-cara unik untuk bisa tetap bertahan di dunia bisnis dagang ini.

Untuk bisa bertahan di dunia perdagangan, ada beberapa tips yang bisa Anda praktekkan saat berdagang maupun sebelum berdagang untuk memulai sebuah usaha. Berikut ini beberapa tips yang dikumpulkan dari para pakar yang sudah berpengalaman dalam bidang perdagangan:

Memiliki inovasi.
Banyak produk yang dijual dengan tipe dan merk yang sama dari penjual yang berbeda. Jika Anda menjual produk jadi yang juga dijual oleh banyak penjual lainnya, memberikan inovasi berbeda bisa menambah kesempatan produk Andalah yang laku terjual. Misalnya Anda bukan hanya meletakkan produk tersebut dalam etalase namun memasangnya pada manequine atau meletakkannya di tempat yang mudah dilihat oleh pengunjung toko.

Cara pemasaran.
Selalu cek kembali cara pemasaran yang Anda lakukan apakah mudah dikenali oleh masyarakat sebagai calon konsumen. Saat ini cara pemasaran yang efektif adalah menggunakan sistem pemasaran online agar bisa menjangkau calon konsumen di seluruh wilayah.

Harga.
Berikan harga jual yang tidak lebih tinggi dibandingkan harga pasar namun Anda masih memiliki laba untuk menutup biaya dagang. Cara agar Anda bisa berjualan dengan harga lebih terjangkau namun tetap mendapat laba adalah dengan membeli produk dengan harga lebih murah. Anda bisa membeli secara grosir atau menjadi agen utama suatu produk.

Beberapa tips diatas bisa menjadi cara Anda agar tetap bertahan di dunia perdagangan. Jika sudah memiliki langganan maupun customer, peliharalah kepercayaan mereka dengan hanya menjual produk dengan kualitas baik sesuai dengan harga jual. Pelayanan prima juga menjadi kunci agar pembeli merasa nyaman ketika berbelanja dengan Anda.

1 comment

  1. Setuju banget ya Mbak, pemasaran paling efektif emang dari online.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^