Ini Dia Beberapa Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan Pada Anak


Sakit tenggorokan atau faringtis dapat disebabkan oleh infeksi akibat bakteri dan juga virus. Sakit tenggorokan ini memang tidak berbahaya tetapi jika dibiarkan akan sangat mengganggu dan akan menyebabkan rasa ketidaknyamanan saat makan atau minum. Dan jika terus dibiarkan dikhawatirkan akan terjadinya sesuatu yang lebih serius misalnya saja radang tenggorokan. Gejala gejala pada sakit di tenggorokan ini akan membuat rasa yang lebih tersiksa jika yang mengalaminya itu adalah anak anak.


Ada banyak cara didalam mengobati rasa sakit tenggorokan pada anak ini misalnya saja dengan menggunakan cara yang alami. Berikut beberapa cara alami mengobati sakit tenggorokan pada anak diantaranya yaitu :


1. Dengan Menggunakan Air Garam Yang Hangat 

Garam ini memiliki sifat sebagai anti septik alami yang berfungsi untuk membunuh virus dan bakteri yang menyebabkan sakit di tenggorokan. Garam ini juga akan mampu melarutkan dahak dan lendir yang berkumpul di tenggorokan. Caranya adalah air garam hangat itu bisa diminum atau juga dijadikan sebagai obat kumur.

2. Dengan Menggunakan Bawang Putih 

Bawang putih juga dipercaya dapat mengobati sakit tenggorokan karena mengandung senyawa alicin. Senyawa alicin ini akan mampu membasmi bakteri dan juga akan dapat meringankan peradangan pada tenggorokan. Caranya adalah cukup dengan mengunyah satu siung bawang putih mentah sampai halus.

3. Dengan Menggunakan Lemon Dan Madu 

Satu buah lemon segar diambil lalu diperas dan air perasannya itu dicampurkan dengan satu sendok makan madu dan juga segelas air putih yang hangat. Semua bahan itu diaduk hingga tercampur rata kemudian minum sampai habis. Lakukan perawatan ini secara rutin minimal 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Dengan Menggunakan Sup Ayam

Dengan mengkonsumsi sup ayam juga ternyata dapat mengobati sakit di tenggorokan. Kuah hangat yang ada didalam sup ayam ini akan dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan di bagian tenggorokan. Pastikan tidak menambahkan rasa pedas pada sup ayam ini karena rasa pedas itu akan dapat memperparah peradangan.

Itulah beberapa cara alami mengobati sakit tenggorokan pada anak. Selain itu juga sakit tenggorokan dapat diatasi dengan cara yang lainnya seperti dengan menggunakan minyak kayu putih, banyak minum air putih, dan juga dengan istirahat yang cukup.

2 comments

  1. Wah, baru tahu kalau bisa diobati dengan bahan herbal gini. Biasanya saya langsung aja ajak ke dokter terus dikasih obat.

    Makasih Mbak, tipsnya bermanfaat banget. :)

    ReplyDelete
  2. andalan saya, tuh, bikin sup ayam kalau lagi gak enak badan :)

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^