Ini Dia Beberapa Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh


Salah satu kewajiban seorang ibu hamil adalah merawat kehamilannya dengan baik, karena kesehatan janin didalam kandungan akan sangat tergantung para perlakuan sang ibu.
Sebaiknya hindari segala aktivitas yang dapat membahayakan kehamilan sehingga nantinya akan mendapatkan kehamilan yang sehat dan juga tidak akan banyak gangguan. Ibu hamil tidak boleh asal asalan didalam memilih makanan, pilihlah makanan yang aman bagi janin dan bahkan ada beberapa makanan yang tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Di awal masa kehamilan ini, maka ibu harus benar benar memperhatikan makanan hariannya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut beberapa makanan sehat ibu hamil trimester pertama untuk menjaga kesehatan tubuh diantaranya yaitu :


1. Makanan Yang Mengandung Asam Folat 

Ibu hamil sangat memerlukan asam folat di awal kehamilannya karena asam folat ini akan dapat membantu mencegah kecacatan syaraf dan mengurangi resiko bayi akan terlahir cacat. Asam folat ini dapat diperoleh dari jenis sayuran seperti brokoli, kacang kedelai, wortel, kembang kol, dan yang lainnya.


2. Makanan Yang Mengandung Zat Besi 

Zat besi juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil di awal masa kehamilannya. Zat besi ini nantinya dapat membantu pembentukan sel darah merah sehinnga nantinya ibu akan terhindar dari anemia. Jika ibu hamil mengalami anemia maka ibu akan merasa berbagai keluhan seperti lelah, lemas, dan juga letih lesu.


3. Makanan Yang Mengandung Kalsium 

Ibu yang hamil muda juga memerlukan makanan dan minuman yang mengandung kalsium sehingga nantinya akan dapat membantu proses pembentukan tulang janin. Jika ibu hamil kurang mendapat asupan kalsium maka nantinya janin akan mengambil cadangan kalsium dari tulang ibunya sehingga bisa menyebabkan pengeroposan tulang.

4. Jangan Meninggalkan Sayuran  

Ketika sedang hamil muda maka mengkonsumsi sayuran juga penting karena sayuran ini akan menyumbangkan banyak manfaat bagi ibu hamil. Salah satu jenis sayuran yang baik untuk dikonsumsi adalah bayam, karena bayam ini mengandung zat besi yang tinggi dan sayuran ini juga dapat membantu mengurangi risiko cacat lahir.

Itulah beberapa makanan sehat ibu hamil trimester pertama untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi keempat makanan diatas maka diharapkan badan tidak akan lelah, lemas, dan juga letih lesu, serta janin juga akan sehat.

No comments

Silahkan Berkomentar ^_^