Peran Blogger Menuju Indonesia Maju : Jangan Pernah Lelah Mencintai Indonesia

“Jangan Pernah Lelah Mencintai Indonesia” 


Pernah nggak sih bertanya ke diri sendiri apa yang sudah kita lakukan untuk Indonesia. Bangga ga sih dengan menjadi Indonesia? Apa kita telah memberikan manfaat atau kita adalah bagian dari orang yang suka nyinyir lalu menyebarkan berita hoax tanpa mengetahui kebenarannya?


Sepatutnya kita bangga menjadi Indonesia karena Indonesia adalah negara yang besar dan kaya dengan beragam suku bangsa, kekayaan alam yang melimpah ruah, potensi wisata yang membuat dunia tercengang hingga penduduknya yang ramah serta berbudaya.

Namun sangat disayangkan potensi besar negara ini kadang malah dirusak oleh masyarakatnya sendiri. Alih-alih berbuat sesuatu untuk Indonesia kita kadang malah terjerumus menjadi pelaku hoax dan ikut berperan menyebarkan berita bohong.

Kenapa HOAX Berbahaya?

Bicara tentang berita hoax ternyata bahaya dan jahat banget. Seperti yang disampaikan Pah Andoko Darta, Tim Komunikasi Presiden Sudut dalam Kegiatan Flash Blogging Bengkulu “Menuju Indonesia Maju” 27 April 2018 yang berlangsung di hotel amaris bahwa Hoax bisa membuat sebuah negara hancur.

Sebenarnya yang berbahaya itu bukanlah produksi hoaxnya melainkan hoax yang menyebar seperti bisa ular yang terus menyebar ke seluruh tubuh. Bahaya karena berita bohong yang diproduksi oleh orang pintar yang jahat itu disebarkan oleh banyak orang baik yang bodoh (tidak mencari tahu kebenarannya dulu). Rugi banget kan ya kalau kita menjadi bagian dari orang yang ikut-ikutan menulis dan membagikan berita hoax.


Indonesia menjadi besar bukan karena hanya banyak suku bangsa, tapi kebesaran indonesia karena indonesia adalag bangsa petarung yang membuat Indonesia hingga saat ini bisa bertahan. Jika dahulu pejuang bertarung dengan bambu dan kekuatan fisik. Zaman sekarang, Blogger ternyata mempunyai peranan penting sebagai petarung untuk Indonesia. Petarung seperti apa sih? Petarung yang mempertahankan keutuhan Indonesia dan bermanfaat bagi negara dengan memerangi hoax. Senjata blogger adalah aktif dalam menglarifikasi berita hoax. Jika melihat berita hoax berseliweran di media sosial jangan diam saja apalagi membagikannya. Katakanlah kepada teman atau saudara kita bahwa berita itu tidak benar.

Blogger Mendukung Indonesia Maju


setelah melihat tayangan video yang dipaparkan oleh pak Andoko ada banyak
hal yang saya tahu tentang Indonesia. Senada dengan apa yang disampaikan oleh Mak Mira Sahid (Founder Emak2 Blogger) kita punya kewajiban dan tanggung jawab untuk Indonesia. Jika tidak bisa menjadi pelaku kebijakan maka berbuatlah dengan apa yang kita bisa. Sebagai Blogger tentu yang bisa kita lakukan adalah menulis yang positif dengan konten bermanfaat untuk banyak orang.

Harapan presiden, Indonesia akan menjadi negara maju.  Namun untuk menjadi negara maju yang bukan mudah loh, karena faktor negara maju adalah kesejahteraan. Kita bisa bandingkn dengan orang di Amerik yang jobless dan homeless saja dibiayai oleh pemerintah alias diberi uang untuk biaya makan mereka sehari-hari. Begitupun dalam hal pendidikan, pendidikan negara maju perlu diacungi jempol karena setiap warganya berlomba untuk mendapat pendidikan terbaik. Untuk itu skema yang penting demi tercapai Indonesia maju adalah

1.    Infrastruktur : perbaikan infrastruktur harus adil di seluruh Indonesia. Di bengkulu sendiri sudah ada program sejuta rumah. Dan yang terpilih adalah rumah nelayan di kampung melayu 2016-2017 sekitar 120 rumah untuk nelayan yang berpenghasilan rendah. Ada juga penataan jalan dll.

2.    Pembangunan Manusia. Pembangunan infrastruktur harus diikuti dengan pembangunan manusia dengan pendidikan dan pelatihan. Untuk itu juga Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Bengkulu serta Direktorat Kementrian Komunikasi melakukan Flash Blogging agar blogger lebih banyak tahu tentang sudut lain dari Indonesia. Agar pemikirian lebih terbuka menerima hal-hal yang positif.

3.    Semoga Indonesia Maju bisa tercapai

Bicara pembangunan pemerataan dapat dicapai bukan karena kesamaan perlakukan. Misalnya bapak, anak yang beda tingginya dikasih box yang sama agar sama tinggi . Yang benar adalah pemerataan dengan keadilan. Misalnya petani, rakyat miskin yang harus didahulukan diberikan bantuan dibanding masyarakat kelas menengah ke atas.

Kebijakan pemerataan yang berkeadilan diantaranya:
1.    keberpihakan pada 40% lapisan masyarakan terbawah
2.    BBM 1 harga, terutama masyarakat di Kalimantan dan Papua dapat menikmati harga sama di kalimantan harga bbm 45 ribu dan di papua hampir 65 ribu hingga 100 ribu. Sedih banget pas liat video gimana susahnya bbm itu masuk ke daerah pelosok. Sekarang masyarakat cukup senang karena sudah ada bbm bersubsidi yang sampai. Jika uang 100 ribu hanya bisa membeli 2 liter sekarang sudah bisa membeli 15 liter dan sisanya bisa untuk kehidupan keluarga


3.    Peningkatan komepetisi pekerja
4.    revitilasisi haga
5.    kartu indonesia sehat, indonesia pintar, program makanan tambahan
6.    bangun sentra pertumbuhan ekonomi baru di luar jawa
7.    subsidi lebih tepat sasaran untuk masyarakat berpenghasilan rendah.


Sangat bersyukut saat mengetahui catatan indikator 2017 tingkat kemiskinan semakin menurun ,tingkat kesenjangan ekonomi pun menurun dan pembangunan semakin meningkat. Walau ada banyak hal yang belum bisa memenuhi keinginan masyarakat tapi masyarakat harus yakin dan percaya bahwa kita bisa mencapai Indonesia yang lebih baik. Tetaplah berpikir positif seperti yang disampaikan oleh Bapak Sukardi Rinakit “Jangan Pernah Lelah Mencintai Indonesia”




Blogger untuk Indonesia

Dalam kegiatan flash blogging ini saya juga senang sekali bisa berjumpa dengan Mak Mira Sahid. Founder dari Emak-Emak Blogger. Dalam kesempatan ini Mak Mira memotivasi saya dan teman-teman blogger untuk turut serta untuk berbuat sesuatu demi Indonesia.



Manusia Makhluk Sosial
Sebagai makhluk sosial kita memang butuh sosialisasi. Nah sekarang sudah ada  Media online menjadi wadah kita untuk berkarya dan melakukan proses kreatif. Survey januari 2018 menyebutkan sudah banyak peningkatan pemakaian media digital di Indonesia. Yang paling banyak adalah Pemakaian mobile internet user.



Namun disisi lain Kita harus hati-hati karena media sosial itu seperti pasar yang banyak orang di dalamnya. Ada banyak tipe manusia baik yang jahat atau pun yang baik. Kita pun harus hati-hati membiarkan anak berselancar di media sosial agar mereka tidak terjerumus menonton hal-hal yang tidak diinginkan.

Blog sebagai salah satu sarana untuk berbagi memiliki banyak manfaat selain sebagai hobi kita juga bisa mempunyai teman baru. Sebagai Blogger Indonesia jadilahuser yang bijak , bangun konten positif lawan konten hoax dengan tulisan yang bermanfaat.

Nah jika kita ingin mengetahui banyak hal tentang pembangunan Indonesia bisa sering sering cek Youtubenya Sudut istana di http://youtube.com/sudutistana


Berikut Manfaat dari Ngeblog yang Bisa kita Dapatkan
1.    Hobi Passion : saat memulai ngeblog hendaklah di awal memang berniat membagikan tulisan yang bermanfaat. 
2.    rekam jejak digital :  kita akan dikenang seperti apa setelah kita mati, nulis dan share yang baik, karena akan ada rekam digital kita selamanya
3.    media informasi : Dengan ngeblog, informasi bisa disampaikan secara luas dan dibaca oleh orang banyak
4.    personal branding : Tulis dengan serius..buat orang inget dengan blog kita
5.    engagement : Ketika blog kita tidak komentari kita ga semangat, jangan khawatir , tulislah untuk diri sendiri.  Selama melakukan kebaikan semesta akan memberi rejeki bukan tentang uang. Biar engagement bisa terus, jaga etika kita . Etika dan tulisan. Marketing mulut itu cepat sekali. Kedepankan silaturahim untuk ngobrol cantik. Perbaiki etika sama-sama, blogger itu tidak selalu komersil.
6.    peluang : Semua yang kita dapat dari blog merupakan bonus dari ngeblog.


Kita bisa memilih menjadi user yang seperti apa. Mau jadi user yang jahat atau yang baik. Jika dihitung bisa 10 akun yang kita punya.  Jadi berpikirlah sebelum membagikan sesuatu (THINK BEFORE POSTING) untuk seluruh akun sosial media maupun media blog.

Blogging dan Peran Kita untuk Indonesia




Salah satu media yang efektif untu menyebarkan informasi. Banyak yang meramal bahwa blog Masih jadi trend hingga 10 tahun ke depan. blog bisa jadi branding diri kita. Blog itu lebih spesifik karena perlu dipikir. Blog itu personal menjadi hak publik ketika di publish. Blog harus menjadi branding dirikita.

Ketika kamu ga bisa mendukung negara, lakukan sesuatu untuk bangsamu. Jadilah blogger untuk Indonesia . Sekarang sudah jamannya Indonesia menjadi peer  bagi blogger. Awlanya kopdar – lalu komersial – sekarang kita punya kewajiban dan tanggung jawab terhadap indonesia. Menjadi blogger yang lebih bijak dalam menyebarkan informasi (menjadi parspampers di media digital) (Mira Sahid)

Untuk membuat pembaca tertarik membaca tulisan kita buatlah blog yang bagus
1.    Rumah Mata
2.    Up to date &informatif
3.    spesifik
4.    personal
5.    berguna
6.    unik

Pesan Mak Mira Sebagai blogger bijak jangan lupa untuk THINK sebelum posting. Apa aja itu?
T is true (benarkah?)
H is it hurtful (menyakitkankah?
I is it ilegal (ilegalkah?
N is it necessary (pentingkah? kita tidak tahu dan terbawa akan opini orang yang menyebarkan hoax
K is it kind (santunkah?

Blogger Indonesia ayo maju bersama dan bijak bersosmed. SARING SEBELUM SHARING.   Tetaplah menulis dan kamu akan tahu siapa dirimu.

Finally, saya secara pribadi mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya Flash Blogging di Bengkulu ini kepada DInas Kominfo dan Statistik  serta Ditjen Informasi & Komunikasi Publik. Blogger lebih terbuka insight nya tentang sudut istana dan bagaimana menjadi blogger yang turut serta memberikan manfaat untuk Indonesia. Semoga acara seperti ini lebih sering diadakan Bengkulu.

Yang mau simak cuplikan acaranya bisa tonton video saya dibawah ini yah ^_^

5 comments

  1. Kece deh masih sempat bikin video pendek kegiatannya. Selamat Mak jadi tulisan terbaik ke-3.

    ReplyDelete
  2. Keren mbak.. Keren blog mbx dam acaranya..

    ReplyDelete
  3. Keren, alhamdulilah acaranya menginspirasi untuk terus berkarya demi negeri tercinta

    ReplyDelete
  4. Keren Mbk, selamat ya semoga menang ya

    ReplyDelete
  5. Mbaakkk.. sudah nulis, masih sempat bikin video jugaaa superrrrrr 😊

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^