Kegiatan Seru Liburan Walau Tidak Mudik


Liburan adalah hal yang paling saya nanti-nanti.  Hmm.. Libur kantor suami sih maksudnya hehe, karena saya tidak bekerja dan mempunyai anak yang masih bayi. Ya, tiap hari di rumah memang butuh banget refreshing. Nggak mesti jauh-jauh, yang penting bukan di rumah.

Suami memang jarang banget dapat libur karena kerja nya di kampus selain ngajar juga jadi bagian pelayanan mahasiswa. Kadang kalau dosen lainnya libur setelah selesai ujian, eh dia tetap masuk mengurusi penerimaan mahasiswa baru. Libur panjangnya cuma saat Lebaran ini loh. Itu pun nggak panjang-panjang banget, sekitar 12 hari.



Sebenarnya punya keinginan untuk travelling atau mudik ke kampung halaman di Sumatera Barat. Tapi dengan waktu yang singkat saya jadi berfikir ulang. Belum lagi kerempongan saat travelling bersama anak-anak yang masih kecil. Saya udah parno deluan. Pengalaman dua tahun lalu saat bawa Ubay yang masih bayi itu jadi pelajaran banget. Sesampainya di Solok, Ubay malah sakit dan bikin liburan gagal total. Saya nggak kemana-mana dan langsung pulang karena suami ada panggilan untuk mengurus study lanjutannya.

Pernah juga mudik ke Kaur (masih di provinsi Bengkulu), terus cuaca disana panas banget. Saat mengunjungi tempat wisata bukannya malah senang tapi penat karena macet di jalan. Pengunjungnya rame banget, jadi nggak menikmati gitu. Makanya saya dan suami sepakat untuk berkunjung ke rumah keluarga di luar kota tidak di musim liburan. Misalnya saat idul adha, biasanya sih nggak terlalu rame. Tapi memang kudu ambil cuti hehe…

Saya juga baca ide Kegiatan yang bisa dilakukan saat liburan tanpa travelling yang ditulis mbak Eri. Banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan ternyata walaupun nggak mudik. Liburan lebaran kali ini kebetulan saya nggak mudik dan sudah merencanakan beberapa kegiatan seru bersama suami dan anak-anak.

Silaturahmi ke Rumah Keluarga


Momen libur lebaranmemang pas banget untuk mengajak anak-anak berkunjung ke rumah keluarga. Karena keluarga saya banyak, jadi memang tidak sempat dikunjungi rutin satu persatu. Supaya anak-anak bisa kenal sama keluarga, saya berencana mengajak mereka silaturahmi ke rumah keluarga yang jarang dikunjungi. Tipsnya sih rencanakan kunjungan yang satu arah biar nggak muter-muter. Terus juga kalau bisa startnya pagi, jadi tidak terlalu panas saat di jalan.

Berenang di Kolam renang yang tidak ramai


Saya sedikit menghindari berwisata di Pantai Bengkulu jika musim libur lebaran. Sudah pasti jalanan akan macet. Begitupun tempat wisata lainnya, seperti wahana bermain anak-anak. Kalau di Bengkulu wahana surya yang ada water boom nya akan penuh pengunjung dan tentunya harga tiketnya akan naik. Jadi agar anak-anak tidak bosan saya akan mengajak berenang ke kolam renang tidak terlalu ramai pengunjungnya. Sebelumnya sih suami sudah observasi hehee..

Nonton Bareng

Saya dan suami memang hobi banget nonton. Btw di laptop sudah banyak film yang kami siapkan untuk ditonton selama libur lebaran. Tentunya buat Ubay ada film khusus anak-anak. Nah biasanya kami menonton saat siang hari jika cuaca panas dan tidak memungkinkan untuk keluar. Ditemani dengan cemilan kue lebaran dan jus pasti asyik menonton bersama.

Mengumpulkan Barang dan Pakaian yang Tak Terpakai

Ini mungkin terdengar sedikit aneh. Tapi saya dan suami memang berencana mengurangi isi rumah dari barang dan pakaian yang tak terpakai. Sayang banget kalau cuma ditumpuk aja dan bikin rumah jadi sumpek. Nanti barang dan pakaian yang tak terpakai akan kita berikan ke orang yang mau menerimanya. Kalau untuk pakaian yang sudah terlalu jelek biasanya saya jadikan kain lap sih hehe...

Berkebun dan Beternak

Jika di rumah punya lahan kosong pasti seru banget ajak anak-anak untuk berkebun. Kalo saya dan suami suka beternak ayam. Kami punya 8 ekor ayam dan dua ekor betinanya sedang mengeram telor. Kalau bisa menetas semua 14 telor itu pasti seru banget. Nah untuk mengisi liburan kami akan gotong royong membersihkan kandang dan sekitar pekarangan rumah. 


Sebenarnya banyak banget sih ide kegiatan yang bisa kita lakukan selama libur lebaran. Selama itu positif yuk ah dilakukan, supaya liburan nya tetap produktif dan bukan diisi tiduran aja hehe...Kalo teman-teman kegiatan apa sih yang dilakukan selama libur lebaran?

4 comments

  1. Wah, seru ya bisa tetap berkumpul dg keluarga dan melakukan aktivitas positif 😊

    ReplyDelete
  2. Sama mak yg mengumpulkan barang yang gak dipakai lg..
    Liburan memang waktu yg tepat buat bongkar2 dan pilih2, sekalian beberes

    ReplyDelete
  3. kebiasaan kalo pulkam itu bongkar lemari dan bersih bersih. pakaian yang udah kecil dan gak kepake disumbangin ke saudara kalo gak ke adek hahahah. kalo lebaran sih serunya pas ke rumah tetangga silaturahmi terus ngecekin toples kue mumpung belum dioplos. wkwkwkw

    ReplyDelete
  4. Berenang di kolam renang yang tidak ramai kayaknya asyik tuh. Biar kita benar-benar menikmati yang namanya renang, selain itu, dijamin airnya bersih dan segar

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^