Ini Dia 5 Langkah Mudah Merawat Mesin Bubut Agar Performa Tetap Optimal


Dalam dunia industri, khususnya yang berhubungan dengan manufaktur, maka mesin bubut ini menjadi bagian yang sangat penting untuk digunakan. Sarana yang memiliki beragam jenis fungsi dalam rangka untuk memotong benda kerja, menghaluskan permukaannya dan masih banyak lagi diantaranya. Jika berbicara mengenai jenis, maka mesin ini memang tak hanya ada 1 atau dua buah macam saja, melainkan lebih dari 5, mulai jika dilihat dari fungsi hingga ukurannya.

Di pasaran produknya bisa ditemukan secara langsung pada beberapa perusahaan produksinya, dengan tawaran harga yang cukup beragam, tentunya bergantung pada jenis yang Anda jadikan sebagai pilihan, karena kenyataannya semakin bagus produk maka harga juga akan semakin mahal. Itulah mengapa harus lebih selektif dalam menjatuhkan pilihan. Seperti haknya mesin pada umumnya, maka performa dari produk yang satu ini tak jarang diantaranya yang mengalami penurunan atau tidak selalu dalam kondisi yang optimal.

Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari tidak dirawat dengan baik, atau menunjukkan gejala kerusakan. Itulah mengapa maka berikut ini ada tips mudah yang bisa Anda lakukan untuk merawatnya agar kondisi tetap optimal, diantaranya adalah:

1. Simpan di tempat yang kering dan tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung, sebagaimana bahan-bahan yang terbuat dari material metal lainnya, ketika terkena sinar matahari maka akan mempercepat terjadinya kerusakan, khususnya adalah korosi. Itulah mengapa dalam penyimpanannya sebaiknya jauhkan dari sinar matahari.

2. Aplikasikan pelumas pada mesin tersebut, sedangkan untuk memastikan bawa mesin tersebut tetap licin dan bisa beroperasi secara optimal, maka pastikan untuk melapisi bagian permukaannya dengan menggunakan pelumas atau oli, sebaiknya juga gunakan oli yang berkualitas, sehingga tidak malah merusak permukaannya.

3. Bersihkan setelah digunakan, setelah mesin tersebut dioperasikan atau digunakan, maka Anda harus membersihkannya dari serpihan kayu atau material lain yang sebelumnya sudah dibubut, jangan biarkan terlalu lama, jika kondisinya terkena air akan menggumpal dan lebih sulit dibersihkan.

4. Saat mesin tengah beroperasi pastikan tak ada benda tajam yang nantinya jatuh ke mesin tersebut, ini termasuk bagian yang sangat penting, karena ditakutkan ketika ada benda tajam yang ikut masuk kedalam mesin nantinya maka bisa memicu terjadinya kerusakan bagian pembubut.

5. Segera service jika dirasa ada bagian yang bermasalah pada mesin tersebut, melakukan service atau perbaikan ini sedini mungkin, jangan tunggu hingga kerusakan bertambah parah, karena hanya akan membuat perbaikan memakan biaya yang lebih mahal.

Perawatan mesin bubut lainnya adalah jika tak dipakai sebaiknya tutupi menggunakan kain, sehingga tidak ada debu yang menempel di permukaannya, pastikan juga rajin dipanasi atau digunakan dalam skala kecil, agar performa tidak turun.

2 comments

  1. saya tidak menyangka kalai mbak ria juga dekat dengan mesin bubut. :D

    ReplyDelete
  2. kok saya baru liat ya. oohh ternyata ini yang namanya mesin bubut. serba guna banget ya. kayaknya harus punya deh

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^