Ratna Dewi : Berdamai Dengan Hati



Blogger satu ini kerennya kebangetan. Namanya Dewi Ratnasari yang biasa dipanggil Ratna atau Dewi. Memiliki hobi menulis sejak SMP dan karyanya seringkali dimuat di majalah. Namun kini hobi menulis cerpen tak lagi diteknuni sejak ia berkuliah di Jurusan Jurnalistik , Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Ia pun penah penjadi jurnalis TV One dan STV (Kompas TV Bandung) lalu memutuskan untuk pensuin dini dan menekuni dunia blogging.

Setelah berkecimpung di dunia jurnalistik, Ratna lebih suka menulis reportase, Feature news atau berita ringan . Apalagi ia pernah berkesempatan untuk praktik kerja lapangan di Koran Seputar Indonesia Biro Bandung di tahun 2009. Banyak berita yang ditulis adalah berita ringan tentang gaya hidup atau tempat wisata. Di tahun yang sama pula pernah melakukan praktik kerja lapangan sebagai reporter di Global TV. Dari sini ia mulai jatuh cinta pada dunia broadcasting. Apalagi dengan background yang aktif di kegiatan sinematografi kampus.

Tahun 2010 mba Ratna melamar menjadi asisten produser di STV Bandung (Kompas TV Bandung) dan  memegang program Stiletto, program khusus perempuan yang dipandu oleh Arina Ephipania, vokalis grup band Mocca. Di tahun 2011, program yang ia pegang berganti nama menjadi High Heels karena presenter terdahulu menikah dan harus berpindah ke Amerika. Ia juga diterima di TV One sebagai reporter news daily di tahun 2011 . Pengalaman tak terlupakan baginya adalah menjadi reporter berita saat banjir Jakarta awal tahun 2013 ketika terpaksa tidak pulang dan harus keliling daerah banjir di Jakarta selama tiga hari. Masuk ke daerah-daerah di Jakarta Barat yang sudah seperti kota mati, tidur di pinggir jalan atau dalam mobil, hingga pertama mengabarkan betapa parahnya kondisi korban banjir di Pluit dan Muara Karang.

Ia menikah dengan Kurniawan Aji Saputra di tahun 2013 yang juga seorang programmer dan juga merupakan orang yang sangat maintain blognya. Kabar bahagia saat tahu di tahun 2014 ia hamil namun sayangnya anak yang dikandung harus menyerah dan meninggal dalam kandungan saat usia 24 minggu tepatnya pada 8 November 2014. Ratna dan suami memberinya nama Azka Adhyastha Alana yang berarti pemimpin yang bersih dan bisa jadi penengah. Suaminya membuatkannya blog di Tumblr sebagai bentuk 'jaga-jaga' jika ingin meluapkan emosi pasca kehilangan anak.

Awalnya www.ratnadewi.me adalah blog pribadi untuk mengabadikan momen-momen terakhir bersama anak. Itulah kenapa blognya diberi judul “Berdamai dengan Hati”.

Karena dengan menulis, saya bisa berdamai dengan keadaan yang terkadang tidak berpihak pada saya. Karena dengan menulis, saya bisa melakukan self healing atas luka-luka hati saya. (Ratna Dewi)
Tahun 2015 ia mengalami cobaan kegguran lagi hingga akhirnya resign sebagai reporter TV. Mba Ratna memilih jadi ibu rumah tangga dan menekuni blog. Ia juga menjadi content writer di start up milik suaminya yaitu www.trackpacking.com.

Blog memang jadi media yang tepat untuk menjadi tempat curhat. Begitu juga bagi Mbak Ratna , jika tidak ada sarana menulis menurutnya bias saja dia hampir gila saat berada di titik terendah hidup dan kehilangan yang begitu berharga.

Yang ingin tahu lebih banyak tentang Ratna Dewi bisa langsung kunjungi blognya!
Blog: www.ratnadewi.me
FB: Dewi Ratnasari
FP: ratnadewi.me
Twitter: @ratnadewime
IG: @ratnadewime
Email: mail@ratnadewi.me

5 comments

  1. Wah, perjalanan karir mbak Ratna panjang juga

    ReplyDelete
  2. Keren banget mbak Ratna ini

    ReplyDelete
  3. Wah, inspiratif sekali kisah mbak Ratna ini

    ReplyDelete
  4. Wah cantik dan inspiratif

    ReplyDelete
  5. Nama blognya aja udah dalem banget

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^