Inilah Beberapa Bahan Alami untuk Memperlancar Haid


Ada banyak hal yang menyebabkan Anda stres dan salah satunya adalah karena haid yang tidak kunjung datang atau haid yang tidak lancar. Biasanya, untuk memperlancar haid tidak hanya dari mengkonsumsi sayur atau menerapkan pola hidup sehat namun bisa juga mengkonsumsi bahan alami yang ada di sekitar Anda. Tips lancar datang bulan ini tidak memiliki efek samping karena menggunakan bahan alami.

Bahan pertama yang bisa Anda siapkan adalah jahe. Jahe bisa Anda konsumsi jika anda mengalami telat datang bulan sekitar 1-3 minggu. Hal ini disebabkan karena jahe bisa membantu untuk meningkatkan aliran darah. Anda bisa membuat rebusan jahe yang ditambahkan dengan sedikit gula ataupun madu agar memberikan rasa manis. Setelah itu, minum rebusan jahe tersebut secara teratur. Rebusan jahe tidak hanya membantu untuk memperlancar haid namun juga meredakan nyeri ketika menstruasi tiba.

Kedua adalah kunyit. Rimpang yang berwarna kuning ini ampuh untuk mengatasi telat datang bulan ataupun nyeri haid. Hal ini disebabkan karena kunyit memiliki kandungan antipasmodic dan juga anti inflamasi sehingga bisa membantu untuk mengatasi kram, dan mengatur ketidakseimbangan hormon. Anda bisa membuat rebusan air kunyit yang bisa ditambahkan dengan gula jawa untuk memberikan rasa manis saat meminumnya.

Bahan alami lainnya yang bisa anda coba untuk mengatasi haid tidak lancar yang disebabkan karena beragam penyebab gangguan menstruasi seperti stress adalah:

Biji ketumbar. Caranya adalah merebus beberapa sendok teh biji ketumbar kemudian setelah mendidih, saring dan minum 3 kali sehari secara teratur.
Jus wortel yang kaya akan zat besi. Jus ini bisa anda konsumsi, namun hindari penggunaan gula terlalu banyak, jika Anda mengalami telat datang bulan selama 3 bulan secara berturut-turut dan anda tidak memiliki penyakit atau tidak hamil.
Biji wijen. Caranya dengan merebus wijen setiap paginya dan minum ketika perut kosong sehingga menstruasi bisa kembali lancar.
Mengkonsumsi pepaya mentah agar otot rahim bisa terkontraksi dan kemudian menginduksi menstruasi.
Anggur yang dikonsumsi secara teratur.

No comments

Silahkan Berkomentar ^_^