Tips Kehamilan Yang Harus Bunda Ketahui


Seperti yang sudah kita pahami, bahwa kehamilan merupakan hal yang paling didamba-dambaka oleh setiap pasangan suami istri. Nah, untuk itu dalam, tulisan kali ini akan memberikan informasi tentang tips kehamilan yang mudah-mudahan menjadi ilmu bagi kita semua, khususnya bagi para bunda yang sedang hamil sebagai berikut:


Tips Penting Untuk Ibu Hamil

1. Tips Mencegah Terjadinya Infeksi Pada Vagina Saat Hamil

Untuk mencegah terjadinya infeksi pada vagina saat hamil, sebaiknya bunda selalu menjaga kelembapan vagina supaya terhindar dari hal tersebut. Hal ini dikarenakan jika vagina yang terlalu lembap, hormon-hormon kehamilan, serta meningkatnya lemak pada ibu hamil bisa membuat wanita hamil rentan terkena infeksi pada vagina.

2. Tips Cermat Mengkonsumsi Asam Folat

Bunda bisa memenuhi kenutuhan asam folat pada saat hamil dengan mengkonsumsi makanan segar atau dengan suplemen yang mengandung kurang lebih 400 mikrogram asam folat. Karena nutrisi ini bisa mengurangi resiko kegagalan pada kandungan, cacat tabung saraf pusat, anemia, serta preeclampsia. Menurut anjuran para dokter kandungan, konsumsi asam folat ini sudah harus diberlakukan mulai dari trimester kehamilan pertama.

3. Tips Mencegah Peningkatan Berat Badan Yang Berlebih Saat Hamil

Pada saat hamil sebaiknya bunda mengkonsumsi probiotik, menu makan yang seimbang, serta olahraga yang teratur sejak trimester awal kehamilan. Hal ini dilakukan supaya mencegah terjadinya peningkatan berat badan yang berlebih pada saat masa kehamilan dan pasca melahirkan.


Makanan Baik Untuk Ibu Hamil

Di samping itu, selain beberapa tips di atas, ada juga salah satu tips lainnya adalah dengan menjaga makanan. Berikut beberapa makanan yang bagus untuk perkembangan janin.

1. Brokoli
Berdasarkan dari hasil penelitian, brokoli memiliki kandungan asam folat yang bagus untuk perkembangan janin. Selain itu, kandugan zat besi pada brokoli juga berfungsi untuk memelihara kesehatan tulang pada ibu hamil dan bayi dalam janin.

2. Telur
Selain brokoli, telur juga merupakan salah satu jenis makanan yang bagus untuk pertumbuhan janin. 3. Ikan Salmon
Jenis makanan berikutnya yang bagus untuk pertumbuhan janin, yakni ikan salmon. Ya, hal ini dikarenakan ikan salmon mengandung asam lemak dan omega 3.

4. Buah Berries
Buah berries ini kaya akan kandungan vitamin C yang berperan untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh pada ibu hamil dan janinnya.

5 comments

  1. Ternyata buah berry juga sangat bermanfaat ya untuk ibu hamil, baru tau saya. Jadi langsung pengen beli nih biar anak yang ada di kandungan saya sehat hehe.

    ReplyDelete
  2. Wah sepertinya saya harus rajin-rajin olahraga dan menjaga asupan makanan yang seimbang nih ya, biar badan saya gak gendut hihi

    ReplyDelete
  3. Wah sangat bermanfaat sekali nih mbak informasinya, semoga dengan ini kandungan bumil semakin sehat ya mbak :)

    ReplyDelete
  4. Begitu oenting sekali ya memperhatikn asam float yang di konsumsi ibu hamil.

    ReplyDelete
  5. Wah kalau telur faforit saya banget nih mbak, walau saya tau mengkonsumsinya secara berlebihan juga tidak baik hehe :D

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^