Bingung Cari Kerja? Coba Cari di 5 Situs ini


Siapa nih yang baru saja lulus kuliah? Biasanya hal yang dipikirkan adalah mau mencari pekerjaan yang bagus dengan gaji yang memadai. Tapi ternyata mendapatkan pekerjaan yang pas tidak semudah yang kita bayangkan loh.


Banyak hal yang perlu dipersiapkan agar bisa diterima di tempat kerja idamanmu. Di masa ini memang keteguhan hati sedang di uji, jika tidak kuat banyak loh yang akhirnya frustasi dan hilang rasa percaya dirinya. Siapa sih yang nggak galau jika tak kunjung lulus di ujian psikotest atau hanya sampai di bagian interview. Masa iya tidak ada satu perusahaan pun yang menerima kita?

Ternyata selain membuat CV yang bagus, kita harus punya jejaring dan channel yang banyak agar mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Intinya sih harus rajin cari info lowongan kerja, mana perusahaan yang buka lowongan. Bisa Tanya ke kerabat, lihat berita di Koran, atau datangi langsung perusahaan yang dituju. Tapi semua itu menguras waktu dan dana, belum tentu juga akan diterima.

Nah,  karena zaman sudah canggih kita bisa mencari pekerjaan lewat internet. Nanti akan muncul daftar perusahaan yang buka lowongan. Jika kamu ada yang berstatus freshgraduate atau bahkan yang sedang menganggur dan butuh pekerjaan, berikut ini adalah lima situs yang dapat kamu gunakan untuk memperoleh lowongan kerja terbaru.

JobsDb

Situs  JobsDB berdiri pada tahun 1998 ini ternyata sudah digunakan di negara Indonesia, China, Malaysia, Hongkong, Singapura, Thailand dan Filipina. Saat membuka situsnya kita bisa mencari beragam pilihan pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang diinginkan. Situs ini bahkan termasuk dalam situs favorit untuk para pencari lowongan pekerjaan di Asia. Menariknya, terdapat kategori lowongan yang diperbaharui setiap minggunya.

Karir.com

Bila aplikasi lain umumnya berasal dari luar negeri, maka Karir.com adalah asli buatan dalam negeri yang diklaim sebagai platform penyedia lowongan kerja pertama di Indonesia sejak tahun 1999. Karir.com didirikan oleh PT Karir Komunika Pratamadi, situs ini cukup banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mencari lowongan pekerjaan. Situs karir.com memiliki fasilitas pencarian pekerjaan berdasarkan posisi dan nama perusahaan.

Lokasi kantornya berada di kerja dan tersedia baik versi websitemaupun mobile-nya yang menawarkan banyak lowongan kerja dan kerja sama eksklusif dengan berbagai perusahaan besar dan universitas terkenal.

Kalibbr

Kalibbr Berasal dari Filipina yang termasuk startup pencari kerja yang telah mendapat banyak dukungan dana dari berbagai investor dunia. Kini kita pun bisa menggunakannya untuk mencari kerja di Indonesia. Salah satu kelebihannya adalah fitur “Saved” di mana kita bisa menyimpan informasi tentang sebuah lowongan pekerjaan dengan mudah dan bisa dilihat lagi sewaktu-waktu. Jadi akan memudahkan kita jika ada pekerjaan yang tidak sesuai tinggal menggeser layar ke kiri untuk menghapusnya dari daftar. Waktu mencari kerja bisa dilakukan dalam waktu singkat. Kita bisa mencari perusahaan yang memiliki ikon petir yang artinya perusahaan itu dinilai responsif dan cepat dalam menanggapi para pelamar.

Glints

Glints merupakan situs yang menyediakan info lowongan pekerjaan untuk semua bidang. Dua keistimewaan situs ini adalah akan mendapat kabar dari HRD dalam waktu 14 hari dan status lamaran kamu bisa dilacak. Kita bisa membuktikannya langsung loh.Banyak perusahaan-perusahaan start-up yang memasang lowongan kerja di situs ini.  Jadi kalo kita  yang tidak mencari loker tapi mau internship, situs ini juga menyediakan informasi untuk internship di berbagai perusahaan

Jobstreet


Salah satu situs yang sudah popular dan paling terpercaya di masyarakat adalah jobstreet.co.id, situs yang merupakan bagian dari jobstreet. Berawal dari portal pencari kerja yang muncul sejak tahun 1997, JobStreet yang berasal dari Malaysia kini dikenal sebagai salah satu platform rekrutmen terbesar di kawasan Asia Pasifik.  Kita bisa mencari berbagai jenis lowongan pekerjaan dengan macam-macam kategori. Seperti lokasi, tingkat jabatan, spesialiasasi atau nama perusahaan.

Begitupun untuk versi aplikasi mobile-nya, dengan lebih dari 230 ribu lowongan pekerjaan yang tersedia, JobStreet termasuk aplikasi yang paling banyak dipakai di antara para pencari kerja yang tak hanya menyediakan lowongan dari dalam negeri saja, tapi juga negara-negara sekitar seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Filipina dari banyak perusahaan berkualitas. Dengan fitur mobile notification, JobStreet akan mengirim notifikasi lowongan kerja terbaru melalui email dan kamu pun bisa langsung mengirim lamaran melalui smartphone.

Pada November 2014,  Jobstreet telah menjadi bagian dari Bursa Efek Australia dan terdaftar sebagai SEEK Limited – perusahaan penyedia informasi lowongan pekerjaan terbesar didunia dengan kapitalisasi pasar. Sebagai bagian dari keluarga SEEK, Jobstreet menggunakan produk kelas dunia untuk mempertemukan para pencari kerja dengan perusahaan terkemuka diseluruh wilayah.

Berikut beberapa keunggulan Jobstreet dibandingkan situs info lowongan pekerjaan lainnya
Pembuatan dan pembaruan profil online yang mudah
Aplikasi online instan untuk kesempatan kerja lokal dan di seluruh dunia
Info lowongan pekerjaan LiNa yang dikirimkan ke email pribadi a
Dapat mengetahui lamaran pekerjaan dan status lamaran pekerjaan yang kita kirimkan
Akses ke laporan gaji, tips-tips tentang karir dan banyak lagi!


Cara Mudah Mendapatkan Pekerjaan di Jobstreet

Banyak perusahaan berkualitas yang bisa kita temukan. Cara menggunakannya pun sangat mudah.
1. Buka situs www.jobstreet.co.id lalu Pilih tombol “Daftar Gratis”. Masukkan nama depan, nama belakang, alamat email dan kata sandi.Masukkan beberapa informasi dasar tentang diri kemudian pilih tombol “Tunjukkan info lowongan pekerjaan saya. Setelahnya kita akan mendapatkan verifikasi email.

2. Buka email dan klik link validasi dari jobstreet
3. Untuk menemukan pekerjaan sesuai sempurnakan Profil LiNa kita dengan menyesuaikan kriteria yang ada seperti lokasi kerja, spesialisasi (bidang) pekerjaan, pengalaman kerja, bidang studi, penuh waktu / paruh waktu dan sebagainya. Kita dapat membuat hingga 3 Profil LiNa dengan kriteria kecocokan pekerjaan yang berbeda. Caranya
Masuk ke dalam akun JobStreet.com
Pilih ‘Beranda’.
Di bawah ‘Lowongan yang sesuai LiNa’, pilih Profil Lina yang ingin kita sempurnakan.
Klik pada ‘pilihan’.
Pilih kriteria pilihan.
Klik ‘Simpan & lihat lowongan yang sesuai’.

4. Buat profil  di menu MyJobStreet.Tipsnya buatlah Resume yang sederhana dan singkat.  Halaman pertama dari resume kita harus menarik perhatian dan menyoroti apa yang di tawarkan dengan segera. Bukan hanya deskripsi pekerjaan, tetapi apa yang telah kita capai.Cari Pekerjaan menggunakan menu “Cari Lowongan”

5. Jika sudah menemukan yang sesuai maka lamarlah pekerjaan. Profil JobStreet dan Resume Diunggah (jika ada) akan langsung terkirim ke perusahaan. Perusahaan akan menghubungi secara langsung jika kita terpilih untuk wawancara. Persiapkan untuk menerima panggilan telepon, email dan permintaan wawancara dari perusahaan. Sebelum kita melamar, pastikan bahwa Profil telah lengkap dan siap untuk melamar pekerjaan.

6. Periksa status lamaran di menu myjobstreet - “Lamaran Saya” dan pilih “Aplikasi Lamaran Online”

7. Permintaan wawancara melalui JobStreet Interview Scheduler. Kita akan menerima email (atau SMS) dan rincian wawancaranya akan terlihat di dalam akun JobStreet.com. Catat tanggal wawancara, waktu, lokasi dan informasi kontak untuk referensi kedepannya.

Nah untuk memudahkan kita bisa mengunduh aplikasi mobile JobStreet.com pada ponsel yang memeliki fitur penting seperti Informasi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan masing-masing orang dikirim ke ponsel setiap hari dan memiliki akses lowongan pekerjaan yang kita simpan dan lamar setiap saat. Ayo dicoba, siapa tahu kita akan mendapat pekerjaan yang sesuai.

23 comments

  1. Eh tadi di awal, masak saya bacanya "situs pencari jodoh" wkwkwk. Ternyata pencari pekerjaan toh.
    Sekarang makin banyak situs pencari pekerjaan terpercaya. Salah satunya Jobstreet.

    ReplyDelete
  2. moga semua ini bisa jadi solusi buat para teman yang mau mencari kerja yaah dan semoga cocok

    ReplyDelete
  3. Kalo ada aplikasi kayak gini, para pelamar pekerjaan jadi bisa juga mencari peluang kerja yangsesuai dengan pendidikan atau yang diinginkan

    ReplyDelete
  4. Jadi mudah ya cari kerja dan dengan online kayak gini, peluang juga jadi banyak dan bisa diakses dimana saja dengan mudah

    ReplyDelete
  5. Amankah ini mbak ? Saya mau coba deh

    ReplyDelete
  6. Adik ipar aku dapat kerjaan di Jakarta setelah daftar melalui jobstreet ini loh.

    ReplyDelete
  7. Siiipp!
    Ini situs2 yang emang jadi andalanjob seekers ya Mak

    ReplyDelete
  8. Situs JobStreet banyak digunakan kaum milenial untuk mencari informasi pekerjaan.. Saudara saya pakai ini juga soalnya..

    ReplyDelete
  9. Ini informasinya berguna banget buat para jobseekers, bagus banget nih rekomendasinya

    ReplyDelete
  10. Sangat bermanfaat mbak, hehe.
    Tapi kalau fira selesain dulu pendidikan sekarang yak hehe

    ReplyDelete
  11. para jobseeker harus bisa memanfaatkan situs jibstreet nih..agar menemukan lowongan yang sesuai

    ReplyDelete
  12. Aku follow akun ig nya kalo yg glints mbak. Postingan jga nggak jauh dri dunia kerja. Bagus.

    ReplyDelete
  13. Boleh juga nih bberapa situsnya mbk, soalnya banyak teman yang nanya2 kerja. bs jadi referensi

    ReplyDelete
  14. Wah perlu ya dishare biar makin mudah nyari pekerjaan yang.

    ReplyDelete
  15. Wah, pas banget ini untuk para pencari kerja. Mau share ke teman-teman yang membutuhkan ahh :)

    ReplyDelete
  16. Recomended sekali buat aku ni mbak yang lagi bingung nyari kerjaa heuheuu

    ReplyDelete
  17. Nanti mau coba daftar, siapa tau ada kerjaan yang cocok

    ReplyDelete
  18. Sekarang apa2 dimudahkan ya, termasuk mencari pekerjaan. Semoga infonya memberi manfaat ya.

    ReplyDelete
  19. Aku smapai skrng masih berlangganan newsletter bbrp web itu mbak.
    Yaaa walaupun nyadar diri kyknya batasan umurnya menyedihkan buatku haha. Tapi siapa tahu kan ada yg masih butuh xixixi :D

    ReplyDelete
  20. aku salah satu yang pernah dipanggil interview dari situs jobstreet ini, hihi ^^

    ReplyDelete
  21. Wah, keren ya ada aplikasi online. Zaman sekarang memang banyak kemudahan ya

    ReplyDelete
  22. Boleh nihhh dicoba...siapa tau dpt kerjaan yg pas

    ReplyDelete
  23. Boleh dicoba nihh...siapa tau dapat kerjaan yang pas...👍👍

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^