Kaya Manfaat, Makan Ikan Yuk!


Siapa yang doyan makan ikan? Saya banget tuh. Sejak kecil saya dan keluarga sudah terbiasa mengkonsumsi ikan laut karena almarhum bak uo adalah seorang Nelayan. Setiap habis melaut saya selalu kebagian jatah ikan segar yang enak banget walau hanya dipanggang dengan garam.

Di Indonesia sendiri banyak sekali jenis ikan yang bisa dikonsumsi. Baik itu ikan laut maupun ikan tawar. Untuk ikan laut yang bisa dimakan diantaranya kakap, cakalang, tuna, baronang, tenggiri. Ikan air tawar juga banyak di jual di pasar antara lain ikan mas, ikan nila, patin, mujair, gurame dan lele.


Hampir sebagian besar wilayah Indonesia dikelilingi lautan, sekitar 15 ton ikan dihasilkan. Sayangnya hasil laut yang melimpah tidak seimbang dengan jumlah ikan yang dimakan. Karena itu Kementerian Kelautan dan Perikanan mengeluarkan "Gerakan Memasyarakatkan MAkan Ikan atau GEMARIKAN". Gerakan ini mengajak semua masyarakat untuk gemar makan ikan. Soalnya kalau dibandingkan dengan negara lain, jumlah konsumsi ikan di Indonesia masih sangat sedikit. Padahal ikan itu makanan yang banyak manfaatnya.



Apa saja Manfaat Ikan?

  • Salah satu zat gizi pada ikan yang bermanfaat bagi tubuh adalah protein. Protein dapat membantu pertumbuhan tubuh.
  • Protein ikan juga dapat mengatasi masalah pencernaan. Itu karena protein dalam ikan berbeda dengan protein yang terdapat pada daging sapi, kambing dan ayam. Protein ikan lebih mudah dicerna di dalam usus.
  • Ikan juga mengandung zat omega 3 dan Taurine. Zat ini sangat bagus untuk kesehatan otak. Zat ini bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan sel otak. Bahkan jika kita teratur makan ikan, dapat meningkatkan daya ingat kita.
  • Rajin makan ikan juga dapat menyehatkan penglihatan kita. Itu karena gizi dalam ikan dapat melawan penyakit seperti glaukoma, sindrom mata kering dan makula
  • Ikan juga mengandung mineral kalsium dan fosfor yang jumlahnya hampir setara dengan segelas susu
  • Selain bergizi ikan juga mempunyai rasa yang lezat

Yuk gemar makan ikan dengan mengolahnya menjadi aneka makanan yang lezat!

No comments

Silahkan Berkomentar ^_^