Matoa, Buah Unik dari Timur Indonesia

Pernah nggak kalian mencicipi buah matoa? Katanya buah ini punya rasa yang unik karena bercampur aduk. Ada yang bilang seperti rasa durian, nangka, kelengkeng dan cempedak. Bikin penasaran ya!


Buah matoa punya nama latin Pometia Pinnata. Daging buah matoa mirip daging buah rambutan. Kulit luarnya mirip buah manggis karena sedikit keras. Nah, rasa buah matoa ini unik loh, punya banyak rasa. Sementara aromanya mirip buah nangka. Jadi bingung deh hehee..

Buah matoa adalah buah khas tanah papua. Hampir seluruh penduduk di daratan rendah Papua menanam pohon matoa. Di Papua sendiri terdapat dua jenis matoa yang terkenal yaitu matoa kelapa dan matoa papeda. Matoa kelapa biasanya berwarna hijau. Daging buahnya kenyal dan kering. Sedangkan matoa papeda berwarna merah keunguan. Daging buahnya lembek dan sedikit lengket.

Buah dari timur Indonesia ini kaya akan vitamin C dan Vitamin E. Vitamin C pada buah matoa berguna sebagai antioksidan dan menjaga daya tahan tubuh. Sementara Vitamin E untuk menjaga kelembapan kulit.

No comments

Silahkan Berkomentar ^_^