Merencanakan Liburan Idul Fitri Bersama Keluarga


Sebulan ini saya dan suami begitu disibukkan dengan pindahan rumah. Bukan hanya sebatas memindahkan barang, tetapi juga harus memperbaiki beberapa hal yang kurang di tempat tinggal yang baru. Saya juga hampir sakit karena kecapean mengingat semua yang dikerjakan serba manual. Dalam kondisi seperti ini saya terus kepikiran pengen banget segera liburan ke tempat yang tenang dan sejuk. Sebelumnya sih sudah ngobrol dengan suami tentang rencana kita untuk pulang kampung di Padang jika ada waktu liburan yang cukup panjang. Soalnya rada susah nih cari jadwal libur suami disela kerjaannya yang cukup padat.


Lalu saya iseng ngecek libur nasional untuk tahun 2019. Ternyata itu pas Hari Raya Idul Fitri, lumayan panjang libur nasionalnya. Libur nasional Idulfitri tahun 2019 diperkirakan akan jatuh pada tanggal 5 – 6 Juni yang jatuh pada hari Rabu dan Kamis. Biasanya, sebelum dan sesudah Idulfitri terdapat cuti bersama yang berlangsung selama 3 hari. Jadi, cuti bersama Idulfitri 2019 diperkirakan totalnya akan ada delapan hari libur Lebaran Idulfitri di 2019. Nah itu kayakya pas dan cukup banget untuk mengitari sumatera barat deh.Termasuk silaturahmi dengan keluarga di Solok. Kalaupun kurang suami bisa menambah cuti mengingat perkuliahan biasanya belum aktif pasca lebaran.


Liburan Idul Fitri, Momen Kumpul Bersama Menikmati Tradisi


Liburan saat idul fitri juga bisa jadi momen yang pas banget untuk menyaksikan atraksi lokal yang biasanya disajikan saat pulang kampung. Saya sering dengar cerita suami kalau masyarakat di kampungnya yang merantau biasa melakukan tradisi “pulang basamo” jadi seperti janjian untuk pulang bersama saat idul fitri. Bukan hanya melepas kangen saat dipertemukan di tanah kelahiran, banyak pula acara khas seperti pertunjukan musik dan tarian tradisonal Sumatera barat. Tari piring, musik randai hingga pertujukan pencak silat akan mengobati kerinduan. Selain itu juga saya menantikan saat arak obor keliling menjelang idul fitri dan aneka makanan khas seperti rendang, lontong gulai, ketupek ketan, hinga aneka kue kering juga basah.

rendang padang yang selalu ada saat lebaran

Dulu saya pernah liburan ke padang menggunakan mobil. Tapi rencana liburan kami gagal total karena Ubay kecapean di jalan. Ia terkena diare dan muntah-muntah masuk angin. Jangankan mengunjungi goa japang atau jam gadang, keluar penginapan saja tidak bisa. Saya berharap liburan yang kami rencanakan tahun depan tidak berulang seperti itu lagi. Saya sudah wanti-wanti kalau perjalanan menuju padang harus nyaman agar anak-anak bisa tetap sehat saat liburan nantinya. Nah, untuk itu memang transportasi yang digunakan enaknya dengan pesawat.

Untuk penginapan awalnya mungkin kami akan menginap di kampung suami di solok, namun setelah cukup berkunjung dengan keluarga disana memang baiknya menyewa hotel dekat pusat kota agar akses ke tempat wisata semakin mudah. Maklumlah kampung halaman kami jauh sekali naik ke atas bukit hehe. Ke kota solok nya saja memakan waktu 2 jam loh.

Menghemat Budget Liburan dengan Pesan Paket Tiket + Hotel


Untuk pemesanan tiket pesawat saya iseng mencoba cek harga tiket dan hotel di berbagai situs. Tapi malah jadi bingung karena dana yang dibutuhkan tidak sedikit. Saya juga agak kesulitan menemukan hotel yang pas dengan rencana liburan kami. Terus saya membuka situs Traveloka, wow ternyata di Traveloka memiliki produk pesawat dan hotel sebagai 1 paket wisata murah.

Lalu saya coba-coba untuk booking produk pesawat+hotel ini untuk tujuan padang. Ya ampun, kok ya baru terpikir kenapa nggak mesan disini aja. Ternyata kalau “pesan paket pesawat+hotel” secara bersamaan lebih hemat dibanding pesan terpisah, hematnya bisa sampai 20% tanpa kode promo apapun. Lumayan banget untuk menghemat biaya liburan, bisa untuk beli oleh-oleh saudara dan nikmati kelezatan kuliner di padang nantinya.

Hal ini sebenarnya sudah pernah disampaikan adek saya yang pernah booking paket pesawat dan hotel saat mereka liburan ke bali. Dapat hotel berbintang yang harganya jadi murah banget karena pesan di Traveloka. O ya produk paket tiket+hotel ini mudah digunakan dan sekarang tidak perlu lagi memesan tiket & hotel secara terpisah, jadi memang saving time dan ga akan pusing mau nginep dimana nanti.  Pembayarannya pun mudah karena tersedia banyak metode pembayaran mulai dar Transfer & ATM sampai kartu kredit dan PayLater. Semoga aja nanti ada rejeki dan kesempatan untuk segera pesan tiket pesawat dan hotel untuk liburan ke padang. Walau belun sekarang, nanti akan sering ngecek untuk dapat harga terbaik.

Oya kalau teman-teman punya rencana liburan, sebaiknya cek tanggalan untuk mengetahui hari libur nasional. Jika tidak punya tempat menginap boleh dicoba produk paket pesawat+hotel di traveloka yang mudah, hemat, dan saving time dengan melihat di website Traveloka. Lumayan banget untuk memangkas biaya liburan dan bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Semoga rencana liburan kita dimudahkan ya !

23 comments

  1. Oh bisa ya pesan paket tiket pesawat n hotel..JD praktis..

    ReplyDelete
  2. Meski idul fitri masih lama tapi emang mengatur jadwal liburannya sebaiknya dipersiapkan jauh-jauh hari ya, mbak. Biar pas hari H tinggal capcus. Apalagi pas lebaran kan mesti semua moda transportasi n hotel rame banget. Traveloka ini juga andalan saya banget hehe.

    ReplyDelete
  3. transportasi dan penginapan emang jadi tolok ukur keberhasilan liburan *halah* semoga liburan nanti ubay sehat2 aamiin

    ReplyDelete
  4. Idul fitri masih lama ya ternyata, jadi pengen segera pulang kampung juga nih mbak.
    Eh aku juga selalu pakek Traveloka loh setiap liburan ke luar kota, prosesnya mudah, cepet dan hemat kantong juga pastinya.

    ReplyDelete
  5. Duh saya jadi ngiler pengen makan rendang padang plus lontong sayur lebaran.

    ReplyDelete
  6. Wah mba perencanaannya keren sekali sudah merencanakan liburan idul fitri tahun depan. Patut dicontoh biar ga grasak grusuk ya mba.

    ReplyDelete
  7. Aduh, liat tulisan ini sukses bikin ak kangen banget sm suasana idul fitri. Kpn lg bs ngumpul2 keluarga bsr y mba. Enak y skrg segalanya serba praktis. Pesannya lgsg cap cuss..

    ReplyDelete
  8. Masih lama iedul fitrinya Mak. Masih panjang persiapannya. Mudahlah ya, tiket plus penginapan bisa dipesen sekaligus.

    ReplyDelete
  9. Jadi pengen segera Idul Fitri. Aku juga pakai Traveloka untuk pesan tiket pesawat/hotel, lebih praktis dan murah.

    ReplyDelete
  10. Galfok sama rendangnya, mouth watering bangeet.. aku juga sering pakai traveloka buat kemudahan perjalanan, enak gak bingung udah langsung ada semua disitu :)

    ReplyDelete
  11. Asik juga ya...saat hendak berlibur, kita bisa saving time dengan melihat di website Traveloka. Lumayan banget untuk memangkas biaya liburan dan bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

    ReplyDelete
  12. Sebelum memutuskan liburan memang harus cek tanggal dan lainnya seperti penginapan. Aku suka carinya di traveloka karena suka ada diskonan. #pengabdiDsikon

    ReplyDelete
  13. Eh bener mba, pesen paketan itu selain lebih murah juga jadi mudah ya. Kita mah emak2 maunya yang simple aja karena untuk liburan keluarga masih banyak lagi yang harus di siapkan selain tiket dan hotel

    ReplyDelete
  14. Wuih, Idul Fitri masih lama tapi sudah direncanain. Perencanaan itu memag penting sekali ya, Mbak..

    ReplyDelete
  15. Emang kalau pakai traveloka yang pesan paket tiket pesawat dan hotel jatuhnya bisa lbh murah ya mbak :D
    Duh jd pengen deh makan rendang asli Padang :D

    ReplyDelete
  16. Paylater itu bayar nanti kalau ada uang nya gitu ya mba? Ada batasan maximalnya bayar nya kah mba?

    ReplyDelete
  17. Liburan Idul Fitri saya ke Makassar 2019 nanti. Semoga dimudahkan Allah dengan rezeki.

    ReplyDelete
  18. Ini booked tiket untuk tahun depan kah?
    Sudah ada dari sekarang?

    Hebaattt...
    MashaAllah~

    ReplyDelete
  19. Idul fitri masih tahun depan berburu tiket dan hotel dr sekarang ya. Hahahahaha. Semoga sukses ya liburannya

    ReplyDelete
  20. Pas banget baca ini aku jadi ingat mulai prepare cari tiket mudik buat lebaran tahun depan..aroma happy udah berasa dengar kata lebaran :)

    ReplyDelete
  21. Iya ih kaaan sebentar aja lagi ternyata udah libur puasa dan idul fitri. Walaupun masih 2019 akan nggak terasa. Harusnya sudah prepare tiket dari sekarang. Thanks sudah mengingatkan.

    ReplyDelete
  22. Suka iri sama yang suka mudik karena aku gak pernah mudik, keluarga semua di Jakarta. Jadi mudiknya suka diganti sebagai liburan deh

    ReplyDelete
  23. Asik niihh libur lebaran tahun depannya panjang. Rencanain kemana yaaa?? Krn thn depan jatahnya lebaran di jakarta harusnya.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^