Nasi Tumpeng untuk Berbagai Acara

nasi tumpeng jakarta pusat

Siapa sih yang tidak kenal dengan nasi tumpeng. Makanan tradisonal yang banyak digemari masyarakat Indonesia ini tidak pernah kehilangan penggemar walaupun sudah banyak makanan modern. Nasi tumpeng merupakan penyajian nasi beserta lauk pauknya dalam bentuk seperti kerucut. Nasi yang dibuat biasanya berupa nasi kuning, kadang juga ada yang menggunakan nasi putih biasa ata nasi uduk.

Tumpeng biasanya disajikan di atas tampah (wadah bundar tradisonal dari anyaman bambu) dan dialasi daun pisang. Lauk pauk yang melengkapinya pun beragam dengan 7 macam lauk pauk seperti perkedel, abon, kedelai goreng, telur dadar/telur goreng, telur rebus, timun  yang dipotong melintang dan daun selederi. Ada pula yang memvariasikan dengan tempe kering, serundeng, urap kacang panjang, ayam bakar, lele goreng dan sebagainya.


Tumpeng sering dijadikan hidangan dalam suatu perayaan yang memiliki makna ucapan syukur ataupun kebahagiaan. Umumnya proses pemotongan ujung kerucut nasi tumpeng diawali dengan menguraikan terlebih dahulu makna perayaan pemotongan tumpeng, berdoa ucapan syukur lalu dipotong dan diserahkan kepada yang dihormati.  

Rasa nasi tumpeng jangan ditanya, nikmat dan mengenyangkan. Siapapun pasti suka. Namun, untuk membuat nasi tumpeng tidaklah mudah dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahan dan dana yang digunakan pun tidak sedikit. Perlu keahlian agar bisa membuat nasi tumpeng dengan rasa yang pas dan khas. Apalagi membuat nasi tumpeng ukuran besar, pasti perlu ekstra tenaga dan waktu untuk menyelesaikannya.

Saya pernah mencoba membuat nasi tumpeng bersama guru di sekolah, wah susah sekali loh. Ternyata perlu adanya pengalman dan juga keahlian terlebih untuk membuat nasi tumpeng dengan porsi yang cukup banyak.

Nah jika teman-teman membutuhkan nasi tumpeng namun tidak bisa membuatnya atau tidak mau kerepotan membuatnya, tidak perlu khawatir karena sekarang cukup mudah menemukan jasa catering Nasi Tumpeng Jakarta Pusat yang menyediakan aneka kreasi nasi tumpeng. Nasi Tumpeng ini bisa digunakan untuk berbagai acara seperti ulang tahun, pernikahan, kelahiran bayi bahkan untuk hidangan saat rapat di kantor. Memesan di Nasi Tumpeng Jakarta Pusat akan memudahkan pembeli karena layanan delivery dan bisa memilik lauk pauknya sendiri. Yuk Pesan sekarang!


1 comment

Silahkan Berkomentar ^_^