Pengalaman Ngeblog dan Tips Ngeblog Asyik


Masih ingat nggak sih pengalaman kalian saat pertama kali ngeblog? Siapa yang mengajarkan dan kenapa kalian tertarik dengan dunia blogging?

Kalau saya masih ingat banget. Sekitar 10 tahun yang lalu saat menjadi mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Bengkulu.  Secara tak sengaja saya melihat sebuah pengumuman lomba blog yang diadakan Fakultas Agama Islam dalam rangka menyambut bulan Muharam. Peserta diminta menulis sebuah artikel dan cerpen yang dipublish dalam sebuah blog.

Saya yang memang suka menulis fiksi langsung bersemangat. Tapi dalam hati bingung, ini blog apaan ya? Karena nggak mau menyerah begitu saja, saya pun menemui beberapa kenalan di fakultas teknik. Namun saya kecewa karena mereka pun tak mengerti membuat blog. Jalan satu-satunya adalah searching di google. Satu per satu saya ikuti step yang tertera dan segera mempublish tulisan.

Duh, blog saya saat itu aneh banget dengan warna ungu terang. Banyak animasi yang memenuhi tampilan. Saya pikir saat itu lucu, barulah sekarang saya sadari blog model begitu bikin sakit mata. Hehe… Alhamdulillah saat itu saya menang juara 1.
Nah sejak saatitu saya mulai mencoba untuk memperdalam blog dari berbagai platform. Mulai dari blogspot, multiply, wordpress, hingga blogdetik.

Awalnya sih menulis di blog hanya sebagai hobi, menyalurkan ide yang bertumpuk dalam sebuah tulisan. Jika biasanya menulis di diari hanya untuk diri sendiri. Menulis di blog lebih seru karena bisa dibaca dan dikomentari oleh orang lain. Semua saya tulis di blog dan kebanyakan adalah puisi dan fiksi. Saya pun suka ikut giveaway dan berburu hadiah. Memang sih hadiahnya tidak seberapa seperti buku, baju, sepatu, kacamata, dll tapi saat menang itu jadi semangat tersendiri untuk semakin rajin menulis.

Gaya Menulis Mulai Berubah

Gaya menulis saya mulai berubah sejak menjadi istri dan ibu. Biasanya suka menulis fiksi galau di blog, kini lebih suka menulis artikel terutama soal parenting, blogging juga fashion dan kesehatan. Sebagai ibu rumah tangga, blog menjadi momen me time setelah sibuk dengan urusan rumah. Dengan ngeblog saya merasa tidak sendiri, punya banyak bacaan yang menambah wawasan, dan membuat otak terus aktif karena membaca dan menulis.

Sejak menikah juga saya mulai memberanikan diri untuk berkompetisi di lomba nasional yang lebih besar. Salah satu yang paling saya kenang dalam perjalanan ngeblog adalah mendapatkan Iphone 5 dalam lomba blog Kompasiana dan Halal MUI saat mengandung anak pertama. Iphone nya saya jual loh untuk biaya lahiran hehe…

Kini, blog bukan hanya sekedar hobi bagi saya. Blog telah memberi banyak hal diantaranya penghasilan yang lumayan walaupun orang-orang mengenal saya sebagai ibu rumah tangga. Saya bisa membantu perekonomian keluarga sembari tetap mengasuh anak-anak di rumah. Hal ini pulalah yang mengantarkan saya saat mendapatkan penghargaan Kartini Digital yang diadakan Telkomsel di Medan tahun 2017.



Tips Ngeblog Asyik

Nah saya juga mau berbagi tips ngeblog asyik untuk teman-teman yang ingin memulai ngeblog.

Buat Blog di Platform yang Cocok untukmu

Ada banyak platform blog yang bisa dicoba dan gratis. Blogspot, wordpress, kompasiana dll. Nah bagus lagi jika langsung mendaftarkan domain blog di Niagahoster atau bisa membeli Web Hosting ulimited jika memilih platform wordpress agar lebih semangat ngeblognya. Peforma blog jadi lebih bagus dan bisa membranding diri sejak awal ngeblog.

Tulis Apa yang Kalian Suka

Saya sering banget membaca tulisan blogger hebat dan itu enak banget dibaca. Ternyata mereka menulis sesuai yang mereka suka. Nah jadi pilihlah niche yang paling kalian suka atau hobi kalian, biasanya menulis akan lebih mudah dan santai.

Share Tulisan di Sosial Media

Selain ingin menuangkan ide lewat tulisan, pastinya kalian suka dong jika tulisan dibaca banyak orang? Nah salah satu cara agar tulisan bisa mendapatkan view yang tinggi adalah dengan membagikan tulisan di media social yang kalian punya. Selain itu, ini juga cara untuk berbagi manfaat dan kebaikan melalui tulisan. Siapa tahu banyak orang yang terbantu dengan membaca tulisan kita.

Ikut Komunitas Blog


Blog juga membawa saya mengenali banyak orang hebat. Di Bengkulu sendiri saya bersyukur bisa tergabung dalam Komunitas Blogger Bengkulu yang kini menjadi teman-teman untuk saling menyemangati untuk terus ngeblog. Setiap bulannya akan ada kegiatan offline, biasanya sharing ilmu dari pemateri. Kegiatan online pun terus dilakukan melalui grup facebook dan whatsapp agar yang baru bergabung di komunitas ikut merasakan asyiknya ngeblog. Senang itu ketika melihat teman-teman lain ikut semangat ngeblog, biar suksesnya sama-sama.

Nah, kalian juga bisa ikut komunitas untuk sama-sama belajar. Jangan pernah puas akan pencapaian diri, karena di luaran sana banyak banget blogger hebat. Terus belajar dan membaca dan berbagi. Semoga ngeblognya berkah!



2 comments

  1. Iya benar sekali, banyak banget manfaat yang didapat saat ngeblog. Apalagi emak emak hahah.. jadi makin ada wadah gosip wkwk. btw sudah berapa tau ngeblog bak?

    ReplyDelete
  2. ikut komunitas bikin ngeblog rame :)

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^