Kenalan Dengan Tipe Gorden Roller Blinds



Semua orang pasti menginginkan rumah yang bagus dan nyaman. Salah satunya adalah dengan menerapkan desain cantik dan minimalis seperti cat rumah, penataan ruang tamu hingga pemilihan gorden.Selain untuk menutupi jendela maupun pintu, gorden juga merupakan penghias rumah. Gorden sendiri ada banyak sekali jenisnya dan berikut beberapa jenis gorden yang sedang ngetren saat ini.

Gorden Jendela Tipe Pleated

Pleat setidaknya terdiri dari box pleated, tailored pleat, goblet pleat, dan pinch pleated, Semuanya dibedakan oleh bentuk pada bagian atas gorden jendela. Box pleated misalnya, memiliki lipatan berbentuk kotak. Tailored pleat adalah gorden jendela yang tiap tiga lipatan dijahit ujung atasnya sehingga mengerucut. Sedangkan goblet pleat, mengikat tiga lipatan dan dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai bentuk piala.

Pinch pleated sendiri dianggap yang paling dekoratif dan bisa terdiri dari tiga, empat hingga lima lipatan namun bentuknya tetap seimbang. Hanya saja, lebih banyak lipatan berarti semakin tebal dan membutuhkan lebih banyak kain.

Gorden Jendela Tipe EyeLet


Jika kita menemukan gorden jendela yang pada bagian atasnya terdapat ring-ring besi sebagai tempat menggantung pada batang jendela, maka itu adalah gorden jendela tipe eyelet. Gorden jendela tipe ini biasanya terbuat dari kain gorden atau tirai yang ringan atau tidak terlalu berat.

Selain itu, gorden jendela tipe eyelet mudah digeser karena gerakan ring pada batang jendela tidak terhambat, maka eyelet cocok dipasang pada kamar tidur anak. Gorden jendela tipe eyelet dengan bahan yang lebih berat cocok untuk kamar tidur bergaya modern atau ruang keluarga. Desainnya yang simpel membuat eyelet tidak ketinggalan zaman.

Gorden Jendela Tipe Blinds

Blinds sendiri di Indonesia lebih dikenal dengan nama kerai, seringkali kita melihatnya pada ruang-ruang kantor, namun bukan berarti blinds tidak cocok digunakan pada jendela rumah. Biasanya gorden jendela tipe blinds terbuat dari bahan yang cukup keras seperti kanvas. Blinds sendiri terdiri dari beberapa macam yaitu Ada roman blinds, ketika ditarik gorden jendela akan membentuk lipatan-lipatan yang cantik secara horizontal. Kemudian ada vertical dan horizontal blinds, di mana jendela akan membuka dengan mendatarkan bilahnya baik secara vertikal maupun horizontal sesuai namanya
Ada pula roller blinds, di mana gorden jendela menggulung pada batangnya.

Tentang Roller Blinds

Roller blinds merupakan penutup jendela yang bukan berupa lembaran kain yang dibuka dengan cara disingkap seperti gorden pada umumnya. Roller blinds bisa terbuat dari aneka material dan dipasang permanen pada jendela.



Roller blinds ini dibuka dan ditutup dengan cara menarik tali yang dapat menggulung lembaran penutup jendela ini. Tempat jual roller blinds umumnya memiliki banyak pilihan roller blind dari aneka jenis material yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan rumah atau bangunan Anda. Pada awalnya roller blind umum digunakan sebagai penutup jendela di bangunan-bangunan besar seperti kantor ataupun tempat publik lainnya. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, penggunaan roller blind ini juga banyak ditemui di rumah atau kediaman pribadi karena roller blind dirasa lebih praktis dibandingkan gorden konvensional.

Roller blind banyak dipilih khususnya pada bangunan-bangunan kantor karena penutup jendela ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan gorden pada umumnya, diantaranya :

1. Mudah dibersihkan

Berbeda dengan kain gorden yang biasanya dibersihkan dengan cara dicuci menggunakan air, roller blind yang bisa dibuat dari aneka material ini dapat dibersihkan dengan cara disedot menggunakan vacuum cleaner.

2. Dapat dijadikan bagian pemanis interior ruangan

Jenis penutup jendela ini dapat dipesan di berbaga tempat jual roller blind dengan desain yang beragam. Desan ini dapat disesuaikan dengan interior ruangan yang ada sehingga akan terlihat menyatu.

3. Ada berbagai pelakuan khusus yang bisa diterapkan

Pada penggunaan roller blind di bangunan skala besar seperti perkantoran tentu saja kebersihan dari penutup jendela ini mungkin tidak dapat dimonitor semaksimal jika roller blind digunakan di rumah. Oleh sebab itu ada pula beberapa perlakuan yang bisa diberikan agar perawatannya jauh lebih mudah. Beberapa perlakuan tesebut bisa berupa anti-static yang berfungsi supaya debu tidak menempel pada roller blind, scothgard supaya roller blind tidak menyerap cairan apapun yang mengenainya dan fire retardant yang dibuat agar roller blind tidak dapat menghantarkan api.

4. Mengurangi udara panas dari luar
Penggunaan roller blind jenis black out dapat membantu mereduksi hawa panas yang berasal dari luar ruangan. Pada jenis roller blind black out, sengatan matahari dapat direduksi sehingga udara panas tidak terbawa masuk ke dalam ruangan.

Nah kalau kalian suka jenis gorden yang mana?

No comments

Silahkan Berkomentar ^_^