Cek Hari Libur Nasional dan Rencanakan Liburanmu!

“We travel, some of us forever, to seek other places, other lives, other souls.” – Anais Nin

Kepenatan menghadapi rutinitas harian seringkali memicu rasa jenuh dan stress berkepanjangan. Kerjaan di kantor yang numpuk, belum lagi aktifitas harian di rumah pasti bikin capek dan bosan. Nah, disaat seperti inilah kita butuh yang namanya liburan. Mendengar kata “liburan” aja sudah senang ya, apalagi kalau mewujudkannya bersama keluarga atau teman. Atau kalian lebih doyan liburan sendiri?

Oya ngomongin soal liburan, bagi teman-teman yang bekerja pasti nggak mudah menjadwalkan waktu liburan. Libur akhir pekan sabtu-minggu mungkin nggak akan cukup memuaskan kalau mau melancong ke luar daerah dan mengunjungi banyak tempat.


Rencanakan Liburan dengan Cek Hari Libur Nasional

Bersyukur banget kalo bisa nemu Libur Nasional yang banyak sepanjang tahun karena biasanya aka nada cuti bersama. Salah satu hari libur nasional adalah perayaan hari besar keagamaan seperti idul fitri, natal, hari nyepi dll.

Jika teman-teman berniat untuk berlibur di Hari Nyepi  tahun depan, FYI libur nasional Hari Raya Nyepi diperkirakan jatuh pada hari Kamis, 7 Maret. Artinya, ada hari Jumat yang diapit dua hari libur, yaitu Kamis dan Sabtu. Jika bekerja selama lima hari dalam satu minggu, Kita memiliki kesempatan libur panjang pada Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Ada banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi, termasuk Bali.

Walaupun banyak wisatawan yang menghindari liburan di Bali saat Hari Nyepi, namun asal tidak melakukan hal yang di larang dan menghormati perayaan agama di Bali kita tetap bisa menikmati wisata dan liburan di Bali.

Ogoh-ogoh (Sumber: Shutterstock)

Hari Raya Nyepi memiliki serangkaian pertunjukan budaya sebelum dan sesudah hari H. Beberapa hari sebelum hari H masyarakat Bali membuat patung ogoh-ogoh berukuran super besar. Dua hari sebelum Hari Nyepi, umat Hindu juga melakukan Melasti atau sembahyang di laut serta mengadakan pawai ogoh-ogoh dan atraksi budaya lainnya.

Oya masyarakat di desa adat Kedongan, Badung, juga memiliki tradisi unik. Namanya mebuug-buugan atau perang lumpur sehari setelah hari raya Nyepi. Ratusan warga desa adat, mulai dari anak-anak hingga orang tua melumuri badan dengan lumpur di kawasan hutan bakau di Kedongan. Suasana pun semakin meriah saat warga mulai saling melemparkan lumpur.

tradisi mebuug-buugan (sumber : tribunnews)

Hanya saja saat Puncak Hari Nyepi yang diselenggarakan catur brata penyepian ada empat pantangan yaitu, amati lelungan (tidak bepergian), amati lelanguan (tidak bersenang-senang), amati karya (tidak bekerja), dan amati geni (tidak menyalakan api). Keempat pantangan tersebut berlaku untuk setiap umat Hindu di Bali dan juga para wisatawan. Jadi saat berlibur kesana tentu kita harus mengormati perayaan agama disana. Sebaiknya tetap berada di hotel saat puncak acara, jika melihat upacara adat bepakaianlah dan bertingkah laku yang sopan juga tidak membuat keribuatan.

Perhatikan Pemesanan Tiket Pesawat dan Hotel saat Berlibur di Hari Raya Nyepi

Penting banget nih untuk merencanakan pemesanan tiket pesawat dengan benar. Pastikan kita sudah memesan tiket pesawat dengan keberangkatan sebelum Hari Raya Nyepi, dan tiket pulang usai Nyepi karena  pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai biasanya menginformasikan kepada pihak maskapai dan biro perjalanan untuk menutup semua pembelian tiket. Saat Nyepi pula, bandara, pelabuhan, dan terminal diliburkan.

Supaya rencana liburannya lancar, kita bisa memanfaatkan penawaran paket tiket pesawat dan hotel yang disediakan Traveloka.
promo tiket pesawat+hotel di Traveloka

Dengan paket tersebut, perencanaan liburan akan lebih mudah dan tentunya bujet yang dikeluarkan jauh lebih murah, apalagi sering ada potongan harga dari berbagai promo yang disediakan.

Tadi saya sudah coba-coba pesan paket pesawat+hotel melalui traveloka dan ternyata hemat lebih banyak dan praktis dibandingkan  harus memesan secara terpisah. Nggak tanggung-tanggung, hematnya bisa sampai 20% tanpa kode promo apapun.

pesan paket pesawat+hotel hematnya banyak

Kita pun tidak perlu lagi repot dan menghabiskan waktu searching sana sini dan pesan terpisah, lebih mudah dan saving time. Uang lebihnya bisa untuk keperluan selama liburan atau wisata kuliner nanti di Bali.

Oya untuk metode pembayaran nya ada tersedia banyak metode pembayaran yang mudah digunakan.. Dari Transfer & ATM, sampai Kartu Kredit dan PayLater.

Nah teman-teman sudah merencakan belum mau liburan kemana akhir tahun atau tahun depan? Yuk coba cek tanggalan untuk lihat kapan hari libur nasional dan rencanakan liburan bersama keluarga. Jangan lupa untuk pesan paket tiket pesawat dan hotel di Traveloka yang mudah dan hemat banget. Semoga liburan kalian meyenangkan!

1 comment

  1. Cari tiket dan hotel jadi praktis ya mbak, cukup dengan satu aplikasi.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^