Wonderful Indonesia : Pesona Pantai-Pantai Indah di Kaur

Bumi Rafflesia, begitulah banyak orang menyebut Bengkulu tanah kelahiran saya. Selama ini mungkin banyak yang mengira bahwa Bengkulu bukanlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tapi ternyata diam-diam, Pesisir Sumatera ini dianugrahi keindahan alam yang luar biasa indah terutama pantainya. Nggak hanya itu, kalian yang hobi wisata sejarah pun akan disuguhi banyak tempat wisata bersejarah yang sayang banget untuk dilewatkan.

Oke, dari sekian banyak keindahan Bengkulu saya mau ajak teman-teman untuk melihat Keindahan Pantai dari ujung Bengkulu yaitu Kaur. Kaur adalah salah satu kabupaten di provinsi Bengkulu yang berbatasan dengan provinsi Lampung. Disini suami saya lahir dan tumbuh besar. Kaur dikenal dengan jejeran pantainya yang eksotis, masih bersih dan perawan. Cuaca yang panas saat berkunjung ke Kaur terobati dengan melihat pasir putih dan ombaknya yang jernih. Penasaran apa saja pantai yang ada di Kaur

Pantai Cukoh



Pantai cukoh cukup dekat untuk dikunjungi. Kata suami pantai satu ini kurang terkenal dan biasanya hanya dikunjungi masyarakat lokal karena dulunya akses jalan satu-satunya berupa jembatan sempat rusak. Kalau sekarang sudah diperbaiki, jadi sudah lumayan banyak yang ke pantai ini. Lokasi Pantai ini terletak di desa Pasar Lama, kecamatan Kaur Selatan dan sangat berdekatan. tidak terlalu jauh dari Lapangan Merdeka (masuk gang di samping kantor polisi). Disini pengunjung bisa memancing di laut lepas atau berekreasi bersama teman-teman atau keluarga.


Pantainya masih asri, bersih, dan yang paling saya suka adalah pasir putih dan tumpukan karang dan biota laut yang terdampar di pinggir pantai masih berwarna warni. Konon katanya, jika banyak kerang-kerang warna warni menandakan pantai itu masih belum terjamah tangan-tangan jahil.

Pantai Linau


Pantai Linau ini termasuk yang populer di kalangan masyarakat.Gradasi air lautnya itu loh bikin mata terpana  Saat saya mengunjunginya dulu di pinggiran pantai akan banyak ditemukan pedagang yang menjual makanan khas kaur yang dikenal dengan seafoodnya.



Saya pun mencicipi sate gurita dan lobster dengan harga yang sangat terjangkau. Tempatnya sendiri berada di Kecamatan Majen, sekitar 20 kilometer dari Bintuhan yang merupakan ibukota Kabupaten Kaur. Pantai Linau juga termasuk pelabuhan yang ramai, sehingga banyak terlihat kapal-kapal yang bersandar.
Pantai Laguna

Pantai Laguna


Yang jadi favorit saya adalah pantai laguna. Tapi saran saya sih mengujungi pantai ini saat tidak sedang hari libur, karena kalo hari libur pasti deh akan ada acaraa dan penuh sama penjual yang imbasnya biaya masuk dan parkir bakalan mahal hehe...



Pantai ini punya pasir dengan butiran besar dan putih. Pantai Laguna Samudera terletak di desa Merpas kecamatan Nasal, sekira 30 Km dari kota Bintuhan. Keunikan pantai ini adalah terdapat pagar ombak alamiah sehingga laut di depannya membentuk semacam laguna yang dapat direnangi dengan aman. Pantai ini juga memiliki pasir yang putih dan air yang jernih.

Pantai Sekunyit

Terletak di desa Sekunyit kecamatan Kaur Selatan, pantai ini berjarak sekira 5 Km dari Bintuhan. Memiliki pasir yang indah serta lautnya yang jernih. Disini juga sangap cocok untuk berselancar.


Saat saya mengunjunginya, pantai ini sedang pasang dan terlihat karang-karang besar yang membuatnya tetap indah. Menikmati sunset disana terasa romantis loh.



Pantai Manula


Nah ini yang cukup jauh, terletak di perbatasan kaur dan lampung. Tidak banyak yang mengunjungi pantai ini, mungkin karena jarak tempuh yang sulit dijangkau. tapi ternyata punya pantai yang indah.



Berbeda dengan laguna yang punya pasir putih, tekstur pasir di pantai manula lebih halus dan bewarna gelap menyerupai pasir pantai panjang di kota Bengkulu. Ada tebing-tebing dengan deretan pohon kelapa yang membuat  Pantai Manula tampak seperti pantai di Bali.

Masih ada banyak pantai di Kaur yang jika punya banyak waktu bisa ditelusuri keindahannya.  Nah sekarang percaya kan kalau Bengkulu ternyata punya pesona pantai yang nggak kalah dari daerah lain. Ya setiap daerah termasuk Bengkulu pusa potensi yang tidak boleh kita sia-siakan. Bukan hanya wisata alamnya, namun sejarah dan budayanya. Bangga banget dong ya jadi bagian dari Wonderful Indonesia.



Sebagai bentuk kecintaan dan rasa syukur kita akan anugrah yang sudah diberikan kepada Indonesia, sudah selayaknya kita jaga agar bisa tetap indah hingga anak cucu nanti. Kalian juga bisa sebarkan semangat ini dengan menceritakan ke banyak orang agar semakin banyak yang tahu pesona daerahmu dengan mengikuti Wonderful Indonesia Blog Competition.



Nah, selain sebagai bentuk dukungan untuk Indonesia, kalian juga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah loh. Jangan lupa setelah menulis, sertakan poster dan submit tulisan di  https://goo.gl/forms/RJuGs5pjTXEj5ZpD3. Yuk ceritakan keindahan Indonesia pada semua orang :)

31 comments

  1. rindu sate guritanya deh Ria, enak kemaa-mana, apalagi makannya di pinggir pantai, sadappppppppppppppppp

    ReplyDelete
  2. Indonesia ini memiliki banyak pantai yang indah ya... di propinsi saya saja banyak pantainya yang indah :)

    ReplyDelete
  3. senengnya jalan-jalan mbak ria, memang bumi kita ini sangat luar biasa terutama Indonesia nikmat mana lagi yang kau dustakan

    ReplyDelete
  4. Udangnya menggoda aku mbakkk.. Heheee ..

    Langit nya jga cantik banget itu.. Plus sunsetjya.

    ReplyDelete
  5. Pantai di Bengkulu cantik semuanya, yang Laguna itu bener2 luar biasa cantiiik. Dan kalo di pantai tuh paling enak emang kulineran seafood ya, jadi ngiler lihat foto sate guritanya

    ReplyDelete
  6. Duh Lobsternya bikin ngeces Mbak. Harganya kisaran berapa kalau di sana mbak? Gak semahal di Jawa ya?

    Betewe, pantai2nya wonderful semua. Bikin pengen ke sana.

    ReplyDelete
  7. Lobsternya menggodaaaa. Kaur memiliki banyak pantai yang cantik, ya. Bakalan puas deh main di pantai

    ReplyDelete
  8. Abis mantai makan sate, aduh enake.
    Ajak aku ke pantai Indah di Kaur mba Riaaaaa, apik banget apalagi buat hanimun ini eaaaaa

    ReplyDelete
  9. Duh pantainya cakep semuaaa, terutama itu pantai Linau dengan jajaran batu-batuannya yang unik. Suka!
    Aku juga suka pantai berpasir putih.

    ReplyDelete
  10. selalu suka jkalau libuaran ke pantai, segar..adem...tadi mikir Kaur itu dimana? ternyata di Bengkulu :))

    ReplyDelete
  11. Pantai yv bunfa kenal bru pantai Danur, Kuta, Palagi ya? Pernah ke belitung ktnya pantainya bagus. Indonesia emang kaya dengan pemandangan alamnya.

    ReplyDelete
  12. Negerikita yang tercinta ini memang banyak sekali ya keindahan alamnya, khususnya pantai. Dan pantai manula sepertinya belum terjamah oleh pelancong. Semoga pantai-pantai di Kaur tetap terjaga keasriannya.

    ReplyDelete
  13. Masya Allah seru sekali ya mba 😍. Jadi kangen mantai niihh 😎

    ReplyDelete
  14. Nakasir abis sama kerang warna warninya Mak. Berarti masih asli alami yaaa...buat liburan sama keluarga pasti menyenangkan

    ReplyDelete
  15. Wah, yang paling familiar adalah pantai Laguna. Tapi aku pun belum pernah kesana. Penasaran kenapa ada pantai yang dinamakan Manula..

    ReplyDelete
  16. wah itu sate gurita belum pernah cobain :p dan semua pantainya indah banget keren lah

    ReplyDelete
  17. Huaa.. Itu kerang2 mengalihkan duniakuuu

    ReplyDelete
  18. Bengkulu ini masuk dalam wishlist tempat yang pengen saya kunjungi untuk melanjutkan #Btrip mbak, apalagi banyak pantai kece di sini. Semoga kelak mewujud.

    ReplyDelete
  19. Indahnya Pantai-pantai di kaur, Kaur tempat kelahiranku loh mbk.he

    ReplyDelete
  20. Pantai Kaur, emang keren-keran ya mbak.

    ReplyDelete
  21. Jadi kangen Kaur & pantai-pantai cantiknya aaaa. Kangen juga mamam sate gurita di pinggir pantai. Syedaaaap! *tapi kalo ke Kaur buat kerja, duhhh rasanya malas banget, enakan di Bengkulu xD Ke sana tu enaknya buat libur-libur ya mbaaa hihiii

    ReplyDelete
  22. Ya ampun gurita dan lobster sangat menggoda, semoga ada kesempatan main ke Bengkulu ya mba aamiin

    ReplyDelete
  23. Wow aku fokus banget sama lobsternya itu loh. Pengeeeen. Emang harganya di Bengkulu berapaan ya Mbak? di sini mah masih mahal.

    ReplyDelete
  24. aku iri... suka banget pantai cantik begini meski ke sananya jauh yaa dari pusat kota. Di Jakarta adanya Ancol yang ... gitu deh.

    ReplyDelete
  25. Ooo jd di sana masih banyak kerang warna-warni, alhamdulillah ya, berarti msh lumayan alami. Moga2 ya kyk gtu terus gk ada tangan jahil yg merusak keindahan dan ekosistem pantai.

    ReplyDelete
  26. Suka banget sama pantai yang masih banyak kerang-kerangnya di pinggir pantai. Biasanya tanda juga kalau pantainya bersih dari sampah

    ReplyDelete
  27. Menariiknyaa...
    Bengkulu dengan sejuta keindahannya.

    kalau di kalkulasi, keindahan Indonesia ini bisa ber-trilyun-trilyun yaa..
    MashaAllah~

    ReplyDelete
  28. Ternyata di Bengkulu banyak pantai yaa, Mbak.....

    ReplyDelete
  29. Pengen makan sate gurita. Sambil duduk di pantai Kaur. Ga ingat banyak cucian menumpuk, hahaha. Enak nyaaa

    ReplyDelete
  30. Kapan mau ah ajak keluarga ke sana mandi, fotoan dan jalan di pasirnya

    ReplyDelete
  31. Sebagai pencinta pantaaai jadi mupeng. :D. Bengkulu selama ini terkenal dengan pantai-pantai cantiknya ya. :)

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^