Top Social

Wednesday, 12 December 2018

Kegiatan Menyenangkan untuk Mengasah Kecerdasan Anak

Memasuki umur 1,5 tahun Ghazy semakin aktif dan selalu ingin mencari tahu hal-hal baru. Ia mulai bosan jika diberikan permainan yang itu-itu saja. Ghazy akan sangat senang jika saya mengajaknya bermain tanah, bebatuan juga membongkar peralatan pertukangan abahnya.

Nah ternyata  memang di usia 1-2 tahun, otak si Kecil kian dipenuhi rasa ingin tahu, lebih mampu mengekspresikan emosinya, dan semakin aktif. Oleh sebab itu, ini saat yang tepat bagi saya sebagai ibu untuk mulai merangsang kecerdasan anak melalui aneka aktivitas menyenangkan. Nah saya pernah baca artikel parenting yang sangat membantu untuk mengasah kecerdasan anak. Berikut beberapa kegiatan menyenangkan yang bisa kita lakukan


Bermain Meniru Ekspresi Wajah

Ayo ajak si Kecil belajar lebih mengenal ekspresi wajah!  Aktivitas ini akan membantunya memahami berbagai macam emosi. Bunda bisa melakukannya dengan santai sembari bermain dengan si Kecil. Caranya, tunjukkan ekspresi wajah kita lalu jelaskan apa sebutan untuk ekspresi itu dan minta si Kecil untuk menirukannya.Contohnya, tersenyum berarti menunjukkan ekspresi senang, sementara cemberut berarti sedih, dan seterusnya. Lambat laun, si Kecil akan mengingat sebutan yang digunakan untuk mengungkapkan setiap ekspresi wajah. Kemampuan ini dapat melatih kepekaannya dalam melihat sisi emosional orang lain.
Nah kegiatan ini sering sekali saya lakukan bersama Ghazy, bermain peran seperti ini akan membuatnya tertawa terpingkal-pingkal loh.

Bereksperimen dengan Perbandingan Ukuran

Dengan menggunakan benda-benda yang ada di rumah, Bunda bisa mengajak si Kecil untuk bereksperimen membandingkan ukuran. Contohnya, membandingkan ukuran mainan, karena setiap mainan tentu memiliki ukuran berbeda. Coba kita letakkan dua mainan dengan ukuran berbeda di atas meja. Lalu, pinta si Kecil mengambil mainan dengan ukuran lebih besar. Bunda juga bisa melakukan hal ini dengan benda-benda lainnya yang ada di rumah, seperti boneka, buku, sepatu, dan sebagainya.

Mencocokkan Gambar dan Suara Hewan

Mengajak si Kecil belajar mengenal hewan melalui gambar menjadi ide aktivitas berikutnya. Kegiatan ini bermanfaat untuk mengasah daya ingatnya.  Di samping itu, mencocokkan gambar hewan dengan suaranya juga membantu mengembangkan imajinasi si Kecil. Bunda dapat menunjukkan foto atau gambar hewan kepada si Kecil sembari memintanya menyebutkan nama hewan tersebut. Lalu, ajak si Kecil menirukan suara hewan itu. Dengan begini, wawasan si Kecil mengenai hewan juga semakin luas.

Selain melakukan kegiatan permainan edukatif, si kecil juga harus didukung dengan nutrisi yang tepat untuk menemani tumbuh kembangnya. Salah satunya dengan rutin minum susu. Salah satu susu yang sangat baik kandungannya adalah Friso Gold. Friso 100% diproduksi dan dikemas langsung  di Belanda.



Diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil, Friso Gold 3 kini hadir dengan teknologi Locknutri yang menjaga kulitas alami nutrisi tidak berubah saat proses pemanasan, sehingga mudah dicerna oleh tubuh si Kecil. Friso Gold 3 juga diperkaya dengan beragam nutrisi yang baik bagi tumbuh kembang balita; seperti ALA, LA, Prebiotik, Nukleotida, Vitamin A, C, dan E, Zink, Zat Besi, serta Selenium, untuk membantu mengoptimalkan perkembangan fisiknya, sehingga ia bisa lebih banyak bereksplorasi dan menemukan hal baru di sekitarnya.

Yuk dukung si kecil agar bisa semakin cerdas dan semangat bereksplorasi

Be First to Post Comment !
Post a Comment

Silahkan Berkomentar ^_^