Mengintip Semangat Kebaikan KBA Lempuing Bengkulu


Angin sepoi-sepoi menyapu keringat saya saya saat memasuki kawasan Kelurahan Lempuing yang posisinya dekat dengan pantai panjang. Pagi itu cukup terik, saya hampir saja terlambat menemui Ibu Cin, Bendahara Kampung Berseri Astra yang juga merupakan pengurus Posyandu di RW 03.

Hari itu bertepatan dengan kegiatan Posyandu yang rutin di lakukan Bu Cin bersama warga dan dibantu pihak Puskesmas Lempuing serta difasilitasi oleh Astra Bengkulu untuk bantuan Sarana. Saat tiba, tampak banyak ibu dan anak memenuhi rumah ibu Cin. Petugas kesehatan dari puskesmas pun antusias melayani warga juga memberikan penyuluhan dan imunisasi.

Posyandu Serba Ada


“Semenjak Kelurahan Lempuing menjadi Kampung Berseri Astra, makin banyak kegiatan positif di bidang kesehatan. Selain posyandu, kita sering mengadakan acara senam bersama Astra, cek gula darah dan kolesterol secara gratis” ungkap ibu Cin sembari memberikan popok dan makanan tambahan bagi balita yang hadir di Posyandu.

Ibu Cin, Koordinator Posyandu
Saya takjub melihat kegiatan Posyandu yang sangat menarik hari ini di Lempuing. Jika biasanya kegiatannya monoton dengan imunisasi dan penyuluhan. Di sini ada banyak kegiatan yang bermanfaat dan dirasakan langsung oleh warga. Setelah ditimbang dan imunisasi, setiap anak akan dicek satu persatu oleh petugas kesehatan.

Pengecekan Kesehatan dan kemampuan anak

Pengecekan bukan hanya masalah berat dan tinggi badan, tapi kemampuan personal anak seperti motoriknya. Apakah sudah sesuai dengan usianya apa mengalami keterlambatan, saat itu juga orang tua akan diberikan masukan sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhan anak.

Demo Masak Bakso Sehat
Kegiatan Posyandu semakin seru karena saat itu ada praktek membuat makanan sehat untuk anak. Petugas posyandu memberikan resep Bakso Sayur sehat yang dibuat dari daging ayam giling dan aneka sayuran. Mereka memasak langsung di depan ibu-ibu dan semua yang hadir kebagian mencicipi bakso goreng itu. Wah jangankan anak-anak, saya pun ikut lahap menyantapnya. Diharapkan nantinya warga bisa membuat juga di rumah, ataupun yang ingin membuat usaha bisa menerapkan resepnya.

Bakso Aneka Sayur yang sudah digoreng dan siap dicicipi

“Pantas nih buk dipilih jadi Kampung Berseri Astra, Warganya kreatif ya!” Gumam saya yang disambut tawa Bu Cin. Ia menganggap selain dimotivasi oleh Astra sendiri, kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan yang sehat semakin tinggi. Diharapkan masyarakatnya bisa bebas gizi buruk hingga 75-80 persen, bisa menjadikan Posyandunya menjadi Posyandu tingkat purnama dan terjadinya pembinaan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

imunisasi (dokumentasi pribadi)

Lingkungan lempuing sendiri awalnya bukanlah kampung yang terdiri dari orang-orang yang berpendidikan tinggi ataupun masyarakat kelas atas. Kebanyakan warga bermata pencaharian sebagai nelayan dan buruh. Namun, semangat dan berbagai bantuan yang dibawa Astra membuat masyarakat semangat untuk merubah kehidupan juga lingkungan menjadi lebih baik.

Kampung Berseri Astra (KBA) sendiri merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan mengintegrasikan 4 pilar program CSR yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan, dan Kesehatan. Melalui program KBA ini masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif. Dalam penerapan KBA, terdapat tingkatan pencapaian status (Stage) yang berhasil diimplementasikan dalam suatu wilayah. Tingkatan pencapaian status tersebut akan dievaluasi setiap tahunnya dan pencapaian terbaik akan diberikan apresiasi. Untuk KBA Lempuing sendiri pencapaiannya sudah mencapai masing-masing 2 bintang, khusus wirausaha sudah 3 bintang dari 5 stage yang ada.

Beasiswa untuk Sekolah

Seperti yang disampaikan Ibu Cin, jika masih banyak masyarakat yang berpenghasilan rendah di lempuing ini dan ia sedikit khawatir jika anak-anak banyak yang putus sekolah. Namun, kekhawatirannya sedikit berkurang karena beberapa anak mendapatkan beasiswa untuk sekolah, mulai dari SD hingag SMA.



Menurut Pak Roni, ketua Kampung Berseri Astra Lempuing, telah diadakan penyaluran beasiswa kepada 35 anak di Lempuing untuk membantu keperluan dan biaya sekolah mereka. Diharapkan nantinya Angka Partisipasi Usia Sekolah sampai 80 persen dan pendidikannya mampu berprestasi Level Kota atau Kabupaten. Oya, pemberian beasiswa ini pun berkesinambungan dengan memberikan pelatihan kepada anak-anak seperi Pelatihan 7 Habbits untuk membentuk karakter mereka agar menjadi generasi yang lebih baik serta bisa menularkan semangat kebaikan pula pada warga di KBA Lempuing Bengkulu.

sumber : dokumentasi KBA Lempuing Bengkulu

Selain itu Astra pun melakukan pemasangan WiFi gratis di RW 03,serta  membuat perpustakaan umum yang buku-bukunya sumbangan dari seluruh karyawan Astra Grup Bengkulu untuk mewujudkan 86-90 persen Masyarakat Bebas Buta Aksara.

Gotong Royong, Kekuatan Warga Demi Lingkungan yang Sehat

“Bantuan memang penting, tapi yang lebih penting adalah semangat warga untuk menjaga lingkungannya.” Saya setuju dengan pendapat ibu Cin saat memperlihatkan keindahan lingkungan Kampung Berseri Astra RW.03 Lempuing. Jalanan aspal terlihat bersih dihiasi dengan pot bunga dan tanaman di sisi kiri kanan jalan yang membuat kesejukan makin terasa.



Walau berada di dekat daerah pantai yang biasanya identik dengan suasana gersang, saya tidak merasa demikian. Rumah warga walau sederhana tertata rapi dan bersih, sulit untuk menemui sampah yang berserakan. Semua ini karena kepedulian warga untuk membuat lingkungan bersih terwujud.
Ya, mereka menjadikan gotong royong sebagai kekuatan. Sesuatu yang dikerjakan bersama-sama pastilah akan menjadi lebih mudah. Saya pun mendapatkan info dari Pak Rojali yang juga membantu kegiatan Kampung Berseri Astra bahwa warga sering melakukan gotong royong untuk membersihkan selokan dan jalan, dengan bantuan Astra warga pun menata Pot Bunga, Tong Sampang dan Lampu Jalan.



Bahkan baru-baru ini warga bersama-sama membersihkan lapangan di depan rumah Bu Cin untuk disulap menjadi lapangan Voli yang bisa dimanfaatkan untuk arena berkumpul dan olahraga. Untuk pengadaan bola dibantu Astra dan waring nya merupakan hasil kumpulan warga.

Lebih Produktif dengan Membina UKM Warga

Mata pencaharian Kepala Keluarga di lempuing yang kebanyakan nelayan dan buruh membuat penghasilan mereka tidak tetap. Nah, disinilah pentingnya peran untuk membangun Usaha Kecil dna Menengah untuk meningkatkan taraf hidup warga menjadi lebih baik.

sumber : dokumentasi KBA Lempuing Bengkulu
Beberapa wanita di KBA Lempuing membuat usaha mikro untuk makanan khas Bengkulu seperti perut punai dan lempuk durian. Sayangnya saya tidak bisa melihat langsung proses pembuatan karena warga binaan KBA banyak yang berlibur.

Warga yang memiliki semangat wirausaha ini mendapat pinjaman modal dari ASTRA. Pinjaman yang dicicil setiap bulan ini tanpa bunga dan sangat membantu kelanjutan UKM. Tak cukup sampai disitu, warga pun dibina dengan diadakannya Pelatihan UMKM, Bisnis Online dan Manajemen Keungan Bersama 25 Warga Kampung Berseri Astra. Di pelatihan ini warga diajarkan bagaimana memasarkan usaha secara online, mengelola keuangan usaha juga mendisain dan mengemas kemasan produk-produk mereka ke pasaran dengan lebih menarik dan elegan. Selanjutnya warga pun mendirikan Koperasi Kampung berseri Astra untuk memfasilitasi dan membantu warga di Lempuing.


Upaya pendampingan dan pembinaan masyarakat UKM oleh Astra Internasional lewat program “Kampung Berseri Astra“ di Kelurahan Lempuing, Kecamatan Ratu Agung, Kota Bengkulu yang digawangi oleh Suwanto sebagai Koordinator Wilayah Astra ini diharapkan bisa memberikan warga ilmu baru, mereka juga berkesempatan untuk membangun jaringan usaha. Semoga nantinya usaha mereka dapat berkembang dan sukses.

Kampung Berseri Astra yang merupakan Kontribusi Sosial Astra memberikan banyak perubahan bagi masyarakat. Bukan hanya dalam bentuk materi, tapi lebih dari itu, Masyarakat lebih terbuka pikirannya, lebih semangat untuk membentuk lingkungan yang bersih, sehat, cerdas dan produktif. Semoga kedepannya warga KBA Lempuing bisa mandiri dalam menerapkan 4 pilar pendidikan, lingkungan, kesehatan, juga wirusaha untuk kehidupan yang lebih baik.


1 comment

  1. Pendidikan dan kesehatan adalah kesejalan untuk kehidupan lebih baik, semoga masyarakat di sana terbantu ya mbak!

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^