4 Tempat Wisata di Sumatera Barat yang Sayang untuk Dilewatkan

Sumatera Barat, bukan tempat saya di lahirkan. Tapi saya selalu bangga mengatakan bahwa saya orang minang. Ibu dan ayah lahir di Sumatera Barat, begitupun keluarga besar. Walau sudah merantau, kebiasaan sebagai orang minang selalu terbawa di kehidupan sehari-hari kami. Maka tak jarang, rindu untuk pulang kampung acapkali menghampiri. Tanah minang, adalah kenangan indah masa kecil saya yang berlari di sawah luas kepunyaan Bak Uo. Tidur di gubuk tengah sawah bersama-sama, lalu makan nasi hangat dan rendang buatan nenek. Menikmati tubuh berendam di air sungai yang jernih hingga lupa waktu.

Sumatera barat memang dianugrahi alam yang indah dan mempesona, adat budaya yang masih terjaga hingga makanan khas nya yang menggugah selera. Sejak punya suami yang ternyata juga keturunan Minang dan amak yang tinggal di Solok jadi semangat untuk pulang kampung dan menikmati liburan disana. Nah, keluarga besar suami di Solok punya kebiasaan menjelang Idul Fitri yang namanya “Pulang Basamo” yang artinya pulang bersama-sama. Selain mengobati kerinduan dengan tanah kelahiran, pulang basamo juga bisa mengumpulkan orang Minang yang merantau. Momen ini juga sering kami manfaatkan untuk berwisata di Sumatera Barat.

Banyak sekali tempat wisata di Sumatera Barat yang bisa jadi pilihan untuk berlibur. Ada pantai dan bentang alam yang indah, danau, hingga peninggalan sejarah dan rumah adat yang sayang untuk dilewatkan. Berikut 4 tempat wisata di Sumatera Barat yang sayang untuk dilewatkan.

Pantai Air Manis dan Batu Malin Kundang



Pantai Air Manis atau pantai air manih dikenal dengan keberadaan Batu Malin Kundang. Letaknya di daerah Kelurahan Ale Mani Kecamatan Padang Selatan. Untuk menuju ke lokasi bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Tentu teman-teman sudah tau dong lagenda Malin Kundang yang dikutuk menjadi batu karena durhaka kepada Ibunya. Saat kesana saya takjub karena batu ini benar-benar menyerupai manusia yang bersujud, tak jauh dari batu Malin kundang ada pula bongkahan batu yang katanya adalah pecahan kapal.  Walau banyak ragu akan kebeneran cerita Malin kundang, tapi ambil saja sisi baiknya yang mengingatkan kita untuk berbuat baik kepada orang tua.

Oya Pantai Air Manis cukup ramai dikunjungi wisatawan, bahkan saat liburan untuk foto dengan batu Malin pun harus gantian. Cukup asyik sih kesini, sudah banyak yang menjual makanan dan ada juga penyewaan perahu motor.

Jam Gadang



Sebagai ikon kota Bukit Tinggi, Jam gadang jadi objek wisata yang banyak sekali peminatnya. Apalagi area Jam Gadang kini sudah diperluas dengan taman di sekitar menara. Taman tersebut menjadi ruang interaksi masyarakat baik di hari kerja maupun hari libur. Lokasinya di kelilingi oleh Pasar Bawah, Pasar Atas, Plaza BukitTinggi dan Istana Bung Hatta.

Menara jam ini memiliki jam dengan ukuran besar di empat sisinya sehingga dinamakan Jam Gadang yang berarti Jam Besar. Dari puncak menara, para wisatawan bisa menikmati pemandangan kota Bukittinggi yang indah. Banyak pula acara yang diadakan seperti bazaar, festival seni budaya dll. Oya ada nggak yang memperhatikan keunikan angka romawi di Jam Gadang? Ituloh angka empat ditulis IIII bukan IV? Nah ada yang tau nggak kenapa?


Saya lupa sudah berapa kali kesini, yang jelas setiap mampir ke Bukit Tinggi pasti deh menyempatkan untuk singgah dan berfoto di Jam Gadang. Apalagi Sate disana enak sekali. Sate yang benar-benar “padang” hehe..

Danau Maninjau


Danau Maninjau terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Danau ini merupakan danau vulkanik. Menurut sejarah, danauh ini terbentuk akibat erupsi vulkanik dari Gunung Sitinjau kurang lebih 52.000 tahun yang lalu.

Danau Maninjau (foto: pegipegi)

Danau ini sangat luas loh, bikin segar saat memandangnya. Makin apik karena disekitar danau terdapat rumah-rumah khas padang. Nah pecinta fotografi pasti senang menikmatinya berlama-lama. Ada yang bilang spot terbaik untuk menikmati Danau ini dari tengah kawasan yang disebut kelok 44 yaitu sekitar kelok 23 hingga kelok 30. Kita akan melihat bentangan danau yang dihiasi hamparan sawah nan subur. Membuat perasaan jadi nyaman.

Istana Paguruyung

Ingin foto dengan baju adat Padang lengkap di depan Rumah Minangkabau atau foto ala-ala gadis minang membuka jendela? Nah bisa banget, yuk datang ke Istano Basa atau yang dikenal dengan Istana Pagaruyung. Lokasinya terletak di Kecamatan Tanjung Emas Kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar. Jaraknya kurang lebih 5 kiometer dari pusat kota Batusangkar.


Istano Basa yang sekarang sebenarnya replika dari yang asli yang ada di atas bukit Batu Patah, tapi sudah dibakar habis oleh kaum paderi. Di tahun 2007 pernah terbakar juga dan kini sudah di bangun kembali. Istana ini punya tiga lantai dengan 72 tonggak penyangga. Banyak ornament dengan ukiran warna-warni khas Minang yang menghiasi dinding istana. Jika kita masuk di lantai pertama ada foto Sultan Alam Bagagarsyah yang merupakan raja Kerajaan Pagaruyung.

Ada banyak peninggalan sejarah yang bisa kita lihat dan nikmati, menambah wawasan dan makin kenal dengan kebudayaan Minang.

Nah tahun ini saya pun ingin kembali pulang ke Sumatera Barat dan mengunjungi tempat wisata lainnya yang belum sempat saya singgahi. Inginnya sih menjelang Lebaran nanti biar bisa sekalian silaturahmi dengan keluarga besar disana. Kalau biasanya kita rame-rame naik bus atau travel, sekarang lebih nyaman naik pesawat karena punya anak kecil, biar mereka nggak terlalu capek aja sih. Jadi liburan nya bisa menyenangkan. Ingat pulang terakhir pakai mobil, si Ubay sakit dan nggak jadi deh jalan-jalannya.

Untuk cari tiket pesawat enaknya cek di Pegipegi karena mudah diakses, bisa lewat aplikasi maupun website. 


Aplikasinya user friendly dan cepat. Kalau yang kebingungan cari tempat penginapan juga nggak usah khawatir, karena Pegipegi bekerja sama dengan ribuan jaringan hotel dan berbagai pilihan maskapai memberikan harga lebih murah dari harga resmi.  Pegipegi memang memberikan kemudahan nih untuk pemesanan tiket pesawat. Destinasi liburan pun lebih cepat dikunjungi, jangan lewatkan juga panyak promo spesial loh. Jadi nggak sabar ingin segera ke Sumatera Barat.



Nutrisi Anak Terjaga, Tumbuh Kembang Anak-anak Indonesia Terjamin


Dalam fase tumbuh dan berkembang, anak-anak perlu mendapatkan perhatian khusus dari para orang tua. Perhatian yang diberikan oleh orang tua dapat bermacam-macam mulai dari pemberian nutrisi yang tepat hingga pendidikan yang layak. Nutrisi menjadi salah satu faktor penting dalam proses tumbuh kembang anak karena nutrisi yang terpenuhi bisa menjamin tumbuh kembang seorang anak.