4 Tempat Wisata di Sumatera Barat yang Sayang untuk Dilewatkan

Sumatera Barat, bukan tempat saya di lahirkan. Tapi saya selalu bangga mengatakan bahwa saya orang minang. Ibu dan ayah lahir di Sumatera Barat, begitupun keluarga besar. Walau sudah merantau, kebiasaan sebagai orang minang selalu terbawa di kehidupan sehari-hari kami. Maka tak jarang, rindu untuk pulang kampung acapkali menghampiri. Tanah minang, adalah kenangan indah masa kecil saya yang berlari di sawah luas kepunyaan Bak Uo. Tidur di gubuk tengah sawah bersama-sama, lalu makan nasi hangat dan rendang buatan nenek. Menikmati tubuh berendam di air sungai yang jernih hingga lupa waktu.

Sumatera barat memang dianugrahi alam yang indah dan mempesona, adat budaya yang masih terjaga hingga makanan khas nya yang menggugah selera. Sejak punya suami yang ternyata juga keturunan Minang dan amak yang tinggal di Solok jadi semangat untuk pulang kampung dan menikmati liburan disana. Nah, keluarga besar suami di Solok punya kebiasaan menjelang Idul Fitri yang namanya “Pulang Basamo” yang artinya pulang bersama-sama. Selain mengobati kerinduan dengan tanah kelahiran, pulang basamo juga bisa mengumpulkan orang Minang yang merantau. Momen ini juga sering kami manfaatkan untuk berwisata di Sumatera Barat.

Banyak sekali tempat wisata di Sumatera Barat yang bisa jadi pilihan untuk berlibur. Ada pantai dan bentang alam yang indah, danau, hingga peninggalan sejarah dan rumah adat yang sayang untuk dilewatkan. Berikut 4 tempat wisata di Sumatera Barat yang sayang untuk dilewatkan.

Pantai Air Manis dan Batu Malin Kundang



Pantai Air Manis atau pantai air manih dikenal dengan keberadaan Batu Malin Kundang. Letaknya di daerah Kelurahan Ale Mani Kecamatan Padang Selatan. Untuk menuju ke lokasi bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Tentu teman-teman sudah tau dong lagenda Malin Kundang yang dikutuk menjadi batu karena durhaka kepada Ibunya. Saat kesana saya takjub karena batu ini benar-benar menyerupai manusia yang bersujud, tak jauh dari batu Malin kundang ada pula bongkahan batu yang katanya adalah pecahan kapal.  Walau banyak ragu akan kebeneran cerita Malin kundang, tapi ambil saja sisi baiknya yang mengingatkan kita untuk berbuat baik kepada orang tua.

Oya Pantai Air Manis cukup ramai dikunjungi wisatawan, bahkan saat liburan untuk foto dengan batu Malin pun harus gantian. Cukup asyik sih kesini, sudah banyak yang menjual makanan dan ada juga penyewaan perahu motor.

Jam Gadang



Sebagai ikon kota Bukit Tinggi, Jam gadang jadi objek wisata yang banyak sekali peminatnya. Apalagi area Jam Gadang kini sudah diperluas dengan taman di sekitar menara. Taman tersebut menjadi ruang interaksi masyarakat baik di hari kerja maupun hari libur. Lokasinya di kelilingi oleh Pasar Bawah, Pasar Atas, Plaza BukitTinggi dan Istana Bung Hatta.

Menara jam ini memiliki jam dengan ukuran besar di empat sisinya sehingga dinamakan Jam Gadang yang berarti Jam Besar. Dari puncak menara, para wisatawan bisa menikmati pemandangan kota Bukittinggi yang indah. Banyak pula acara yang diadakan seperti bazaar, festival seni budaya dll. Oya ada nggak yang memperhatikan keunikan angka romawi di Jam Gadang? Ituloh angka empat ditulis IIII bukan IV? Nah ada yang tau nggak kenapa?


Saya lupa sudah berapa kali kesini, yang jelas setiap mampir ke Bukit Tinggi pasti deh menyempatkan untuk singgah dan berfoto di Jam Gadang. Apalagi Sate disana enak sekali. Sate yang benar-benar “padang” hehe..

Danau Maninjau


Danau Maninjau terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Danau ini merupakan danau vulkanik. Menurut sejarah, danauh ini terbentuk akibat erupsi vulkanik dari Gunung Sitinjau kurang lebih 52.000 tahun yang lalu.

Danau Maninjau (foto: pegipegi)

Danau ini sangat luas loh, bikin segar saat memandangnya. Makin apik karena disekitar danau terdapat rumah-rumah khas padang. Nah pecinta fotografi pasti senang menikmatinya berlama-lama. Ada yang bilang spot terbaik untuk menikmati Danau ini dari tengah kawasan yang disebut kelok 44 yaitu sekitar kelok 23 hingga kelok 30. Kita akan melihat bentangan danau yang dihiasi hamparan sawah nan subur. Membuat perasaan jadi nyaman.

Istana Paguruyung

Ingin foto dengan baju adat Padang lengkap di depan Rumah Minangkabau atau foto ala-ala gadis minang membuka jendela? Nah bisa banget, yuk datang ke Istano Basa atau yang dikenal dengan Istana Pagaruyung. Lokasinya terletak di Kecamatan Tanjung Emas Kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar. Jaraknya kurang lebih 5 kiometer dari pusat kota Batusangkar.


Istano Basa yang sekarang sebenarnya replika dari yang asli yang ada di atas bukit Batu Patah, tapi sudah dibakar habis oleh kaum paderi. Di tahun 2007 pernah terbakar juga dan kini sudah di bangun kembali. Istana ini punya tiga lantai dengan 72 tonggak penyangga. Banyak ornament dengan ukiran warna-warni khas Minang yang menghiasi dinding istana. Jika kita masuk di lantai pertama ada foto Sultan Alam Bagagarsyah yang merupakan raja Kerajaan Pagaruyung.

Ada banyak peninggalan sejarah yang bisa kita lihat dan nikmati, menambah wawasan dan makin kenal dengan kebudayaan Minang.

Nah tahun ini saya pun ingin kembali pulang ke Sumatera Barat dan mengunjungi tempat wisata lainnya yang belum sempat saya singgahi. Inginnya sih menjelang Lebaran nanti biar bisa sekalian silaturahmi dengan keluarga besar disana. Kalau biasanya kita rame-rame naik bus atau travel, sekarang lebih nyaman naik pesawat karena punya anak kecil, biar mereka nggak terlalu capek aja sih. Jadi liburan nya bisa menyenangkan. Ingat pulang terakhir pakai mobil, si Ubay sakit dan nggak jadi deh jalan-jalannya.

Untuk cari tiket pesawat enaknya cek di Pegipegi karena mudah diakses, bisa lewat aplikasi maupun website.


Aplikasinya user friendly dan cepat. Kalau yang kebingungan cari tempat penginapan juga nggak usah khawatir, karena Pegipegi bekerja sama dengan ribuan jaringan hotel dan berbagai pilihan maskapai memberikan harga lebih murah dari harga resmi.  Pegipegi memang memberikan kemudahan nih untuk pemesanan tiket pesawat. Destinasi liburan pun lebih cepat dikunjungi, jangan lewatkan juga panyak promo spesial loh. Jadi nggak sabar ingin segera ke Sumatera Barat.



43 comments

  1. Padang memang indah ya mba, selain terkenal dengan masakannya yang kezat. Sumatera Barat meruoakan salah saru destinasi tujuan wisata saya.

    ReplyDelete
  2. Wah itu batu Malin Kundang ya,aku baru lihat. Pengen bisa main kesana tapi jauh hiks.

    ReplyDelete
  3. Danau Maninjau dan jam gadang yang baru dikunjungi
    Itu juga beberapa tahu yang lalu

    Setuju, nagari Sumatera Barat memang indah
    Rasanya tak cukup sekali mengeksplor kemolekannya


    ReplyDelete
  4. Mbaa aku takjub sama batunya. Ternyata benar2 menyerupai orang sujud gitu ya. Duh merindiinng..

    Btw pemandangan di Danau Maninjau cakep yaaa

    ReplyDelete
  5. Aku udah pernah ke Jam Gadang, mba tapi belum pernah ke istana payakumbuh. Pengen juga ke sana karena kliatan indah sekali :)

    Aku pengen lihat langsung nih batu yang menceritakan kisah malin kundang

    ReplyDelete
  6. Wow, ternyata batu Malin Kundang emang mirip manusia yang sedang sujud ya *ikutan takjub.
    Btw tempat wisata di Sumatera ini banyak yang menarik untuk dikunjungi. Danau Maninjaunya, cakep bangeet!

    ReplyDelete
  7. Aku pernah tinggal di sumatra selatan mba.. cuma belum pernah ke sumatra barat, hehe. Dan sekarang sudah pindah ke Jakarta.. semoga next bisa berkunjung kesana..

    ReplyDelete
  8. Pantai Air Manis dan Batu Malin Kundang memang sangat terkenal ya. Selain itu, masakan khas Sumatera Barat juga enak-enak banget. Saya jadi pengen liburan ke sana.

    ReplyDelete
  9. Indah banget dan salah satu bucket list ku 2019 tu aslinya ke Padang
    Tapi tiket mayan merangkak ternyata
    Cari diskonan di OTA lah ya

    ReplyDelete
  10. Duh aku kapan ya bisa jalan-jalan ke Sumatera Barat? Jadi inget waktu kecil dulu suka nyanyiin Kambanglah Bungo hehehe
    Satu hal lainnya tentang Minang. aku suka amaze. Kenapa sih Uda dan Uninya cakep-cakep ya?

    ReplyDelete
  11. saya belum pernah ke sumbar. semoga suatu hari bisa dolan ke sana. semoga mampu menjangkau harga tiket pesawatnya hehehe

    ReplyDelete
  12. Aku baru mampir jam gadang aja mbak, yang lain belum hehe

    ReplyDelete
  13. Masya allah Tabarakallah itu danau Maninjaunya indah sekali, pengen banget kesana

    ReplyDelete
  14. Aku juga dulu (kecil) pernah main ke Padang.
    Heemm...seingatku kita main ke gua apaaa....gitu.

    ((Short Memory Lost...huhuu...maaf))

    Yang aku gak pernah lupa...hanya berfoto dengan Jam Gadang.
    Ikonik banget yaaa...

    ReplyDelete
  15. Pas lihat foto Batu Malin Kundang, akunya lihatnya lama banget. Itu batu beneran mirip manusia yang sedang bersimpuh ya. Sampai merinding lihatnya. Pengen sekali waktu nanti jalan-jalan ke Sumatera. Aku belum pernah euy.

    ReplyDelete
  16. Swmuanya pengen tak kunjungi mba. Jadi ingat jam gadang di yang ada si Hongkong. Mairip nuga tinggi dan sbesar

    ReplyDelete
  17. Sejak lama pingin banget berkunjung ke sana. Tapi belum juga keturutannn

    ReplyDelete
  18. Wow batu Malin Kundang itu seperti asli saja seorang manusia laki-laki ya...
    Luar biasa nih wisata budaya Sumbar benar2 jangan sampai terlewatkan

    ReplyDelete
  19. Akuu sedikit banget explore sumatra utara, ehh ternyata ada yng lebih seru juga di sumatra barat, kerennn2 yah, jadi pengen cepet ngujungin deh

    ReplyDelete
  20. Salah satu destinasi impian nih, Sumatera Barat
    Suami yang pernah ke sana buat gathering kantor tempo hari membanjiri HP saya dengan foto-foto cantik alam Sumbar. Itu Danau Maninjau cakep amat ya
    Mauuuu ke Padang

    ReplyDelete
  21. Pernah dengar cerita tentang batu malingkundang tetapi belum pernah ke sana semoga bisa kesampaian ya

    ReplyDelete
  22. waa aku belum pernah menginjakkan kaki di pulau sumatra. pengen banget pegi pegi ke sana

    ReplyDelete
  23. Rencananya tahun ini mau mudik ke kampung halaman suami, naksir semua destinasinya mba

    ReplyDelete
  24. Maninjau danau nun jauah di mato, jadi ingin terbang langsung ke Padang,karena daku sudah lama tidak ke sana

    ReplyDelete
  25. Alhamdulillah saya sudah pernah mendatangi destinasi di atas. Sumbar emang kece badai untuk piknik. Sayang aja terakhir ke Danau Maninjau lagi mendung. Jadi gak dapat langit biru seperti di atas :)

    ReplyDelete
  26. Batu Malin Kundang itu lho mbak yg sampai skrng bikin penasaran. Apakah legenda tu bener atau ada cara ilmiah menjelaskan batu itu ya :D
    Moga2 kelak ada rezeki ke Sumatera Barat, aamiin :D

    ReplyDelete
  27. mbak ... jadi kangen ke Padang saya. Alhamdulillah ... semua tempat di atas sudah pernah tak kumjungi.

    ReplyDelete
  28. Setiap kali suami bertugas ke Tanah Minang, setiap itu pula aku membik-membik pengin diajak. Ya, tapi ya nggak semudah itu juga, alias mungkin belum rezeki saja. Saya pengin banget ke Batu Malin Kundang sama Jam Gadang, apalagi ke Istana Paguruyung, sementara semuanya masih impian saja. Bangga lho, jadi orang Minang.

    ReplyDelete
  29. Masya Allah pemandangan di danau Maninjau. Luar biasa banget, ya. Baru lihat fotonya aja udah speechless

    ReplyDelete
  30. Saya ke sumatera barat baru sempat mengunjungi bukit tinggi sih jadi belum sempat eksplore ke tempat lainnya.

    Mudah2an bisa segera eksplore sumbar lagi deh.
    *brb cari tiket di pegipegi*

    ReplyDelete
  31. Pengen banget explore sumatera, apalagi daerah barat kesana banyak pemandangan hijau yaa, mudah2an punya kesempatan nanti terus bisa kopdar sama mba ria Fasha hihi

    ReplyDelete
  32. Aku belum pernah nih main2 ke Sumatera Barat dan pengen banget. Ternyata batu Malin Kundang beneran mirip kayak di legendanya yah. Semoga suatu saat bisa menjejakkan kaki di sana

    ReplyDelete
  33. Keren-keren, Teh. Saya jadi tahu sekarang detailnya. Soalnya kadang sering lihat fotonya, tapi kurang tahu d.daerah mana..he
    Kalau bisa kesana, pengen singgah dan mengabadikan foto :)

    ReplyDelete
  34. Beneran mirip banget manusia. Agak creepy juga, sih. Kayaknya, kalau ke sama, aku skip batunya. Agak ngeri. Lihat pemandangan alam aja. Tapi, lebih pengen ke danau, sih. Segar hijau-hijau.

    ReplyDelete
  35. Alhamdulillah September lalu jalan ke Sumbar sama teman-teman. Dan, sudah ke semuanya, cuma waktu ke Jam Gadang yang penampakannya lagi ketutup karena lagi renovasi.
    Memang Sumbar indah sekali. Kaya budaya juga..Semoga nanti bisa ajak anak-anak ke sana pakai Pegipegi

    ReplyDelete
  36. Tahun kemarin adikku diklat di Sijunjuang. Dia sering kirimin foto2 pemandangan di sana. Indaaaaah 😍 sekarang adikku sudah pindah diklat ke Bali.

    ReplyDelete
  37. legenda batu malin kundang ini yang bikin penasaran dan segera ingin kesana, kalau cuma mendengar dongeng serasa kurang afdol yah tanpa bisa menyaksikan secara langsung batunya. Suatu hari nanti semoga saya bisa lihat danau maninjau yg indah itu.

    ReplyDelete
  38. Kalau ke Sumatera Barat harus nih berkunjung ke tempat ini. Semoga kesampaian buat kesana. Amin

    ReplyDelete
  39. Belum pernah sama sekali nih saya ke Pulau Sumatera. Suatu saat kalau pas ke Sumatera Barat, pengen banget ke Danau Maninjaunya. Oh ya, pengen ngerasain juga rendang langsung dari asalnya.

    ReplyDelete
  40. Aku sungguh penasaran dg batu malin kundang. Itu mirip banget org bersujud posisinya. Ngeri tapi kepo 😅 Btw belum jadi jadi mau ke Sumbar nich, hiks.. semiga tahun ini da jalan..

    ReplyDelete
  41. alhadmulillah sudah kesana semua, tapi pas single hehe sekarang juga punya niat mau ajak anak-anak hehe makasih diingatkan kembali akan cita2 ku hehe

    ReplyDelete
  42. Jadi kepengen mampir ke tempat kota Bukit Tinggi, sodara saya tinggal disana katanya sieh tempat wisatanya bagus bagus.

    ReplyDelete
  43. Saya setuju sekali jika menyatakan sumatera barat punya banyak destinasi indah dan mempesona. Ketika berkunjung ke sana sayapun sudah jatuh cinta,termasuk dgn kulinernya

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^