Top Social

Wednesday, 24 April 2019

WordPress vs Blogspot untuk Blogging



Banyak cara untuk menyalurkan ide. Salah satunya dengan menulis dan membuat karya kita bisa dibaca orang lewat blogging. Menulis blog sekarang makin populer, bukan hanya diminati mereka yang hobi menulis tapi juga profesi lainnya seperti dokter, guru, mahasiswa hingga ibu rumah tangga. Dengan menulis di blog kita bisa berbagi  informasi bermanfaat untuk banyak orang sekaligus menyalurkan hobi.

Oya, bicara soal blogging ada dua platform yang paling banyak digunakan yaitu WordPress dan Blogspot. Keduanya punya tampilan yang menarik juga menawarkan kelebihan masing-masing. Jika teman-teman berniat untuk membuat sebuah blog baru, mungkin bisa dipertimbangkan beberapa perbedaan serta kelebihan Blogspot dan WordPress berikut ini :

Blogspot

Blogspot blogger adalah platform yang dibuat dan dikembangkan oleh Google serta dikenal sebagai platform yang user-friendly atau mudah digunakan bahkan bagi pemula sekalipun. Dengan blogspot, kita bisa membuat blog dan mempublish tulisan hanya dalam hitungan menit dan semuanya bisa dilakukan dengan gratis tanpa perlu membayar tempat penyimpanan (hosting). Saya sendiri membuat blog di blogspot dengan mudah tanpa harus kebingungan. Pilihan tools di dashboard ringkas dan mudah dimengerti.

Begitupun dalam hal kostumisasi. Ada beragam pilihan template default yang bisa dipilih, kita pun bisa menambahkan template lain dan menambahkannya di fitur tema.  Oya Blogger punya berbagai kemudahan untuk menambahkan halaman baru dalam beberapa klik saja. Selain itu dalam hal monetisasi juga sangat mudah, jika blog dirasa sudah banyak pengunjung dan sesuai dengan ketentuan google kita bisa memasang AdSense dengan mudah yang bisa di pilih di fitur Blogger.

Dalam hal keamanan, Blogspot sangat jarang terjadi gangguan karena dihosting oleh google. Namun yang perlu dipertimbangkan adalah kepemilikan dan kontrol atas website serta konten yang kita buat. Karena menggunakan hosting google kita akan terikan dengan terms and conditions Google. Jadi jika Google merasa bahwa website melanggar terms and conditions, mereka bisa saja langsung menutup akun.

WordPress

Nah untuk wordpess sendiri ada dua tipe yaitu WordPress.com yang merupakan layanan hosted untuk blog gratis dan WordPress.org adalah layanan self hosted yang merupakan proyek open source sehingga punya lebih banyak fitur dan opsi canggih. Jadi untuk membuat blog atau website serta mengoptimalkannya kita harus punya web hosting dan domain.

WordPress juga  mudah digunakan dan diinstall, kita tak perlu menunggu lama hingga blog bisa ditayangkan. Setelah blog di Wordpress sudah aktif akan banyak fitur yang ditawarkan dibandingkan dengan Blogger.



WordPress dapat digunakan baik oleh pemula maupun pengguna tingkat lanjut.  Beragam  fitur ini punya keunggulan untuk kostumisasi situs yang bisa kita utak atik.  Selain itu ada ribuan template gratis dengan tampilan menarik, sehingga website kita akan terlihat profesional.

Untuk kecepatan situs, WordPress pun punya waktu loading yang cukup cepat. Namun kita tetap harus mengontrol dan mengelola semua konten supaya nantinya tidak mengganggu performa blog saat orang lain membukanya. Nah kerennya WordPress ini terdapat lebih dari 75juta orang/brands memilih WordPress untuk membuat website yang menarik. Organisasi raksasa seperti Facebook, Google, Mozila, e-Bay menjalankan websitenya dengan CMS WordPress.

Khusus untuk platform WordPress self-hosted, yang perlu diperhatikan adalah performa blog atau website kita sebagian besar bergantung pada provider hosting yang dipilih. Jadi saran saya agar waktu loading tidak melambat, pilihlah provider hosting yang sudah tepercaya memberikan pelayanan terbaik. Salah satu yang menyediakan WordPress Hosting terbaik adalah Qwords yang merupakan Hosting Indonesia yang dioptimalkan dengan CloudPOP.

Keunggulan WordPress Hosting

Berikut ini adalah Keunggulan WordPress Hosting yang sudah di optimalkan dengan CloudPOP


1. Cloud Based Hosting
WordPress Hosting akan menggunakan Cloud Based Hosting sehingga dalam segi skalabilitas akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Shared Hosting biasa.

2. Penyimpanan Menggunakan SSD berkecepatan Tinggi
Data akan disimpan dalam SSD berkecepatan tinggi dan menggunakan system backup mingguan yang akan secara otomatis di backup dalam server kami.

3. Optimasi WordPress untuk Performa Hosting
Hosting akan didesain khusus untuk penggunaan WordPress dan mendapat Ekstra CloudPOP untuk menghasilkan performa terbaik WordPress Hosting Anda.

4. Dukungan CloudFlare
WordPress Hosting didesain khusus untuk mendukung penggunaan CloudFlare.

5. Siap HTTP2 & SSL
WordPress Hosting telah mendukung penggunaan HTTP2 dan SSL yang dapat didapatkan secara gratis ataupun berbayar.

6. cPanel Control Panel dengan Modul Litespeed Apache
Menggunakan cPanel Control Panel dengan dukungan Ekstra Litespeed Apache akan membuat website semakin cepat diakses.

7. Bebas Set Fungsi PHP, Versi & Limit
Bisa bebas mengatur limit dan Versi PHP yang ingin digunakan pada WordPress Hosting.

8. GRATIS Migrasi dari Provider Manapun
Kita bisa menghubungi Customer Support kami untuk mendapatkan Gratis Migrasi WordPress Hosting dari provider manapun.

9. GRATIS Percobaan Satu Bulan Pertama
Kabar baiknya bisa lakukan FREE TRIAL 30 hari WordPress Hosting di Qwords.com, lalu temukan konfigurasi yang cocok untuk WordPress Hosting website atau blog kita.

Untuk besaran hosting, FYI Qwords menyediakan WordPress Hosting Paket Personal, Paket Business, hingga Paket Maxx mulai dari 1GB – 80GB di Qwords sesuai kebutuhan. Jika kita butuh untuk penjulan online yang banyak menggunakan data dan foto sebaiknya memilih hosting yang lebih besar agar situs bisa diakses dengan cepat dan mudah.

Nah, sudah ada gambaran kan mau membuat blog di platform yang mana? Semuanya tergantung kebutuhan dan kenyamanan teman-teman. Apapun itu semoga aktifitas bloggingnya lancar.

7 comments on "WordPress vs Blogspot untuk Blogging"
  1. Wah bener banget tuh Mbak, memang banyak banget ya keuntungan kalau memakai wordpress

    ReplyDelete
  2. Kalau menggunakan blogspot itu memang enak ya, jarang terjadi gangguan.

    ReplyDelete
  3. Jadi, ini kesimpulanya pakai wordpross apa blogspot nih yang lebih baik

    ReplyDelete
  4. Jadi, ini kesimpulannya pakai wordpress atau blogspot nih yang lebih baik

    ReplyDelete
  5. Wah bener banget tuh Mbak. Terima kasih informasinya, sangat membantu

    ReplyDelete
  6. Semua kembali kepada kenyamanan dan kebutuhan ya Mbak. Thanks infonya

    ReplyDelete
  7. Sebelum pakai domain sendiri pakai wordpress, enak sih ya di wordpress tapi belum siap ngurusin hosting dan lain-lain. Walau kangen juga ngeblog di wp

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^