Top Social

Wednesday, 22 May 2019

Bingung Memilih Nama Domain untuk Bisnis? Ikuti Tips Berikut Ini!



Memilih nama domain sebenarnya sama dengan memilih nama untuk perusahaan atau bisnis. Butuh waktu dan ide agar mendapatkan nama yang baik dan tepat karena domain sangat penting bagi keberhasilan bisnis mengingat dampaknya yang besar. Untuk yang pertama kali memilih nama domain mungkin kebingungan, saya sih juga awalanya begitu. Jangan terburu-buru beli domain karena akan menjadi identitas kita diinternet jadi pertimbangkanlah nama domain yang sesuai dengan bisnis dan mudah dipromosikan.

Nah ada baiknya kita kenalan dulu dengan apa yang dimaksud dengan domain. Di wikipedia, disebutkan bahwa adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikas nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan computer ataupun internet.

Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Ada beragam jenis top level domain yang diantaranya:

.com : untuk keperluan komersial
.org : untuk keperluan Organisasi
.net : untuk keperluan internet/network
.biz : untuk keperluan bisnis
.edu : untuk keperluan pendidikan
.info : untuk keperluan informasi

Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis

Oke, ini dia beberapa hal yang bsia teman-teman pertimbangkan sebelum menentukan nama domain dan membelinya untuk bisnis.

Tentukan Nama Domain yang Mudah Diingat sesuai Tema Bisnis

Tujuan utama pembuatan domain untuk bisnis tentunya ingin membuat branding bisnis makin dikenal banyak orang. Branding yang baik akan membantu promosi produk yang kita jual. Jadi hal yang pertama yang baiknya kita pikirkan adalah menentukan nama domain sesuai tema bisnis yang kita jalani.

Pilihlah nama domain yang mudah diingat banyak orang dan mudah ditemukan di mesin pencari. Idelanya nama domain yang singkat semakin baik terdiri dari 1-3 kata. Kalau memilih domain yang panjang tidak disarankan karena akan membuat kesulitan mengingat dan diketikkan di mesin pencari. Alih-alih berkunjung ke alamat website bisnis kita, eh malah nantinya menyasar ke website kompetitor.

Kreatif dalam Menentukan Nama

Sebenarnya kita bisa memilih nama domain dari kata sederhana. Namun untuk bisa diingat oleh orang banyak perlu kreatif dalam menentukan nama domain bisnis. Pilihlah nama domain yang unik dan menarik. Contohnya dengan menempatkan dua kata bersama-sama (misalnya MyFashion), menggabungkan bagian dari dua kata besama-sama (misalnya Instagram), memodifikasi sebuah kata menjadi kata baru yang unik, atau benar-benar membuat kata baru yang menarik. Namun ingat untuk memilih nama domain yang mudah dieja dan mudah diingat. Kata-kata yang singkat, unik, dan catchy, itu adalah resep yang sempurna agar domain kita bisa terkenal.

Hindari Karakter Pemisah

Hindari pula karakter pemisah (-) yang membuat susah diketik manual. Nama domain yang menggunakan tanda penghubung tidak memiliki branding dan sangat sedikit memiliki nilai SEO. Tanda hubung mengurangi kredibilitas dan dapat bertindak sebagai indikator spam, sehingga sulit untuk mendapatkan link. Tanda baca menyebabkan hilangnya link yang ada, karena orang tidak mudah untuk mengingat tanda hubung yang digunakan.

Cek di google dan sosial media apakah ada nama domain yang sama?

Hampir 84.000 nama domain yang terdaftar setiap harinya. Nama domain tidak boleh ada yang sama. Jangan sampai kecolongan ya! Sebelum membeli domain pastikan nama domain bisnis yang sudah kita tentukan tidak dimiliki oleh brand lain. Cara mengetahuinya sangat mudah, kita bisa cek di mesin pencari google atau sosial media nama brand yang kita punya. Jika dirasa ada yang menyerupai maka pilih yang lain untuk menciptakan branding sendiri. Hindari juga domain bekas yang sudah pernah dipakai oleh orang lain apalagi untuk hal-hal negatif.

Alat untuk Menyarankan nama domain

Masih bingung dengan banyak pilihan anma domain? Ada satu lagi yang bisa kalian coba yaitu dengan menggunakan alat yang bisa membantu menyarankan dan memilih nama domain yang tepat sesuai ide kita. Alat-alat ini juga akan membantu Anda melihat domain apa yang tersedia ekstensi apa yang cocok untuk digunakan. Berikut beberapa alat yang bisa teman-teman coba:

1. Business Name Generator: Alat untuk menghasilkan ide-ide nama bisnis yang sempurna
2. Namestation: Mampu memberikan hasil dari daftar domain yang tersedia berdasarkan kata yang disarankan
3. Domainr: Ketikkan sebuah kata dalam bagian pencarian dan alat ini akan menemukan domain yang sesuai

Beli Domain di Tempat Tepercaya

Setelah mendapatkan nama domain yang tepat selanjutnya yang juga penting adalah beli domain di tempat yang terpercaya seperti Qwords.com. Ada beberapa keunggulan nih jika menggunakan layanan domain di Qword :

Domain Langsung Aktif
Segera setelah kita melakukan pembayaran dan melampirkan syarat pendaftaran (jika ada), maka layanan Domain akan aktif dalam waktu kurang dari 15 menit

Harga Domain Terhemat
Temukan harga paling hemat untuk Nama Domain Indonesia & Internasional. Dapatkan pula promo dan potongan langsung untuk Ekstensi Domain pilihan.

Layanan Bantuan 24 Jam Yang Fast Response
Hubungi staf ahli Qword jika kalian menemukan kesulitan. Tim Customer Service & Technical Support siap membantu 24 jam melalui Live chat, Call center, dan support ticket.

Qwords merupakan Accredited Registrar PANDI
Sejak 2016, Qwords telah menjadi Accredited Registrar PANDI untuk pendaftaran Nama Domain Indonesia. Miliki Nama Domain di Qwords dengan harga yang bersaing.

Tersedia banyak pilihan Ekstensi Domain
Tak perlu khawatir jika Nama Domain telah didaftarkan orang lain. Di Qwords, tersedia lebih dari 500 ekstensi Nama Domain dari dalam dan luar negeri.

Domain Indonesia & Internasional
Selain Ekstensi Domain Indonesia, Qwords juga menyediakan Ekstensi Domain populer lainnya dari seluruh dunia

Nah gimana? Udah ada gambaran untuk menentukan nama domain untuk bisnis? Semoga sudah ya. Segera daftarkan domain bisnis kalian sekarang juga agar promosi dan branding bisnis jadi lebih baik


Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Nama_domain

Be First to Post Comment !
Post a Comment

Silahkan Berkomentar ^_^