Bye Mata Kering dengan Insto Dry Eyes

bye mata kering insto dry eyes

Bye Mata Kering dengan Insto Dry Eyes - Dini hari, saya masih berkutat dengan tulisan-tulisan yang harus di selesaikan. Bukannya tidak ingin menyelesaikan semua tugas menulis di siang hari, tapi anak-anak biasanya tidak membiarkan saya berlama-lama dengan laptop dan handphone. Jadi saat si kecil mulai terlelap saya pun mulai sibuk mengejar deadline yang hampir tertinggal.

“Istirahat dulu mi, nanti kecapean, itu mata sampai ga berkedip dari tadi melototi laptop mulu”
“Iya sebentar, nanggung dikit lagi selesai”  kadang suami suka khawatir melihat saya sesekali menguap atau mengusap mata yang cukup lelah juga pegal karena berjam-jam melihat layar laptop. Benar kata suami kalau sudah serius mata hampir lupa berkedip, mirip anak kecil yang lagi main games dan nggak mau terlewat sedetikpun hihi

Kebiasaan saya yang sering melihat laptop atau gadget berjam-jam ini memang membuat mata jadi kering, pegal dan terasa tak nyaman. Malah kadang mengganggu aktifitas lainnya. Penyakit mata kering ini memang kerapkali dialami oleh pekerja kreatif yang setiap hari tidak bisa lepas dari komputer maupun gadget

Mata Kering Membuat Tak Nyaman


Sering sekali saya mengalami mata kering, mungkin teman-teman juga. Saat mata kering berarti mata kita tidak mendapat pelumasan yang cukup dari air mata.  Nah, kondisi sindrom mata kering atau keratoconjunctivitis sicca  ini  tidak bisa menghilangkan debu atau benda asing yang mengganggu mata, makanya kita sering merasa nggak nyaman dan seperti ada yang mengganjal di bagian mata.

mata kering mata sepet mata pegel mata perih

Apa air mata sangat penting?

Benar sekali, jika mata kita sehat maka kornea mata akan terus dialiri air mata ketika berkedip. Air mata sangat penting mencegah bakteri masuk ke mata yang bisa menyebabkan iritasi. FYI, Air mata merupakan senyawa campuran dari lemak, air, lendir, serta lebih dari 1500 protein yang membuat permukaan mata tetap halus dan terlindungi dari lingkungan sekita. Kalau mata tidak memporoduksi air mata yang cukup maka mata jadi bisa terganggu.

Pada mata yang sehat, kornea akan terus dialiri oleh air mata ketika mata berkedip, untuk memberi nutrisi pada sel kornea dan melindungi kornea dari lingkungan luar. unsur yang mengganggu, atau kuman yang men`imbulkan infeksi. Saat kelenjar di sekitar mata tidak bisa memproduksi air mata yang cukup atau saat  komposisi air mata berubah, maka permukaan luar mata yang berperan untuk meneruskan cahaya ke dalam mata juga dapat terganggu.

Penyebab Mata Kering

Umumnya, penyakit mata kering sering terjadi pada wanita usia lanjut karena kelenjar yang memproduksi air mata tidak lagi bekerja dengan baik, juga kelopak mata ketika tua mulai melorot sehingga berpengaruh terhadap kelembapan mata. Selain itu ada ada juga beberapa penyebab lain, diantaranya?

  • Air mata lebih cepat menguap yang disebabkan oleh cuaca (angin, asap, atau udara kering),
  • Kita jarang berkedip saat membaca atau bekerja terlalu lama di depan layar komputer
  • Komposisi air mata tidak seimbang. Air mata terdiri dari 3 komposisi, yaitu minyak, air, dan lendir, dengan komposisi tertentu. Ketika komposisi ini berubah, misalnya karena sumbatan kelenjar minyak, blefaritis, atau rosacea, dapat mengakibatkan mata kering.
  • Mengalami perubahan hormon. Kondisi ini sering terjadi pada wanita yang mengalami perubahan hormon karena kehamilan, konsumsi pil KB, serta menopause.
  • Pola makan dengan kandungan vitamin A yang rendah.
  • Memakai lensa kontak.
  • Penyakit autoimun yang dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk membuat air mata sehingga menyebabkan mata kering. Beberapa penyakit autoimun yang membuat mata kering termasuk lupus, artritis reumatoid, serta sindrom Sj√∂gren.


Gejala Mata Kering

Biasanya saat mengalami mata kering, gejala yang sering terjadi adalah

penyebab mata kering

1. Mata sepet


Nah pada tau nggak apa itu mata sepet? Kalau dari kamus bahasa Indonesia "sepet" itu rasa seperti melekat atau tidak enak. Jadi artinya mata itu kek susah gitu mau dibukanya. Berat lah, biasanya kalau sudah terlalu lama menatap gadget kesayangan. Nantinya saat bangun tidur itu mata seperti lengket dan susah mau bukanya. Kelopak mata susah diangkat

2. Mata Pegel 

Mata pegel adalah gejala mata kering yang terjadi kalau terlalu lama mentap layar komputer. Mata yang pegal akan terasa kaku dan tegang sehingga mata cepat sekali lelah saat bekerja di depan layar komputer

3. Mata Perih

Gejala mata perih biasanya terjadi jika terlalu lama berada di ruangan ber-AC. Mata perih itu pedih. Sakitnya bisa membuat kita ingin menangis loh. Jika dibiarkan lama-lama mata bisa iritasi. 


Mata juga bisa tampak merah dan terasa panas atau seperti terasa berpasir. Saya pun mengalaminya juga teralalu lama menatap layar komputer. Kadang penglihatan jadi seperti buram dan sangat sensitif melihat cahaya matahari.

Walau dianggap penyakit yang tidak berbahaya kita jangan sampai terlena karena mata adalah asset seumur hidup. Jika terjadi sesuatu dengan mata kita maka akan berakibat fatal untuk aktifitas keseharian seperti membaca atau mengendarai kendaraan. Komplikasi yang dapat ditimbulkan dari penyakit mata kering bisa meningkatkan risiko terjadi infeksi mata akibat kekurangan pasokan air mata dan memicu konjungtivitis jika tidak segera diobati.

Bye Mata Kering dengan Insto Dry Eyes


Jika sudah mengalami gejala mata kering saya tidak mau mendiamkannya. Apalagi setiap hari kerjaan harus menghadap gadget dan laptop. Eit jangan sampai dikucek-kucek ya, karena bukannya mengobati malahan dapat membuat mata jadi iritasi loh.

Tips dari saya jika mata kering segera ambil Insto Dry Eyes untuk menyegarkan mata. Mata pegel karena terlalu lama menatap layar computer Alhamdulillah bisa nyaman lagi setelah meneteskan Insto Dry Eyes.

insto dry eyes mata keringinsto dry eyes mata kering


Insto Dry Eyes adalah tetes mata steril yang jadi solusi untuk mengatasi gejala mata kering seperti sepet, pegel, dan perih. Jadi fungsi Insto dry eyes ini sebagai air mata buatan karena mengandung bahan aktif yang dapat mengatasi kekeringan pada mata dan dapat digunakan sebagai pelumas pada mata. Kandungan bahan aktif dalam insto dry eyes dapat membunuh bakteri juga.

fungsi insto dry eyes mata kering

Jadi nih jika teman-teman mengalami gejala mata kering seperti sepet, pegel perih, segera ambil Insto Dry Eyes.

solusi mata kering insto dry eyes

Cara menggunakannya mudah sekali, cukup teteskan 1-2 tetes insto dry eyes pada mata yang kering. Nah pengalaman saya mencoba Insto Dry Eyes, saat diteteskan ke kedua mata ada sensasi sejuk dan dingin yang membuat mata terasa semriwing. Tak berselang lama mata terasa lebih segar dari sebelumnya karena sudah dilumasi oleh insto dry eyes. Pokoknya jadi solusi yang cepat deh untuk mata kering. Bye deh mata kering!

Tips Menjaga Mata dan Mencegah Mata Kering

Oya ada tips juga nih untuk teman-teman agar tidak mengalami mata kering. Ya kita semua nya pasti ingin mata tetap sehat sampai tua kan. Nah berikut beberapa tipsnya:

1. Menjaga kebersihan mata dengan menggunakan kompres air hangat disekitar mata untuk menghilangkan kotoran dan minyak di kelopak mata
2. Mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran yang mengandung vitamin A, atau ikan (tuna, sardine, salmon) yang mengandung asam lemak omega 3 yang dapat memperbaiki kondisi mata kering
3. Berkedip secara teratur saat membaca buku, menatap layar computer atau gadget dalam waktu lama. Bisa juga dengan istirahat setidaknya 20 menit dengan melihat ke pemandangan yang jauh minimal 6 meter.
4. Mengurangi pemakaian riasan mata
5. Melindungi mata saat berhadapan dengan cuaca angin, panas, asap atau debu dengan menggunakan kacamata atau pelindung lainnya
6. Menghindari dehidrasi dengan minum banyak air (8-10 gelas) setiap hari.
7. Selalu menyediakan Insto Dry Eyes untuk mengatasi jika mata kering agar menghindari iritasi mata lebih lanjut

Nah teman-teman punya pengalaman mata kering juga kah? Yuk share ceritanya

Referensi
http://insto.co.id
https://www.klikdokter.com/info-sehat/reallyd/3617333/atasi-mata-kering-dengan-nutrisi-ini

1 comment

Silahkan Berkomentar ^_^