Top Social

Wednesday, 31 July 2019

Cara Mengoptimalkan Website dengan SEO (Search Engine Optimization)

Memasarkan produk secara online dengan membuat sebuah website adalah salah satu cara promosi yang efektif. Namun tidak mudah untuk mendapatkan banyak pengunjung pada situs website usaha kita. Perlu pengetahuan dan kemampuan dalam memanfaatkan mesin pencari seperti google agar website/blog kita masuk dalam 10 besar hasil pencarian google sesuai dengan kata kunci yang kita inginkan. Banyak website berlomba-lomba agar berada di posisi teratas pencarian google karena akan berpengaruh pada penjualan produk atau jasa yang kita tawarkan di website. Untuk itu penting sekali mengoptimalkan website dengan SEO (search engine optimazition).

Apa itu SEO?

Teman-teman mungkin sudah sering mendengar tentang SEO yang akan membantu website mudah muncul di pencarian 10 besar google. Namun apa sih sebenarnya SEO itu?

SEO (Search Engine Optimization) adalah usaha untuk mendapatkan peringkat terbaik pada mesin pencari agar mendapatkan kunjungan pada website dengan memperhatikan factor tertentu sesuai dengan algoritma mesin pencari.

Secara umum SEO terbagi menjadi dua yaitu SEO On page dan SEO Off page. SEO on page adalah upaya mendapatkan ranking di mesin pencari dengan mengoptimalkan performa pada bagian struktur halaman website. Sedangkan SEO Off page adalah optimasi yang dilakukan dari luar halaman yang akan mendukung eksistensi halaman utama yang bisa berupaa backlink, share website ke social media dll.

SEO memang menawarkan banyaknya pengunjung ke situs website secara gratis. Semakin tinggi peringkat website di mata google, maka akan semakin banyak jumlah pengunjung yang didapatkan. Website pun akan mudah ditemukan dan mengurangi anggaran untuk beriklan. Memang butuh kesabaran dan waktu untuk mempertahankan peringkat website karena persaingan sangat ketat mengingat banyak website berlomba-lomba untuk menduduki peringkat teratas.

Tips Mengoptimalkan SEO sebuah Website

Ada beberapa langkah yang sering digunakan untuk mengoptimalkan website dengan SEO:

1. Tentukan tema atau topik website

Sebelum membuat sebuah website tentukanlah topi utama dari website yang ingin kita usung karena nantinya akan menjadi judul blog maupun bisa dihubungkan dengan nama domain. Topik yang kita pilih juga sebaiknya relevan dengan website secara keseluruhan. Selain itu kita juga perlu mempertimbangkan platform apa yang ingin dipilih. Jika memutuskan untuk membangun website dengan platform wordpress pertimbangkan juga untuk membeli domain dan hosting terbaik di penyedia hosting Indonesia seperti Qwords yang menawarkan hosting untuk menjaga peforma website.

2. Riset Kata Kunci

Riset keyword sebelum membuat konten akan membantu kita menemukan kata kunci yang sesuai pagi pembaca. Indikator riset keyword yang perlu diperhatikan adalah volume pencarian, tingkat kesulitan keyword, saran kata kunci, SERP dan search intent. Bagaiamana cara melakukannya? Kita bisa menggunakan Google Adwords : Keyword Tools untuk mengetahui kata kunci yang tepat. Layanan ini disediakan oleh google secara gratis.

Ada dua jenis kata kunci berdasarkan jumlah katanya yaitu short tail keyword dan long tail keyword. Short tail keyword adalah kata kunci yang terdiri dari satu atau dua kata seperti “optimasi SEO” “membuat blog”. Sedangkan long tail keyword adalah kata kunci yang terdiri dari tiga kata atau lebih seperti “cara membuat blog dengan Blogger.” Nah, tingkat pencarian long tai keyword cenderung lebih kecil dibandingkan short tail keyword. Namun menurut Neil Patel, long tail keyword lebih efektif  70  persen mendatangka trafik dibandingkan short tail keyword.

3. Membuat Konten Berkualitas

Bagi google, konten adalah RAJA. Tidak ada yang lebih baik selain konten yang orisinil dan berkualitas. Buatlah artikel yang informatif dan bermanfaat bagi pembaca, bila perlu tambahkanlah foto, ilustrasi, video dan grafis yang menarik. Media visual akan membantu pembaca lebih mudah memahami isi artikel.

Ada yang mengatakan konten yang baik setidaknya terdiri dari 500 kata, ada pula yang berpendapat 700 kata. Namun yang terpenting adalah membuat pembaca ingin membaca tulisan kita terus menurus bahkan ingin mengunjungi website berulang kali. Teruslah mengupdate tulisan original dan menarik bagi pembaca.

4. Maksimakan Media Sosial

Kehadiran media social sangat membantu dalam membuat pembaca mengunjungi stisu website kita. Bagi pemilik situs wajib rasanya mempunyai akun social media seperti facebook, twitter maupun instagram. Bukan hanya membantu mengoptimalkan SEO website juga akan menambah pengunjung website.

5. Membangun External Link  dan Internal Link

Backlink adalah salah satu hal terpenting dalam pengoptimalan website dengan SEO. Kita perlu membangun backlink berkualitas dari website.  Semakin baik website kita maka semakin banyak orang yang akan menjadikan website kita sebagai referensi dengan memberikan backlink ke website.
Selain external link, internal link juga membantu dalam optimasi SEO. Internal link adalah link dari satu halaman ke halaman dalam satu website yang sama. Internal link akan membantu mesin pencari memahami hubungan antar halaman di website. Google akan mengutamakan website yang kontennya berhubungan melalui internal link.
Internal link juga membantu pembaca mencari tulisan yang relevan dan akan meningkatkan waktu pengunjung dalam website kita. Semakin banyak interbal link yang pengunjung klin maka semakin banyak wkatu yang dihabiskan di website kita.

Langkah-langkah mengoptimalkan website dengan SEO tersebut akan berjalan dengan baik jika kita memiliki website dengan kecepatan yang cukup tinggi agar pembaca betah berlama-lama membaca. Kecepatan website ini dipengaruhi oleh fasilitas dan kualitas hosting yang kita pakai. Jika teman-teman berencana untuk membangun sebuah website sebaiknya mempercayakan untuk membeli hosting di Qwords yang menggunakan Cloud hosting agar terbebas dari loading website yang lama.
Semoga bermanfaat!

2 comments on "Cara Mengoptimalkan Website dengan SEO (Search Engine Optimization)"
  1. SEO itu penting buat Website kita agar konten kita ramah dimesin pencari. Asal penerapannya ngak berlebihan.Kalau berlebihan malahan ngak bagus juga.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^