Top Social

Friday, 12 July 2019

Pentingnya Keamanan Website dengan Menggunakan SSL Certificate


Halo pembaca riafasha.com

Siapa nih yang punya website untuk toko onlinenya? Pasti banyak ya, karena di era digital seperti sekarang kita dipermudah untuk berjualan ataupun membeli melalui website. Transaksi pun menjadi cepat karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namun tau nggak sih kalau penting sekali untuk menjaga keamanan website. Ibarat sebuah toko yang ada penjaga atau satpamnya, nah website juga begitu, perlu system keamanan yang menjaga website dari serangan virus maupun hacker yang terkoneksi melalui sebuah jaringan.

Kenapa penting sekali keamanan website? Kita semua pasti tahu kalau website hanya bisa dibuka melalui jaringan internet, nah jika sudah terkoneksi maka hacker bisa menemukan dan merusak website. Kalau sudah di hack bisa mengancam keberlangsungan website kita, belum lagi aka nada kerugian yang tidak diinginkan. 

Kita juga perlu menjaga keamanan website agar data di dalamnya tetap aman dan tersimpan dengan baik. Bahaya sekali jika data-data penting disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Apalagi data pelanggan yang bisa memberi efek negatif pada toko kita. 

Bagaimana menjaga Keamanan Website

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga keamanan website? Apa saja? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Perhatikan penggunaan password dan sistem keamanan jaringan

Teman-teman jika menggunakan komputer bersama memang harus ekstra hati-hati keamanannya. Terutama dalam menggunakan password. Password harus dilindungi dan dijaga tingkat kerahasiaannya. Nah, hindarilah penggunaan password yang mudah ditebak. Misalnya saja seperti tanggal lahir, nama panggilan, dan sebagainya. Hal ini akan memudahkan hacker membobol akun website. Selain itu perhatikan beberapa hal berikut:
Login  akan langsung berakhir ketika periode penggunaan sudah tidak aktif
Sandi yang sering diubah
Sandi yang kuat dan tidak pernah dibuat sebelumnya 
Semua perangkat yang terhubung ke jaringan harus discan dari malware setiap kali mereka terpasang.

Batasi akses pengguna

Hal ini hanya berlaku untuk sejumlah situs yang mempunyai beberapa log in. Membatasi akses pengguna sangat penting dilakukan, sesuai dengan perannya masing-masing. Dengan begitu, hal ini bisa mengurangi dampak dari akun berbahaya serta melindungi dari kerusakan akibat ulah hacker.

Terus update dan Lakukan Backup Data

Keamanan website bisa dijaga dengan memastikan versi CMS dan plug in yang digunakan merupakan versi terbaru. Mengoperasikan software yang tak pernah diperbarui sangat berisiko dan rawan diretas oleh hacker yang mengandalkan system otomatis. Selain itu terus lakukan backup data secara berkala untuk menghindari penyimpanan backup data pada web server yang sama karena berisiko tinggi diakses hacker. 

Gunakan Server Hosting Terpercaya

Selanjutnya keamanan website juga ditentukan oleh seberapa kuat tingkat keamanan server hosting yang Anda gunakan.  Server hosting yang tidak mudah dijebol hacker tentu akan lebih aman ketimbang server hosting yang mudah disusupi hacker/malware/virus dll. Nah salah satu penyedia hosting Indonesia terpercaya yang aman untuk website kalian adalah Qwords.com yang memiliki server dengan tingkat keamanan tinggi dan dilengkapi bentuk pengamanan lainnya. 

Install SSL Certificate

Salah satu fitur keamanan yang paling sering dan banyak digunakan oleh website – website perusahaan adalah SSL Certificate. SSL memiliki peran penting, terlebih untuk keamanan web ecommerce serta tiap web yang memakai form pengisian yang menyantumkan data personal. Sertifikat SSL bisa melindungi informasi pengunjung sepanjang proses pengiriman data dengan menggunakan internet.

Apa itu SSL?


Sudah pernah dengar beum tentang SSL? Jadi SSL (Secure Socket Layer) itu  adalah lapisan keamanan untuk melindungi transaksi di website kita dengan teknologi enkripsi data yang canggih. Pada website dengan SSL maka alamatnya berubah menjadi https dan muncul tanda padlock (gembok) di address bar browser yang bisa di-klik untuk melihat jenis SSL, teknologi enkripsi yang dipakai dan siapa identitas pemilik website.

SSL (Secure Socket Layer) merupakan metode enkripsi data dari website yang digunakan untuk mengamankan komunikasi antara komputer & server.  Website yang ber-SSL akan dikenali browser sebagai situs yang terpercaya, serta akan lebih disukai oleh search engine. Bayangkan jika website kita mendapat ranking yang tinggi di mesin pencarian. Tentu akan semakin banyak klik menuju website kita.

Sebelum membeli SSL Certificate, penting bagi kita untuk mengetahui jenis-jenis SSL yang ada agar nantinya bisa memilih SSL sesuai kebutuhan. SSL terdiri dari 3 jenis yakni DV (Domain Validated), OV (Organization Validated), dan EV (Extended Validated).

1. DV (Domain Validated)
Sering digunakan oleh entry level, perorangan, atau mereka yang ingin proses issue-ing SSL yang cepat. Karena DV hanya memerlukan verifikasi domain dan email saja. Jenis ini populer di kalangan para blogger

2. OV (Organization Validated)
Jenis SSL ini digunakan untuk domain bisnis atau organisasi. OV memerlukan verifikasi beberapa dokumen usaha seperti SIUP/TDP/Akta perusahaan. Membutuhkan waktu lebih lama untuk issue-ing SSL-nya (ada proses vetting).

3. EV (Extended Validated)
Standar validasi SSL tertinggi yang merupakan kombinasi dari OV dan DV. EV digunakan oleh mereka yang ingin mencapai highest trust level SSL dan juga branding karena tersedia fitur Greenbar pada URL.

FYI, DV dan OV terdapat Wildcard SSL untuk mengamankan domain dan seluruh subdomain dari domain utama. Jadi udah ada gambaran ya kalau kita pemilik website, blog, atau toko online, berarti sudah wajib bagi kita untuk melengkapi sertifikat SSL untuk website. 

Kelebihan SSL Certificate


Nah dengan memilih SSL Certificate yang sesuai kebutuhan kita bisa sedikit tenang soal keamanan website. Karena tak khawatir file-file penting dan data klien dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.  Protokol keamanan SSL akan menjaga pengiriman data-data sensitif seperti password, data bank, dan kartu kredit secara aman dan terenkripsi. 
SSL juga memiliki fungsi otentikasi. SSL dapat memastikan bahwa informasi dikirimkan ke server tujuan, bukan ke server lain yang tidak memiliki hak terhadap informasi tersebut. Sehingga, semua informasi sensitif tidak jatuh ke tangan yang salah dan pencurian data dapat dihindari.

Oya selain itu SSL juga akan meningkatkan popularitas situs karena website yang ber-SSL juga dapat dengan mudah dikenali oleh para pengunjung melalui ciri-ciri yang paling nampak yaitu:
1. Pertama, dari url-nya yang berawalan HTTPS. 
2. Kedua, adanya ikon gembok terkunci dan tulisan Secure berwarna hijau pada samping bar URL

Biasanya pengguna internet akan mencari tahu situs-situs mana saja yang aman dan yang tidak. Karena itu, sangat penting memiliki sertifikat SSL. Nah segera pasang SSL untuk website yuk!

Referensi
https://blog.qwords.com/a-complete-guide-to-ssl-certificate/



Be First to Post Comment !
Post a Comment

Silahkan Berkomentar ^_^