Top Social

Friday, 30 August 2019

Mengenal WordPress dan Kelebihannya

image : wordpress (pixabay)

Media penulisan blog sangat beragam, dan salah satu yang paling populer adalah WordPress. WordPress merupakan sistem manajemen konten (CMS) yang paling banyak digunakan di dunia. Lebih dari 30% website dibuat di WordPress dan persentasenya masih terus meningkat. Banyak situs populer menggunakan wordpress seperti  The New Yorker , sony music, white house dan masih banyak lagi.

Walaupun blog saya ini tidak menggunakan wordpress tak ada salahnya kita membahas seluk beluk mengenai Wordpress dan kenapa ia menjadi satu dari banyaknya pilihan terbaik untuk membangun blog maupun website.

Saya sendiri pernah mencoba WordPress karena penasaran. Apa sih WordPress itu? Banyak yang bilang website ataupun blog menggunakan WordPress lebih mudah dikostumisasi dan memiliki banyak plugin yang mendukung website. Nah benarkah itu? Yuk kita kenalan dengan WordPress


Apa itu WordPress?

Teman-teman yang baru mau memulai menulis blog sering dihadapkan pilihan yang cukup membingungkan untuk menentukan media penulisan blog. Biar nggak makin bingung, saya akan berbagi info mengenai WordPress.

Dilansir dari Wikipedia WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software. Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

WordPress merupakan aplikasi web yang memperbolehkan pemilik, editor, dan author untuk mengelola website dan menerbitkan konten tanpa harus menguasai istilah teknis dan bahasa pemrograman terlebih dulu. WordPress menggunakan PHP dan MySQL, yang ternyata didukung oleh hampir semua penyedia web hosting. Terdapat juga paket hosting yang disediakan oleh beberapa penyedia Hosting Indonesia seperti Qwords yang menawarkan kelebihan dalam kecepatan, performa, dan keandalan website.

WordPress diawali pada tahun 2003 di mana dua developer, Matt Mullenweg dan Mike Little, membuat platform blogging baru karena software b2/cafeblog dihentikan. Segera setelah proyek tersebut ditinggalkan, kedua developer tersebut memutuskan untuk mengambil alih, mempertahankan, dan melanjutkan pengembangan dengan cara mereka sendiri. Mullenweg dan Little merilis versi pertama WordPress (WordPress 1.0) pada bulan Januari 2004. Tampilan awalnya benar-benar berbeda dari CMS WordPress sekarang yang sudah kaya fitur. Meski demikian, versi pertama ini sudah menawarkan sebagian besar fitur inti yang kita gunakan hari ini, misalnya editor WordPress, proses instalasi yang mudah, permalink, sistem manajemen user, kemampuan memoderasi komentar, dan lain sebagainya.

Sejak tahun 2004, WordPress telah melalui banyak sekali proses transformasi. Kini, WordPress dikembangkan, dikelola, dan di-maintain oleh komunitas open-source berdedikasi yang terdiri atas ribuan pengguna di seluruh dunia. Banyak orang memilih wordpress karena kelebihan tipe website yang bisa dibuat di platform ini. CMS pada WordPress bukan hanya bisa membuat blog sederhana, namun juga situs e commerce portofolio, newspaper, atau apa pun yang diinginkan. Selain itu WordPress pun memiliki software antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan. Hampir sama dengan cara menggunakan Microsoft Word, kita tidak akan mengalami kesulitan saat hendak mengoperasikan WordPress: membuat dan menerbitkan konten semudah menjentikkan jari.

WordPress.org dan WordPress.com

Oya, masih banyak yang bingung saat menemukan di mesin pencari karena ada WordPress.com dan WordPress.org. Apakah sama? Kenyataannya WordPress.com dan WordPress.org memiliki tujuan dan user base yang berbeda-beda.

WordPress.org merupakan website yang digunakan jika kita  ingin membuat situs WordPress self-hosted. Melalui situs ini, kita bisa mengunduh platform WordPress dan mendapatkan berbagai plugin dan tema gratis. Untuk mengonlinekan website melalui WordPress, kita diharuskan membuat nama domaindan membeli paket web hosting. WordPress menggunakan PHP dan MySQL agar bisa aktif dan bekerja. Kita  juga bisa memanfaatkan paket WordPress hosting yang memang ditujukan untuk mengoptimalkan performa CMS WordPress.

Lalu apa bedanya dengan WordPress.com?
WordPress.com merupakan perusahaan hosting yang menggunakan sistem manajemen konten WordPress untuk semua blog yang dibuat di CMS tersebut. Jika tertarik mendaftar dan membuat blog di sini, maka tipe domain yang Anda dapatkan adalah myblog.wordpess.com (meskipun tersedia juga custom domain berbayar). Paket defaultnya gratis tapi memiliki beberapa keterbatasan.

Manfaat WordPress

Seperti yang saya singgung sebelumnya ada banyak hal yang bisa kita lakukan dengan menggunakan WordPress, diantaranya

1. Blog dan Website Pribadi

Kita bisa membuat blog menggunakan WordPress, baik WordPress.com atau WordPress.org. Awalnya kita bisa menggunakan WordPress.com terlebih dahulu untuk melakukan percobaan. Apabila sudah cukup familiar dengan cara menggunakannya dan mulai membutuhkan lebih banyak fitur dan berkeinginan untuk membuatnya menjadi self-hosted bisa melakukan migrasi ke WordPress.org. Di dalam blog pribadi kita bisa menuliskan apapun yang disukai sesuai yang niche yang diminati seperti travelling, kuliner, beauty, teknologi dll.

2. Website Perusahaan

Selain blog, kita juga bisa membuat website perusahaan menggunakan WordPress. Website berguna untuk membangun kredibilitas perusahaan di dunia maya. Hal ini berlaku baik untuk perusahaan yang transaksinya dilakukan secara online maupun offline. Jika liya ingin membangun bisnis online sederhana, maka Anda bisa memulainya dengan membuat website di WordPress.
Walaupun CMS WordPress lebih banyak digunakan untuk situs bisnis kecil atau sederhana, banyak juga perusahaan besar yang memanfaatkan kelebihan platform ini. Menurut laporan Verisign 84 persen konsumen lebih percaya kepada bisnis yang memiliki website dibanding bisnis yang memiliki laman media sosial saja. Dengan memiliki website kita bisa membuat konsumen lebih percaya kepada perusahaan.

3. Website Toko Online

Jika ingin membuat sebuah website toko online kita bisamenggunakan WordPress.org. Setelah itu pasanglah plugin WooCommerce untuk membuat website toko online. Kita bisa membuat toko online tanpa harus menguasai bahasa pemrograman terlebih dahulu. WooCommerce, plugin eCommerce WordPress yang paling banyak digunakan, menawarkan fitur-fitur penting, seperti keranjang belanja (shopping cart), sistem manajemen order, halaman checkout, one-click refund, dan lain-lain.
WooCommerce memungkinkan kita untuk membuat website toko online lengkap, dari display produk sampai pembayaran. WooCommerce telah diunduh 53 juta kali dan menjadi plugin toko online paling populer di dunia. Di laman resminya, WooCommerce mengklaim 28 persen toko online di dunia dibuat menggunakan WooCommerce.

4. Portofolio

Berbagai profesi seperti blogger, influencer, Freelancer, seniman, photographer, musisi, juga penulis menggunakan WordPress untuk membuat portofolion online. Berbagai template portofolio tersedia di WordPress.org yang menawarkan semua fitur yang dibutuhkan, misalnya galeri gambar, lightbox, dan portfolio grid. Di dalam laman portofolio kita bisa menawarkan bisnis atau jasa yang kita geluti, dengan tampilan yang menarik tidak menutup kemungkinan akan banyak yang tertarik untuk bekerjasama.


Kelebihan Wordpress


WordPress memiliki beberapa kelebihan dan sejauh ini, platform ini merupakan opsi terbaik bagi siapa pun yang ingin membuat website tanpa harus menguasai bahasa pemrograman terlebih dulu. Selain itu, CMS ini juga merupakan pilihan yang tepat bagi para programmer karena sangat mudah dikelola. 

1. Ramah untuk Pemula dan Ahli

Kelebihan pertama WordPress adalah kemudahannya sehingga bisa digunakan siapa saja, dari orang yang sudah ahli programming maupun orang awam. Untuk mengaksesnya kita tidak perlu menjadi ahli programming dan bisa membuat website profesional menggunakan WordPress. Di sisi lain, banyak plugin di WordPress yang juga cocok untuk mereka yang pro sehingga mereka punya kesempatan untuk mengotak atik dan mempercantik websitenya.

2. Murah  dan Mudah

Untuk menggunakan WordPress  kita hanya perlu membayar domain dan web hosting. Software serta sebagian besar plugin dan tema WordPress bisa di dapatkan secara cuma-cuma. Selain itu proses instalasi dan updatenya pun mudah karenaharus melakukan konfigurasi apa pun. Hanya dengan sekali klik, proses update WordPress bisa dilakukan.

3. Desain Mudah Dimodifikasi

Template atau desain tampilan Wordpress mudah dimodifikasi sesuai keinginan pengguna. Sehingga apabila pengguna memiliki pengetahuan  HTML yang memadai, maka pengguna tersebut dapat berkreasi membuat template sendiri. Pengguna yang tidak mengerti HTML, tentu saja masih dapat memilih ribuan template yang tersedia di internet secara bebas, yang tentu saja gratis. Misalnya, ada template-template tertentu yang sebaiknya diaplikasikan untuk restoran, praktisi kesehatan, bisnis kecil dan sederhana, blogger makanan, dan lain-lain.

4. Plugin Melimpah

Selain tutorial WordPress yang melimpah, plugin WordPress juga melimpah.  Contohnya jika kita ingin mengoptimasi SEO website? Ada plugin Yoast SEO. Atau Ingin menambahkan profil media sosial dan tombol share media sosial? Kita bisa menggunakan One Signal dan plugin media sosial wordpress terbaik lainnya. WordPress menyediakan ribuan plugin untuk memudahkan mengelola dan menambahkan fitur untuk website. Dan Kelebihan ini jarang ditemukan di platform lain.

Nah masih banyak lagi kelebihan wordpress dan jika teman-teman tak sabar ingin segera memulai membuat blog atau website sendiri bisa cek paket domain dan hosting wordpress di Qwords.com. WordPress Hosting disini akan emnggunakan Cloud Based Hosting sehingga dalam segi skalabilitas akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Shared Hosting biasa. Selain itu kita bisa dapatkan FREE TRIAL 30 hari WordPress Hosting di Wrords.com untuk menemukan konfigurasi yang cocok untuk WordPress Hosting kita.


Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/WordPress
https://www.qwords.com/wordpress-hosting/

Be First to Post Comment !
Post a Comment

Silahkan Berkomentar ^_^