Top Social

Wednesday, 28 August 2019

Belum Memiliki Dana Yang Cukup? Berikut Tips Membangun Bisnis Rumah Kontrakan Tanpa Modal




Dewasa ini, peluang untuk berinvestasi menggunakan berbagai instrumen telah terbuka begitu lebarnya. Tidak hanya orang dewasa dengan pendapatan stabil saja yang dapat melakukannya, melainkan mahasiswa hingga anak SMA sekalipun. Dengan tersedianya semakin banyak instrumen yang dapat digunakan, masyarakatpun juga dibebaskan untuk memilih jenis instrumen investasi seperti apa yang menurut mereka paling aman dan mudah untuk dilakukan. 

Sebut saja seperti emas, saham, ataupun reksadana yang tentunya memiliki kelebihan maupun kelemahannya masing-masing. Nah, diantara seluruh jenis investasi yang ada, terdapat salah satu instrumen yang sepertinya sudah mulai marak dilakukan oleh sebagian masyarakat, yaitu investasi bisnis rumah kontrakan. 

Tidak hanya dijadikan sebagai investasi yang cukup menjanjikan, bisnis rumah kontrakan pun juga sering kali dijadikan sebagai salah satu peluang usaha jangka panjang. Budaya merantau yang banyak dianut oleh sebagian besar masyarakat Indonesia membuat kehadiran dari bisnis rumah kontrakan sangat dibutuhkan dengan angka permintaan yang kian meningkat seiring berjalannya waktu. 


Hanya saja, tidak semua orang berani, khususnya bagi pemula, untuk langsung memulai bisnis rumah kontrakan sebagai langkah awal yang mereka ambil. Mengapa? Karena kecenderungan bisnis rumah kontrakan yang membutuhkan modal lebih tinggi dibandingkan jenis bisnis lainnya. Namun, dengan kehidupan yang sudah mulai dipenuhi oleh digitalisasi, bukan berarti membangun bisnis rumah kontrakan tanpa modal itu suatu yang mustahil. 

Maka dari itu, jika anda ingin membangun bisnis rumah kontrakan namun belum memiliki modal yang cukup, tak perlu khawatir! Yuk ikuti beberapa langkah berikut ini.

Tips Membangun Bisnis Rumah Kontrakan Tanpa Modal

1. Mengajukan Kredit ke Bank

Tidak hanya diperuntukan untuk bisnis rumah kontrakan saja, mengajukan kredit ke bank juga sangat ampuh bagi para pelaku usaha yang ingin memulai bisnis apapun itu. Walaupun saat ini sudah mulai banyak yang mengajukan pinjaman melalui lembaga pinjaman online, namun mengajukan pinjaman ke bank masih dianggap jauh lebih aman dan terpercaya. 

Hanya saja, dikarenakan dokumen-dokumen yang dibutuhkan perlu diantarkan secara langsung ke lokasi cabang bank terdekat, cara ini dinilai tidak terlalu efektif, terutama bagi yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi. Ditambah lagi bahwa prosedur yang dilalui juga cukup memakan waktu. Namun, tentu mengajukan kredit ke bank merupakan salah satu cara paling ampuh dalam mendapatkan modal usaha. 

Untuk cicilannya itu sendiri juga dapat disesuaikan dengan gaji dari masing-masing peminjam sehingga dapat dipastikan jumlah cicilan tidak akan memberikan beban yang berarti bagi masyarakat yang ingin mengajukan kredit. 

2. Mengajukan Pinjaman Melalui Lembaga Pinjaman Online

Di paragraf sebelumnya telah sedikit disinggung mengenai lembaga pinjaman online, bukan? Nah, tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran dari lembaga pinjaman online cukup mempermudah masyarakat dalam memecahkan berbagai permasalahan finansial yang terjadi. Hanya bermodalkan komputer ataupun ponsel pintar, pinjaman sudah dapat diajukan dengan begitu mudahnya. 

Prosedurnya pun juga tidak memakan waktu yang lama, bahkan dana sudah dapat dicairkan hanya dalam hitungan jam hingga beberapa hari saja. Hanya saja, seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan kehadiran dari lembaga pinjaman online, hal tersebut membuat sekelompok oknum tidak bertanggung jawab memanfaatkannya untuk melakukan hal negatif yang merugikan, penipuan berkedok pinjol.

Maka dari itu, ada baiknya untuk masyarakat agar lebih kritis, waspada, dan berhati-hati sebelum mengajukan pinjaman melalui lembaga pinjaman online. Lakukanlah riset terlebih dahulu untuk menemukan lembaga pinjaman online manakah yang aman dan terpercaya. 

3. Mengajukan Proposal Bisnis Kepada Calon Investor

Walau hanya sekadar membangun bisnis kontrakan, tak ada salahnya anda mencari calon investor dan mengajukan proposal bisnis. Perlu diketahui bahwa bisnis rumah kontrakan memiliki potensi yang sangat besar untuk berkembang dan sangat patut untuk ditekuni oleh para pelaku usaha. 

Jika anda berkeninginan untuk menekuni bisnis rumah kontrakan ini menjadi sebuah bisnis besar, cobalah untuk mengajukan proposal bisnis kepada calon investor. Buatlah proposal dengan baik, jelas, dan benar agar dapat dimengerti oleh calon investor nantinya. 

Proposal juga harus dapat mewakili apa yang menjadi tujuan anda kedepannya sehingga investor pun dapat tertarik untuk berinvestasi di bisnis anda. Dengan adanya proposal, anda bisa sekaligus meyakinkan investor bahwa bisnis anda memang sudah dirancang secara matang.

Walaupun modal merupakan kunci utama dalam membangun suatu bisnis, bukan berarti tidak mungkin anda dapat memulai bisnis tanpa menggunakan modal pribadi. Banyak sekali cara-cara yang dapat dilakukan agar bisnis tetap berjalan sesuai rencana walau belum memiliki modal yang cukup, seperti ketiga cara yang telah disebutkan diatas. 

Hanya saja, perlu diketahui bahwa setiap bisnis yang ada pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk bisnis rumah kontrakan. Namun, jangan jadikan kelemahan sebagai kendala anda dalam memulai bisnis. Apakah anda tertarik untuk memulai bisnis rumah kontrakan? Yuk ketahui dulu untung ruginya dengan membaca informasi yang akan dilampirkan berikut ini sekaligus menjadi bahan pertimbangan anda dalam memulai bisnis di https://www.cekaja.com/info/bisnis-rumah-kontrakan-untung-rugi/

3 comments on "Belum Memiliki Dana Yang Cukup? Berikut Tips Membangun Bisnis Rumah Kontrakan Tanpa Modal"
  1. Mengajukan kredit ke Bank ini memang bisa menjadi salah satu solusi yang tepat nih ya Mbak

    ReplyDelete
  2. Waduh kalau mau pinjam uang secara online seperti ini saya masih belum berani nih Mbak

    ReplyDelete
  3. Ternyata ada beberapa cara ya yang bisa dilakukan untuk membangun bisnis kontrakan ini

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^