Top Social

Friday, 30 August 2019

Tips Memilih Tempat Jual Beli Bitcoin dan Cara Mendapatkannya


Bitcoin ini merupakan mata uang sama seperti Dollar, Rupiah, Euro, dan mata uang lainnya. Dan naik turunnya harga mata uang Bitcoin sangat tergantung dari banyak faktor, mulai dari volume hingga tingkat kepemilikan serta kepercayaan orang terhadap Bitcoin. Untuk mengetahui harga Bitcoin terkini, anda bisa memantaunya melalui situs online yang tersedia. Selain mata uang Bitcoin atau BTC serta mata uang virtual lainnya, anda juga bisa melihat index harga mata uang fisik seperti Euro maupun Dollar.  Sedangkan harga bitcoin hari ini adalah US$10.119,23 dengan volume transaksi 24 jam sebesar US$19.881.448.665. Harga turun 10% dalam 24 jam terakhir. Selain itu, terjadi peredaran suplai sebesar 17,9 juta koin dan suplai maksimum sebesar 21 juta koin. Sebelum anda mencoba untuk menggunakan Bitcoin, maka sebaiknya mengetahui terlebih dahulu tipsnya.

3  Tips memilih platform jual/beli Bitcoin :


  • Pilih platform yang kredibel dan terpercaya. Oleh karena itu, lakukan riset terlebih dahulu, seperti sudah berapa lama perusahaannya, apakah ada berita-berita buruk di Google dan lain sebagainya.
  • Pastikan platform tersebut menyediakan jual beli dengan mata uang lokal.
  • Pastikan biaya-biaya tambahan murah, misalnya biaya untuk tarik dana ke rekening bank lokal.

Cara Mendapatkan Bitcoin 

1. Beli Bitcoin Langsung Dengan Mode Instan

Dalam hal ini, anda bisa membeli Bitcoin dengan metode instan yang merupakan cara yang paling mudah. Anda bisa membeli Bitcoin sesuai dengan kurs yang tertera pada saat tersebut. anda cukup masukkan uang rupiah atau jumlah Bitcoin yang ingin anda beli. Selain itu, pembelian Bitcoin bisa dilakukan melalui transfer bank (ATM, Internet banking), gerai minimarket atau penyedia layanan e-wallet. Pembelian instan Bitcoin ini diibaratkan anda membeli mata uang asing di money changer. Dalam hal ini, anda cukup memberi tahu berapa yang ingin dibeli. Pastinya harga yang digunakan bukan harga pasar (marker price), melainkan “harga jual” dan “harga beli”. Contohnya : jika anda ingin membeli Dollar, maka anda mengikuti harga jual, yakni Rp13.516,00. Atau jika anda ingin menjual Dollar, maka anda mengikuti harga beli, yaitu Rp13.500,00.

2. Beli Bitcoin Dari Bursa (Exchange) dan Melakukan Trading

Cara berikutnya adalah dengan melakukan exchange, sama seperti pada contoh sebelumnya. Dimana kedua cara ini menunjukkan Bitcoin sebagai instrument trading (jual-beli). Biasanya metode ini digunakan oleh para pedagang (traders) untuk mendapatkan keuntungan jangka pendek. Para traders biasanya akan melakukan transaksi jual beli secara intens, guna mendapatkan keuntungan. Dalam hal ini, besarnya keuntungan yang bisa diperoleh adalah hasil selisih harga jual dengan harga beli Bitcoin. Dan platform tersebut biasanya mengenakan biaya atau fee.  Biaya tersebut dikenakan untuk 2 sisi, yakni market maker (penjual) dan market taker (pembeli). Besarnya fee tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan.

3. Beli Bitcoin Dari Komunitas (peer-topeer)

Cara berikutnya adalah dengan membeli Bitcoin tanpa melalui platform atau aplikasi khusus. Selain itu, anda bisa melakukan jual beli melalui komunitas sesama pengguna Bitcoin. Dalam hal ini, anda harus mengetahui selalu ada risiko dalam melakukan transaksi ini, misalnya Bitcoin tidak dikirim setelah anda membayar.

4. Menambang Bitcoin / Bitcoin Mining

Cara lain untuk mendapatkan Bitcoin adalah dengan cara menambang atau mining. Memang cara ini cukup sulit jika dilakukan secara perorangan. Sehingga membutuhkan pihak ketiga yang bertugas dalam merekam proses transaksi. Dimana pihak ketiga tersbut akan berperan dalam memastikan semua transaksi telah direkan dengan benar dan sistem kas tersinkronisasi di seluruh dunia.

Mungkin itu saja informasi seputar Bitcoin, semoga ada guna dan manfaatnya khususnya bagi anda yang akan menggunakan Bitcoin.

Be First to Post Comment !
Post a Comment

Silahkan Berkomentar ^_^