Top Social

Wednesday, 18 September 2019

Pengalaman Seru Belajar WordPress Developer di Udemy


Jujur nih saya awam banget mengenai Wordpress karena terbiasa berkecimpung dengan blog berbasis blogspot. Sempat terbesit keinginan untuk mempelajari wordpress didukung rasa penasaran ingin mencoba karena banyak teman yang nyaman di wordpress. Salah satu alasannya sih karena wordpress punya banyak plugin dan theme yang mudah sekali dimodifikasi.

Saya pun makin tertarik saat adik sepupu saya di Surabaya cerita gimana serunya membangun sebuah website dengan wordpress. Bedanya  sih adik saya ini memodifikasi sendiri tampilan websitenya dengan ilmu “coding” yang sudah dia pelajari. Jadi dia bisa membuat  website sesuai keinginan dan kebutuhan serta konsep yang unik (beda dari orang lain). Bonusnya kalau sudah pro tentu ini bakalan jadi hal peluang yang menjanjikan karena adik saya ini ya kerjaannya membuat website dan aplikasi dari perusahaan dengan bayaran yang cukup tinggi.

Kelas Online “Become a WordPress Developer : Unlocking Power with Code”



Sejalan dengan keinginan belajar tentang wordpress devoleper awal bulan Sepetember ini saya ikut kelas online di Udemy Course untuk Belajar Coding PHP dengan tajuk Become a WordPress Developer : Unlocking Power with Code.

Di awal kelihatan agak ngeri karena bicara soal “code” tapi saya semangat sekali untuk belajar. Tujuan kursus ini adalah untuk mempelajari cara membuat kode situs web yang sepenuhnya dikostumisasi dengan wordpress.Nantinya saya dan peserta kursus akan membangun situs website berbasis wordpress dengan nama “Fictional University” sebuah situs universitas tapi fiksi karena untuk coba-coba hehee. Kursus ini sangat menantang karena situs wordpress yang dibangun tidak menggunakan template yang tersedia melainkan di buat sendiri.


Penasaran kan bagimana saya yang buta banget sama kode ini bisa nyambung sama kelas wordpress developer?

Di awal materi, Brad Schiff sebagai instruktur menjelaskan bahwa ibarat sebuah pohon yang membutuhkan tanah, air dan cahaya, Wordpress membutuhkan PHP, Apache (NGINX) dan MySQL (MariaDB) ada di computer kita agar dapat berjalan. Tidak semua computer mempunyai, tetapi kita bisa mengistall program yang mencakup ketiga elemen penting wordpress itu seperti XAMPP, MAMPS, Litnami Wordpress, dan Local by Flyweel.

1. Menginstall Local by Flyweel



Dari sekian banyak program, saya disarankan untuk menginstall Local by Flyweel yang mudah digunakan untuk pemula juga gratis. Setelah proses install selesai, kita langsung membuat nama situs dan datanya akan tersalin di local site computer (saya membuat folder dengan nama Amazing Ria) dan data inilah yang akan kita otak-atik untuk membuat sebuah website yang diinginkan. Kita pun bisa melihat preview website di browser dan login sebagai admin loh

2. Menginstall Program Belajar Coding PHP


Untuk membangun sebuah website kita perlu membuat folder yang berisi file-file php. Nah untuk membuat  file php perlu program editor khusus php. Menurut Brad tiga yang terbaik yaitu Sublimetext, Visual Studio Code, dan atom. Saya sendiri memilih menggunakan sublime text sesuai yang disarankan Brad. Sebelum masuk ke materi utama Brad mengajarkan bagaimana belajar coding php dengan Sublime text. File yang kita buat nanti akan di save di folder local site Situs.

percobaan menggunakan bahasa pemograman php dan hasil preview di browser

3. Membuat New Theme Wordpress


Biasnya kita  membuat blog wordpress dan mengubah tampilan tema dengan tema yang disediakan wordpress. Nah disini, saya diminta untuk mengupload theme wordpress yang sudah di dibuat menggunakan editor sublime text dan disimpan sebelumnya. Theme itu akan di upload di dashboard wordpress di tab appearance.


Setelah upload tema baru di dashboard wordpress. Selanjutnya saya mempelajari tentang PHP functions, menampilkan header & footer, membuat pages hingga navigation menu. Semua nya dibuat menggunakan program editor php yang di save dalam folder. Jika tidak ada kesalahan maka preview website akan muncul dengan sempurna, namun jika ada kesalahan (walaupun hanya satu huruf atau karakter) maka website akan error. Saya sempat loncat-loncat karena senang sekali kode yang saya ketik ternyata berhasil hingga preview website sesuai yang diinginkan.

kode header yang dibuat

tampilan akhir header website Fictional University

Tentang Udemy


Kelas Online Wordpress Developer ini menjadi kelas pertama saya Udemy. Nah teman-teman sudah pernah dengar kah tentang kursus online satu ini? Jadi Udemy adalah platform pembelajaran online yang menghadirkan lebih dari 100.000 kursus video yang diajarkan oleh instruktur ahli. Kita bisa mengikuti kursus apa saja mulai dari bahasa pemograman seperti Python dan Java hingga kelas pengembangan pribadi seperti desain, menggambar, menulis dan Yoga. Kita bisa memilih sesuai keinginan, beberapa kursus yang ada diantaranya :

  • Membuat Blog dan CMS dengan Laravel 5.x 
  • Kurus Android Dasar dari Nol Sampai Expert
  • Panduan Terlengkap Facebook Ads
  • Belajar Web Development Menggunakan Bahasa Pemrograman PHOP
  • Membangun Channe Youtube
  • Java Tutorial for Complete Beginners

Dengan adanya Udemy ini ada lebih dari 30 juta peserta yang bisa menguasi keahlian baru, memajukan karier atau bahkan menjelajahi hobi baru di Udemy.


Keunggulan belajar online di Udemy

  • Banyak pilihan topik dari guru-guru terbaik di seluruh dunia
  • Banyak sudut pandang dan kurikulum yang beragam tentang topik yang sama dari instruktur yang berbeda:
  • Bisa melihat isi kurikulum
  • Melihat ulasan dan nilai customer
  • Belajar apapun dimanapun dan kapanpun
  • Akses seumur hidup
  • Bisa belajar offline lewat aplikasi Udemy

Oya selain itu Udemy bukan hanya media untuk belajar loh, disini siapapun bisa mendaftar sebagai pengajar dan mendapatkan penghasilan dari Udemy. Jika teman-teman mempunyai keahlian dan ingin berbagi serta dapat tambahan uang bisa banget mendaftar di udemy sebagai pengajar.

Pengalaman Belajar di Udemy 


Kelas Online Wordpress Developer yang saya ceritakan sebelumnya seru sekali ya. Jadi saya merasa benar-benar di bimbing sampai bisa. Ada 113 materi (terdiri dari 27 jam video dan beberapa artikel) yang dijelaskan Brad dengan sangat rinci bahkan bisa dipahami bahkan oleh saya yang pemula.

Selama pembelajaran saya mendapatkan materi yang sangat bermanfaat. Awalnya buta banget sama bahasa pemograman sekarang jadi tahu gimana membuat bahasa program sederhana untuk membangun sebuah website. Jika ditekuni saya berharap nanti bisa meng-kustom blog saya sendiri. Tentu perlu belajar lebih baik lagi. Dengan materi yang banyak juga tantangannya butuh waktu dan ketekunan. Karena materinya step by step jangan sampai melewatkan satu pun materi kalau nggak mau bingung nantinya. Dan yang paling penting adalah langsung dipraktikkan biar materinya tambah lengket di ingatan. Saya pribadi merasa jadi "ngerti" setelah mencoba nya langsung.

Tersedia juga file tambahan yang bisa di download (misalnya foto, pdf, link resourse yang harus diinstal hingga tanya jawab jika kita mengalami kesulitan saat mengikuti pelajaran), fitur Q&A juga fitur bookmar. Oya kebetulan instruktur saya menjelaskan dengan berbahasa Inggris, tetapi tak perlu khawatir jika kesulitan mengerti bahasa inggris karena ada Subtitle bahasa Indonesia. Oya Udemy juga ada fitur lokal Udemy Indonesia (udemy.com/id) dengan pembayaran mata uang rupiah dan akan semakin banyak kursus lokal dalam bahasa Indonesia kedepannya.

Kalo dilihat kursus lengkap seperti ini tidak murah ya. Harga aslinya bisa jutaan tapi di Udemy banyak sekali diskon kursus yang teman-teman bisa manfaatkan. Bahkan Kursus Wordpress Developer ini dikson hingga 94%. Beruntung banget saya bisa dapat kursus ini!

Cara Daftar Kursus Online di Udemy

Jika teman-teman tertarik untuk belajar di Udemy, cara mendaftarnya sangat mudah
1. Buka website udemy.com
2. Temukan kursus yang dinginkan, untuk memudahkan teman-teman bisa mencari di bagian kategori
3. Buka kursus yang diminati lalu klik Checkout
4. Lalu isilah nama lengkap, email, dan password klik sign up (jika belum punya akun udemy)
5. Isi data untuk pembayaran online (payment card) atau bisa juga dengan bank transfer atau pembayaran di gerai alfamart atau indomaret.
4. Klik Proceed dan Udemy akan memberikan nomor pembayaran
5. Setelah melakukan pembayaran udemy akan memberikan konfirmasi jika kita sudah bisa memulai kursus

Oya Udemy ini juga bisa diinstal melalui aplikasi di smartphone (android atau ios). Jadi kita bisa belajar kapan aja tanpa harus membuka komputer. Saya pun lebih nyaman belajar melalui aplikasi karena bisa download materi terlebih dahulu dan belajar melalui video offline, jadi lebih hemat datanya jika kita ingin nonton berulang-ulang.

Di akhir kursus jika kita sudah belajar semua materi dan mengerjakan tugasnya akan ada sertifikat kelulusan. Senang banget jadinya!

Ingin belajar dari pengajar ahli dari seluruh dunia Udemy jadi pilihan kursus online yang sangat tepat. Pelajari Apa Pun Sesuai Jadwal Anda.

52 comments on "Pengalaman Seru Belajar WordPress Developer di Udemy "
  1. Wehhh ternyata ada kelas developer WP juga yaakk
    Menarique ini mba
    Kapan2 mau cari infonya moga2 ada offline class d Sby!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak banyak banget pilihan kursus online nya nih

      Delete
  2. Wehhh ternyata ada kelas developer WP juga yaakk
    Menarique ini mba
    Kapan2 mau cari infonya moga2 ada offline class d Sby!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Aku baru tau tentang kursus online Udemy ini. Topik yang bisa kita pilih ternyata banyak juga ya.
    Wah seru sekali bisa belajar tentang wordpress developer, belajar coding dan bisa bikin theme wordpress sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak jadi merasa tertantang untuk belajar hal baru ini, kebetulan aku memang pengen belajar wordpress

      Delete
  4. wow...belajar online yang menarik banget...meskipun belajar koding.. gak terasa rumit2 banget yak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal diikuti stepnya pelan-pelan insyaAllah bisa kak, awalnya aku juga mumet yang penting hati-hati jangan ada salah ketik karakter hehee

      Delete
  5. Duh kok asik banget sih bisa belajar wordpress, aku jadi tambah galau ini mau pakai WP juga rasanya. Hahahahaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, aku pun kepengen buat satu web wp lagi mbak

      Delete
  6. Ada banyak tempat kursus online dan Udemy ini salah satu yang paling lengkap dan banyak topiknya. Trus aksesnya seumur hidup pula ya, jadi bisa aja kita ngulang materi yang dirasa belum paham bener

    ReplyDelete
  7. Wah kupikit tentang wordpress blogging ternyata buat codingnya juga ada ya

    ReplyDelete
  8. Cocok nih buat saya yang suka mager, tapi masih pengen belajar ini itu. Bisa belajar online aja, deh

    ReplyDelete
  9. Coding yang awalnya susah dan bikin pusing, kok jadi berasa mudah ya di sini. haha

    ReplyDelete
  10. Mantap banget nih main kode2an sekarang. Tapi ini penjelasannya mudah dipahami ya

    ReplyDelete
  11. membangung chanel youtube pun ada, cocok memang dengan keeksistensian zaman now. Kalau saya sih pengennya belajar desain, pengen gitu bisa nerima job dari desain

    ReplyDelete
  12. Aku mau bangeett ini. Selama ini belum mudeng utak atik wordpress aku. Jadilan kemarin itu minta tolong teman untuk desain tema dan segala macamnya. Karena kan sebelumnya aku pake blogspot tuh.

    ReplyDelete
  13. Ada ya belajar ngoprek wordpress gini, aku mau juga dong belajar di udemy ini. Selama ini cuma bisa ngisi konten aja di web wordpress. Karena udah ada yang ngurus coding dan segala hal teknis lainnya

    ReplyDelete
  14. Wordpress itu memang rumit (bagi saya yang terbiasa dengan blogspot). Apalagi masalah coding-coding begitu, asli dah bikin pusing.

    Jadi pengen kursus online di Udemy begitu, jadi bisa menyesuaikan jadwal dan waktunya yang aku bisa.

    ReplyDelete
  15. Sebagai pengguna WordPress ternyata aku kudet, qeqeqe. Baru tahu soal Udemy dan manfaatnya.
    Kalau coding sederhana sih paham dikit-dikit lah. Tapi kalau udah yang rumit nyerah.

    ReplyDelete
  16. Waah seru bangeet ya bisa kursus online di Udemy. Bisa belajar wordpress dari awal.

    ReplyDelete
  17. MasyaAllah baru tahu saya ada kelas yang kece begini, bookmark deh. Kalau soal kode memang agak berat ya rasanya, tapi kalau ditekuni pasti bisa ya mbak Ria

    ReplyDelete
  18. Hooo jadi mbak Ria kursus di sini toh. Pantasan beberapa hari yg lalu liat mbak posting ttg wordpress ini. Baru tahu klo kursus di sini.

    ReplyDelete
  19. Wuih keren. Bisa ikutan belajar WP secara online dari ahlinya. kepengen deh bisa kursus online kayak begitu juga :D

    ReplyDelete
  20. Boleh bnget nih mba jd Tau udemy kyk apa next mesti belajar langsung biar ngerti coding dn plug in gitu,, aku mah blank Sana sekali

    ReplyDelete
  21. Aku mau nyoba nih kursus online di sini. Bagus nih program-program nya. Bermanfaat semuam

    ReplyDelete
  22. Solusi untuk mengetahui WordPress nih belajar di Udemy. Aku dulu ga ngerti blas terkait per WPan dan bingung mau tanya kemana mbak.
    Ini Udemy sangat berguna banget buat kayak aku yg ingin mempelajari lebih tentang WordPress.TFs ya mbak

    ReplyDelete
  23. Aku nggak pernah pakai wordpress nih Kak. Enak nih bisa belajar di Udemy. Banyak topiknya pula. Nggak cuma tentang wordpress ya. Banyak topik yang lainnya juga.

    ReplyDelete
  24. Wah berarti kalau mau memperdalam wordpress, boleh nih ikut kursus onlinenya. Secara wordpress kan memang bagus buat bikin website.

    ReplyDelete
  25. Pusing gak sih...belajar coding?
    Mungkin karena aku buka orang IT, jadi lihat yang isinya perintah kerja dengan simbol-simbolnya asa lieur...

    Cuma kalau uda bisa, rasanya bangga sekaligus senang sekali.

    ReplyDelete
  26. Wah saya pakai wordpress juga tapi udah nyerah duluan kalau diminta belajar dalemannya. Hehehe...
    Pusing saya baru melihat tampilannya juga. Pengennya terima beres hehehe

    ReplyDelete
  27. Ya Allah ini tulisan warna warni yang sering aku pandangi, aku dekati tapi tetap tak ku mengerti. Hehe tapi enak kalau udah jago koding karena banyak kerjaan yang cari. Bukan kita yang nyari kerjaan.

    ReplyDelete
  28. Asyik kan ngutak-ngatik HTLM dan code. Aku juga kalau tahu caranya mau nerapin sendiri bikin template yang bagus seperti apa.

    ReplyDelete
  29. Duh mupeng banget. Kepengen deh bisa belajar WP kayak gini. Biar makin mantap migrasi ke WP suatu saat nanti :D

    ReplyDelete
  30. Aku salut lho bun bisa belajar Wordpress secepat ini, kalau ikutin langkah pendaftarannya juga mudah ya karena bisa secara online

    ReplyDelete
  31. Pengen bngt nih belajar mengetahui seluk beluknya wordpress secara aku juga pakai wordpress sekali2 perlu ikutan y mba biar tambah pinter lagi mendalami wordpress

    ReplyDelete
  32. Wooow...kak Ria Fasha keren bangeett~
    Aku pernah ngutak-atik WP, tapi yang ada malah bubaarr semua, huhuu...
    Berasa banget, "Kapan nulisnyaaa...ini?"

    Hehhe...harusnya belajar dulu di Udemy yaa..

    ReplyDelete
  33. Ada kursus developer WP gini juga ya mbak, aku jadi penasaran biar semakin handal untuk mengelola blogku.

    ReplyDelete
  34. Wah, keren... Sulit ga mb?saya kok jiper duluan. Ini pengajarnya orang luar ya? Bahasa yang dipakai apa? Tertarik sih, tapi masih ragu bisa paham atau tidak dengan hal-hal teknis gini

    ReplyDelete
  35. Wah Makin banyak platform belanja online yaa. Salah satunya adalah Udemy, yang baru kudengar, hehe. Belajar online saatnini menjadi pilihan ya.

    ReplyDelete
  36. Aku punya satu wordpress tapi nggak kepegang sama skali mba. Soalnya aku nggak begitu mudeng. Hhehe. Kayaknya aku harus ikutan belajar seru

    ReplyDelete
  37. Ampe sekarang blogku di wordpress masih bingung aku ngotak ngatiknys, padahal udah ada aplikasi buat belajar ya. Tambahan lagi ada ciding juga, bagus yah aplikasinya berguna banget

    ReplyDelete
  38. Pas banget materinya buat platform blognya mba ya jadi tambah pengetahuan juga bisa mempelajari coding PHPnya sekalian :)

    ReplyDelete
  39. Aku jadi penasaran pengin belajar wordpress juga mba:)
    Dulu pernah buat wordpress tapi bingung ngotak-ngatiknya karena terbiasa pakai blogspot

    ReplyDelete
  40. Alhamdulillah pas baca strike mba ini, pas banget ma aku, lagi bingung pakai WordPress, Karena awalnya ngeblog dah terbiasa pakai blog spot, thanks mba, aku kayak nemu oase di padang pasir nih he he he.. Bermanfaat banget :)

    ReplyDelete
  41. Saya pengen punya wordpress juga tapi jujur gak tahu harus mulai darimana. Untungnya dibantu teman, walaupun dibantu masih tetap gak mudeng....hehehe

    ReplyDelete
  42. Mantap ini. Jadi kepengen belajar juga biar bisa faham ilmu pemrogaman.

    ReplyDelete
  43. Keren.... Semangat belajarnya ngebuat aku jadi pingin belajar lagi nih

    ReplyDelete
  44. Keren.... Semangat belajarnya ngebuat aku jadi pingin belajar lagi nih

    ReplyDelete
  45. Klo ada kelasnya gini wordpress jadi tidak terlalu susah dijamah ya, makluk biasa blogspot an
    Haha

    ReplyDelete
  46. Udah niat mau move on ke wordpress tapi belum punya ilmunya, eh ternyata ada udemy ya buat belajar wordpress developer, mauu aah aku kepoin dulu

    ReplyDelete
  47. Seneng banget bisa belajar bangun website dari wordpress ya. Aku jadi pengen ikutan belajar juga..

    ReplyDelete
  48. sudah ada niat join ke udemy tapi apa daya uang harus dipakai untuk hal yang lebih penting lagi

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^