Top Social

Thursday, 17 October 2019

Be Smart Entrepreneur dengan Aplikasi Kasir Online OASSE


Revolusi industry 4.0 kini makin hangat diperbincangkan, era tersebut ditandai dengan munculnya Internet of Things (IoT), big data, artificial intelligence, cloud computing, block chain dll. Tak bisa dipungkiri kita makin dekat dengan pemanfaatan penuh teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan terutama dalam bisnis. Tidak hanya dalam proses produksi, melainkan juga di seluruh rantai nilai industri sehingga melahirkan model bisnis yang baru dengan basis digital guna mencapai efisiensi yang tinggi dan kualitas produk yang lebih baik.

Pertanyaannya apakah penggiat bisnis terutama UMKM siap menghadapinya? Siap atau tidak jelas kemajuan teknologi menuntut sebuah produk kreatif yang terus berinovasi dalam pengelolaan bisnis. Jika kita tidak memulai untuk merubah mindset menjadi SMART Entrepreneur tentu bisnis akan mudah ambruk kapan saja. 

Untuk menjadi smart entrepreneur ada beberapa hal yang harus dilakukan. Hal ini disampaikan oleh Bapak Ahmad Syahfuddin, Ak., CA, yang merupakan Direktur Utama PT. Ascon Inovasi Data dalam Workshop Be SMART Entrepreneur di Hotel Santika  Bengkulu (16/10).


Kegiatan ini dihadiri oleh pelaku UMKM di Bengkulu diantaranya Sarah Cake, Senyum Muslim, Eki Mart, Toko Mainan Baru, Toko Muda-Mudi Baru, Ponpes Alhasanah, dll.


S.M.A.R.T merupakan singkatan dari Start with why, Marketing first but selling no problem, Action thought prayer combination, Reset your business dan Tax Awareness. Kelima hal ini perlu diterapkan agar menjadi pengusaha yang cerdas dan melampaui batas.

1. Start With Why



Sebelum membangun bisnis jasa akuntan Ahmad Syahfuddin, Pak Ahmad pernah berkarir menjadi ASN di kementrian keuangan bersama istrinya. Namun perjalanan hidup beliau mengantarkannya untuk memilih berhenti menjadi ASN dan fokus memulai bisnis dengan tujuan bisa membawa kebaikan untuk dirinya, keluarga dan juga orang lain. Menurut beliau, sebuah bisnis sebaiknya tidak dimulai dengan pertanyaan “apa bisnis yang akan dilakukan” tetapi tanyakanlah “kenapa anda berbisnis”. Menemukan alasan bisnis akan menjadi landasan dan motivasi yang kuat agar bisnis bisa bertahan di masa yang akan datang.

Selain itu menurut pak Ahmad penting untuk menyampaikan kepada customer kita alasan kenapa bisnis ini dijalankan. Kemukakan kelebihan dan kekuatan yang ada pada bisnis membuat customer percaya dan loyal.

2. Marketing First, but Selling No Problem


Perbedaan marketing dan selling adalah pada orientasi bisnis. Selling berorientasi pada  bisnis jangka pendek  dan hanya menggaet customer, tetapi marketing berorientasi pada bisnis jangka panjang dan melayani client dengan menciptakan relationship bukan hanya kepentingan transactional. Untuk memulai marketing pelajari target marketing secara tepat (temukan real client diantara crowd customer) dan bagaimana agar mereka tertarik dengan bisnis yang sedang anda geluti.

3. Action Thought Prayer Combination


Sebuah rencana tanpa aksi adalah bullshit. Untuk menjalankan impian kita perlu tindakan untuk make it happen lalu lakukan evaluasi dengan pikiran (low of attraction). Setelah itu jangan lupakan kekuatan doa. Temukan dan gunakan Leverage Rejeki.

Sesi ini membuat saya tersentuh. Pak Ahmad mengungkapkan bahwa ada yang namanya leverage rejeki yaitu bersedekah kepada:
- Orang tua
- Kerabat
- Anak yatim dan orang miskin
- Ibnusabbil

Dahulukan tingkatan yang pertama yaitu orang tua, lalu baru ke tingkat selanjutnya. Pak Ahmad percaya bahwa segala kesuksesan dan kekayaan yang dititipkan dalam bisnis adalah cara Allah agar kita bisa berbuat baik untuk orang-orang di sekitar. Dengan perpaduan action (tindakan), thought (pikiran) dan prayer (doa) insyaAllah bisnis akan lancar dan berkah.

4. Reset Your Business


Tak bisa dipungkiri bahwa bisnis tak selamanya mulus bak jalan tol. Semakin tumbuh bisnis akan semakin banyak tantangan yang menghalangi. Lalu apa yang harus dilakukan oleh seorang pebisnis jika menghadapi masalah akan usahanya? Jawabannya adalah Reset (atur ulang) bisnis Anda dengan berpikir bahwa bisnis baru dimulai. Selanjutnya sadari bahwa pesaing adalah kaum milineal yang sangat akrab dengan dunia digital. Perlu inovasi untuk membuat bisnis lebih maju dan salah satu solusi bisnis go online dan go digital adalah dengan Aplikasi Kasir Online OASSE, aplikasi kasir online yang digagas oleh Ahmad Syahfuddin, Ak., CA. Nanti secara lebih lanjut saya akan bahas mengenai apa itu apikasi OASSE.

5. Tax Awareness (Pajak)


Tahap terakhir untuk menjadi smart entrepreneur adalah dengan memahami kewajiban membayar pajak pada waktunya. Banyak pebisnis yang mempunyai usaha maju namun tiba-tiba harus jatuh karena kelalaian masalah pajak.

Mengenal Aplikasi Kasir Online OASSE



Sebelumnya saya menyebutkan solusi untuk bersaing di dunia bisnis era revolusi 4.0 adalah membuat bisnis go digital go online. Salah satu solusinya adalah aplikasi OASSE. Aplikasi kasir online OASSE digagas oleh Ahmad Syahfuddin, AK., CA, seorang akuntan lulusan STAN yang berhenti sebagai PNS dan menjadi konsultan akutansi, perpajakan, bisnis dan manajemen di lebih dari 60 perusahaan.

Gagasan tentang OASSE bermula dari pengalaman beliau terkait sulitnya mendapatkan data-data keungan dari perusahaan-perusahaan yang dibidanginya karena dikelola secara manual. OASSE yang dibangun di bawah bendera PT. Ascon Inovasi Data bekerja sama dengan Kantor Jasa Akuntan (KJA) Ahmad Syahfuddin, berpusat di Kota Bengkulu, diharapkan dapat member solusi bagi pelakuk bisnis terutama UMKM untuk menata keuangan dan bisnis dengan lebih baik menuju revolusi industry 4.0.

Apa itu OASSE?



Sesi kedua workshop Be Smart Entrepreneur di isi oleh Robbie Sugara. Ia memperkenalkan Aplikasi kasir online OASSE sebagai sebuah aplikasi penjualan (point of sales) yang membantu pemilik bisnis untuk membuat laporan penjualan, pembelian, stok barang, hutang, piutang dan berbagai macam pekerjaan administrative lainnya. Semua itu membantu para pemilik bisnis untuk memonitor usaha mereka secara seketika (real time), kapan saja dan di mana saja.

Disebutkan Robbie aplikasi OASSE ini memiliki keunggulan yaitu bisa customize berdasarkan kebutuhan dan permasalahan bisnis client. O.A.S.S.E adalah kependekan dari One Application Solution for Small Enterprise, disingkat OASSE artinya cukup satu aplikasi saja sebagai solusi bagi UMKM dalam mengelola bisnisnya. Nama ini digunakan untuk mengingatkan visi tim OASSE agar terus berinovasi dalam membantu pelaku UMKM untuk terus berkembang dan naik kelas. Ke depan OASSE akan terus berkembang sebagai sebuah aplikasi bagi semua aspek bisnis UMKM, bukan sekedar aplikasi Point of Sales saja.

Aplikasi ini juga dijalankan secara online untuk mencoba memberi pemahaman kepada pemilik bisnis untuk meninggalkan cara lamanya dan menerima kenyataan bahwa ke depan tidak ada satupun dalam kehidupan kita termasuk bisnis yang tidak terkoneksi secara online. Jadi mengapa kita harus menghindarinya. Dengan online, pemilik bisnis bisa secara interaktif terkoneksi dengan bisnis walaupun tidak berada di tempat.

Kelebihan Aplikasi Kasir Online OASSE



Dengan menggunakan aplikasi kasir online OASSE akan banyak kemudahan yang didapatkan diantaranya:

Bisa customize aplikasi berdasarkan permintaan
Minim perangkat
Hemat perawatan
Sistem dirancang sedemikian rupa agar terlihat sederhana, ringan, dan mudah digunakan oleh siapa pun.
Dapat diakses dimana saja dan kapan saja
Tim OASSE siap untuk membimbing operator client hingga bisa dan siap mendampingi
Data dijamin aman oleh OASSE karena backup dilakukan setiap hari
Siapapun bisa menggunakan aplikasi OASSE (seperti grosir, apotik, retail, klink, bengkel, toko elektronik, toko kue, toko mainan, bimbel, toko manisan dll)
Pembaruan fitur yang akan di update oleh tim kepada client



Nah pasti penasaran kan dengan aplikasi kasir Online OASSE ini. Dalam aplikasi OASSE ada dua kategori login yaitu admin dan kasir. Beberapa fiturnya yaitu:

1. Penjualan : Dalam fitur ini ada banyak sub kategori seperti data barang, harga jual, stok, gambar, dimensi hingga berat.

2. Pembelian : Fitur ini adalah untuk mencatat segala produk/ stok yang kita beli berikut harga belinya dan dimana kita membelinya.

3. Retur : Ini adalah fitur yang digunakan jika ada barang yang diretur oleh customer

4. Informasi Stok : dengan adanya fitrur ini maka pemilik usaha bisa melihat keadaan stok barang yang habis maupun hampir habis sehingga bisa melakukan supply barang lebih cepat.

5. Hutang Piutang : Pelanggan terkadang tidak dapat melakukan pembayaran tunai. Sistem ini dapat melayani pelanggan untuk dapat tidak membayar secara langsung atau lunas, dapat memberikan piutang kepada pelanggan dan sistem akan mencatat semua piutang yang diberikan begitu juga ketika anda akan melakukan hutang kepada suplier ketika pembelian barang sistem akan mencatat hal itu.

6. Monitoring Penggunaan : Admin juga bisa melakukan monitoring dimanapun dan kapanpun akan aktifitas login di aplikasi yang ia punya untuk menghindari kecurangan ataupun penipuan.

7. Notifikasi Pelanggan : Uniknya dalam system ini adalah pelanggan yang terdaftar akan mendapatkan notifikasi pembelanjaan. Misalnya saya berbelanja di toko A 1 botol kecap ABC, 5 sabun LUX dan 2 bungkus permen kiss. Jika saya sudah menjadi member yang terdaftar di toko A setelah berbelanja akan ada notifikasi di whatsapp seperti berikut:
“Ibu Ria, terimakasih sudah membeli 1 botol kecap ABC, 5 sabun LUX dan 2 bungkus permen kiss di toko A”. Hal ini bisa menjadi pengganti struk juga meningkatkan pelayanan pada pelanggan.

8. Statistik : Fitur ini memperlihatkan statistic penjualan kita apakah meningkat atau menurun. Dengan mengetahui statistic maka pebisnis bisa mengambil tindakan untuk kemajuan bisnisnya ke depan.


Luar biasa bukan aplikasi kasir online OASSE ini. Bisa memudahkan pelaku UMKM dalam mengelola bisnisnya. Untuk berlangganan aplikasi ini bisa langsung menghubungi PT. Ascon Inovasi Data



PT. Ascon Inovasi Data

Office :
Jl. Hibrida 15 No. 15 B RT.14 RW.04
Kel. Sidomulyo Kota Bengkulu
CP : 0852 6768 1085 (Marlin Heppy)

Sosial Media :
Facebook : aplikasi.kasir.online.oasse
Instagram : @aplikasi.kasir.online.oasse
Youtube : Aplikasi Kasir Online OASSE
Email : asconinovasidata@gmail.com

Website :
www.ascon.id
www.oasse.id
www.kjahmadsyahfuddin.com


32 comments on "Be Smart Entrepreneur dengan Aplikasi Kasir Online OASSE"
  1. Wah banyak banget nih ya Mbak keuntungan ketika menggunakan aplikasi Kasir Online OASSE ini

    ReplyDelete
  2. Saya jadi pingin nih Mbak mempunyai Aplikasi Kasir Online OASSE ini. Membantu banget hihi

    ReplyDelete
  3. Saya pingin banget nih Mbak jadi entrepreneur nih hihi. Apalagi ada aplikasi yang sangat membantu

    ReplyDelete
  4. Aplikasi Kasir Online OASSE ini memang sangat memudahkan nih ya Mbak

    ReplyDelete
  5. Wah terima kasih nih Mbak atas informasinya tentang Aplikasi Kasir Online OASSE yang sangat memudahkan ini

    ReplyDelete
  6. Kalau menjadi seorang entrepreneur ini memang cocok banget ya kalau menggunakan aplikasi yang satu ini

    ReplyDelete
  7. Suka bangeett baca tulisan ini. Penting untuk pemula yang lagi belajar bisnis kaya aku gini. Dan applikasi ini juga seru ya. Semua proses pembayaran dan penghitungan jadi makin mudah pakai Oasse

    ReplyDelete
  8. huwoo, cihuy bangett
    para pengusaha niscaya terbantu bgt dgn aplikasi kasir online OASSE ini
    BarokAllah yaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  9. Berdaging banget deh materi bisnisnya. Semoga aplikasi ini bisa membuat para umkm lebih berdaya, ya

    ReplyDelete
  10. ini tuh bacanya berasa langsung jadi anak pinter milenial. Istilah seperti Internet of Things (IoT), big data, artificial intelligence, cloud computing, block chain itu kan baru

    nah kasir online udah mulai dibutuhkan ya, soalnya kita semua semua sekarang serba online juga

    memantau UKM yang mulai buka jaringan di mana mana juga online menghemat waktu dan meminimalisir miss keuangan dan data

    ReplyDelete
  11. Keren nih OASSE dari Bengkulu untuk Indonesia... semoga tetap istiqomah dan bermanfaat

    ReplyDelete
  12. Di toko cemilan deket rumah udah memanfaatkan kasir online. Kalo dulu yang jadi kasir harus pemiliknya langsung, berkat kasir online jadi lebih terbantu bisa bergantian dengan pegawai lainnya. Mempermudah melacak transaksi harian juga.

    ReplyDelete
  13. Wah canggih. Apalagi bisa membantu juga untuk sebagai pengingat sudah belanja apa saja dan dimana saja. Aplikasi kasir online gini tentunya akan sangat ngebantu ya

    ReplyDelete
  14. SMART: Start with why, Marketing first but selling no problem, Action thought prayer combination, Reset your business dan Tax Awareness.

    Cerdas banget. Bisa jadi satu buku ini. :)

    Jaman now, pemanfaatan teknologi memang harus diupayakan sebaik-baiknya ya dalam berbisnis dan tidak lupa pula interaksi sosial diperbaiki terus.

    ReplyDelete
  15. Sudah banyak perangkat dan aplikasi digital yang memudahkan UKM nih buat mengembangkan usahanya seperti aplikasi kasir Oasee ini, jadi mengurus manajemen dan keuangan bisnis UKM makin mudah, dan ownernya bisa punya kesempatan mengembangkan inovasi ide-ide produk baru, agar bisnis semakin berkembang dan otomatis akan menyerap tenaga kerja semakin banyak.

    ReplyDelete
  16. Aplikasi yg sangat membantu dalam kita mengembangkan usaha dan kita pun bisa memantau kinerja usaha kita dimana saja kita sedang berada, itu nilai plus yg terdapat dari Aplikasi Oasse ini, Good and very good

    ReplyDelete
  17. Aplikasi yg sangat membantu dalam kita mengembangkan usaha dan kita pun bisa memantau kinerja usaha kita dimana saja kita sedang berada, itu nilai plus yg terdapat dari Aplikasi Oasse ini, Good and very good

    ReplyDelete
  18. Wow, keren banget ya aplikasinya, lengkap, sampai ada notifikasi pelanggan dan statistik juga...

    ReplyDelete
  19. Wah ada aplikasi kasir baru. Bisa ngebantu buat teman-teman yang berbisnis, nih.

    ReplyDelete
  20. Pakai kasir online tuh cukup bantu apalagi kalau kita kurang paham tentang pengaturan keuangan ya. Dalam bsnis setuju deh bahwa menciptakan hubungan itu penting

    ReplyDelete
  21. Dengan adanya aplikasi oase ini smoga semakin maju usaha UMKM ya jd memudahkan kinerja nya

    ReplyDelete
  22. Aplikasinya terjangkau pula harganya ya mba. Dulu banget mah masi mahal.. moga usaha UMKM bisa terbantu dgn aplikasi ini..

    ReplyDelete
  23. Sepertinya aplikasi kasir online OASSE ini cocok dan dibutuhkan sama sales di tempat kerja aku, mbak. Soalnya buat catat transaksi penjualan buku. Dengan adanya aplikasi ini, tentu banyak membantu para pengusaha dalam mengurus keuangan serta produk pada bisnis mereka ya
    Makasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
  24. wah, rasanya baru beberapa waktu lalu ada jumpa ama pengusaha muda yang kebingungan cari aplikasi kasir online. Kayaknya bisa nih direkomendasikan

    ReplyDelete
  25. Waah terobosan baru ya mbak kasir online ini. Memudahkan pengusaha atau pemilik UMKM untuk memantau bisnisnya dari jauh. Harga nya pun masih terjangkau

    ReplyDelete
  26. Banyak keuntungannya ya menggunakan aplikasi kasir OASSE ini, bisa mempermudah pekerjaan pelaku UMKM dalam manajemen barang jualannya. Dari luar bengkulu bisa berlangganan juga kah mbak?

    ReplyDelete
  27. Banyak juga ya keuntungannya ya apps ini. bisa dipraktekkan untuk online shop aku nih.

    ReplyDelete
  28. Wah.. Ini aplikasi kasir yg aku baru tau nih. Mayan ya harganya terjangkau. Smg para pengusaha kecil dan menengah terbantu dg aplikasi ini ya

    ReplyDelete
  29. Wah bagus kalau bisa sampai memperhitungkan statisti bisnisnya lagi oke atau lagi menurun gtu. Kalau dengan kasir online ini pun pembukuan juga gak lagi berat kita tinggal nyocokin aja biasanya ya mbak.

    ReplyDelete
  30. Makin banyak aja ya karya anak bangsa yang bisa membantu para penjual untuk memudahkan proses pembayaran maupun laporan keuangan. Nggak usah pake prosedur administrasi yang ribet lagi

    ReplyDelete
  31. salfok sama penggagas OASSEnya merelakan berhenti jadi PNS tapi akhinrnya ya keren ya mba bisa usulkan aplikasi keren ini mantap nih memudhakan banget untuk proses pembayaran

    ReplyDelete
  32. Suamiku wirausaha kayaknya butuh ini juga nih. Nanti aku bilangin deh ke beliau.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^