Top Social

Wednesday, 30 October 2019

INDOZONE, Media Paling Menarik untuk Milenial dan Gen-Z


Indonesia memasuki era bonus demografi yang lebih dari setengahnya merupakan genereasi milenial dan Gen Z. Menurut Badan Statistik di Buku Profil generasi Milenial hal ini sebenarnya punya potensi besar dalam pengembangan ekonomi dan pembangunan. Kenapa? Karena generasi milenial dan gen-z mempunyai usia produktif untuk turut serta memperbaiki keadaan Indonesia.

Saya melihat kehadiran generasi milenial dan gen-z membuka babak baru karena mereka punya karakter unik. Salah satu ciri utamanya ditandai oleh peningkatan penggunaan dan keakraban dengan komunikasi, media dan teknologi digital. Kita bisa lihat bahwa generasi milenial dan gen z dibesarkan oleh kemajuan teknologi yang membentuk karakter kreatif, informatif, mempunyai passion, produktif dan lebih berteman baik dengan teknologi.

Suka atau tidak teknologi akan terus berlari cepat. Teknologi pasti akan dilibatkan dalam segala aspek kehidupan. Bukti nyata yang bisa kita amati adalah hampir seluruh generasi milenial dan gen Z menggunakan ponsel pintar agar lebih produktif dan efesien. Sebut saja untuk berkirim pesan, berbelanja,  bertransaksi, hingga memesan jasa transaportasi semuanya dilakukan secara online.

Begitupun dalam akses informasi. Jika dahulu kita harus mencari-cari koran, membeli majalah, hingga menonton televisi untuk mendapatkan informasi, sekarang hanya dengan si ponsel pintar semua informasi akan mudah ditemukan.

Saya pun merasakan manfaat penuh dari keterbukaan informasi di internet. Sebagai ibu rumah tangga yang full time di rumah  awalnya saya kira akan menjadi makhluk “kudet” yang akan melongo jika diajak bicara tentang tren terkini. Tapi ternyata itu hanya ketakutan nggak berdasar. Dimanapun dan kapanpun selama punya akses internet beragam informasi terkini bisa didapatkan dengan mudah.

Mengenal INDOZONE


Salah satu situs  favorit saya untuk kepo biar ga kudet adalah INDOZONE. Buka aja lewat browser di hp atau laptop, klik www.indozene.id . Nah terpampang nyata semua informasi yang kita butuhkan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Awalnya saya tahu Indozone ini nggak sengaja saat iseng baca-baca di tab explore instagram. Muncullah salah satu postingan #kamuharustau tentang seorang pegulat professional Prancis bernama Maurice yang punya penyakit Acromegaly yang membuat wajahnya mirip tokoh kartun Sherk. Dalam hati “keren nih informasinya”. Langsung ngerasa klo saat itu dan membuat saya scroll di instagram hingga berlabuh ke situsnya.

Ternyata Indozone ini bermula dari instagram #KAMUHARUSTAHU pada tahun 2014. Karena menyajikan informasi yang lengkap dan berkualitas akhirnya berkembang juga menjadi situs Indozone, media yang paling menarik untuk Milenial dan Gen-Z.



INDOZONE, The Most Engaging Media for Millennials and Gen-Z


Nggak salah jika INDOZONE dikatakan sebagai media paling menarik untuk milenial dan Gen-Z. Seperti yang sudah saya singgung kalo karakteristik milenial dan gen-z itu suka sesuatu yang serba digital, kreatif, informatif dan itu cocok sekali dengan apa yang disajikan dalam situs INDOZONE

Informasi Up-Date


Ada yang bilang kalau anak zaman sekarang jadi malas membaca karena internet. Padahal nggak selamanya benar karena generasi Milenial dan Gen-Z lebih mengandalkan sarana digital untuk upgrade pengetahuan dan informasi. Ini sejalan dengan apa yang pernah saya baca di situs Kemdikbud tentang Literasi Digital. Menurut Paul Gilster dalam bukunya yang berjudul Digital Literacy (1997), literasi digital diartikan sebagai kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam berbagai bentuk dari berbagai sumber yang sangat luas yang diakses melalui piranti computer. Jadi di zaman serba canggih perlu banget melakukan literasi digital lewat situs-situs bermanfaat.

Jika biasanya membaca identik dengan buku, ternyata membaca pun bisa dilakukan melalui situs digital seperti INDOZONE. Serunya bukan hanya satu kategori yang bisa kita dapatkan melainkan banyak sekali pilihan kategori informasi. Mau tau cerita gimana hebohnya Meme Lee Seunggi diibaratkan Hype Abisnya Ayam Geprek bisa cek di #kamuharustau, atau mau tau soal makanan yang bisa dimakan saat sakit gigi bisa cek di kategori food.

Asli lengkap dan terkini banget informasi nya, ada yang mengenai teknologi, traveling, Sepak Bola, kesehatan dll dari dalam negeri dan luar negeri. Jadi nggak berlebihan kalau saya katakan INDOZONE seperti perpustakaan digital yang selalu memperbaharui informasinya. Kita pun bisa akses di manapun dan kapanpun .

Konten yang Lengkap,  Menarik dan Informatif


Menurut saya sebuah situs dikatakan menarik itu jika punya konten yang bagus dan bisa menarik minat pembaca untuk membaca sampai habis. Biasanya sih saya tertarik untuk membaca konten karena judulnya yang bombatis. Setelah itu kalimat pembuka dan isinya, sesuai nggak nih sama judulnya. Di INDOZONE saya suka sekali dengan gaya bahasa di berbagai artikelnya apa lagi di kategori #kamuharus tau. Gaya bahasa yang ringan namun tetap informatif cocok sekali untuk generasi milenial dan gen-z.

Selain itu yang lebih penting dari menarik, lengkap dan informatif adalah terkait kebenaran artikel yang ditayangkan. Karena tujuannya untuk memberikan informasi tentu saja kita membutuhkan info yang akurat, tepat dan bukan hoax.  Oya, jika teman-teman berkunjung ke situs INDOZONE, ada beberapa kategori yang bisa ditemukan yaitu:



  • Breaking News

Di halaman breaking news, saya bisa menemukan berita harian terhangat yang akan update setiap pagi. Jadi kalau nggak mau ketinggalan kejadian apa saja yang terjadi di Indonesia jangan lupa untuk selalu cek nih halaman news. Beragam banget informasi terkini yang disajikan, ada tentang informasi politik, pendidikan, sains dll.


  • Fakta dan Mitos

Ayo ngaku nih siapa yang suka bingung dan ragu mengenai fakta atau mitos. Nah di halaman Indozone ada kategori fakta dan mitos yang menyakin informasi mengenai berita fakta terbaru dan hal yang dikaitkan dengan mitos.


Misalnya nih jika selama ini kita tahu bahwa bunga tulip berasal dari Belanda, eh ternyata kata tulip berawal dari bahasa Turki, 'turban' yang berarti penutup kepala para lelaki di zaman kekaisaran Ottoman dan jadi bunga nasional Turki loh. Hayo siapa yang baru tahu? Fakta-fakta dan mitos dari seluruh dunia bisa kalian baca juga loh. Asyik kan bisa nambah pengetahuan!

  • Game dan Tech

Generasi milenial dan Gen-Z biasanya identik dengan kecanggihan teknologi salah satunya dalam hal permainan Game. Di kategori Game ada berita game terkini dan terhangat yang bisa jadi rekomendasi kalian pecinta game.



Begitupun di kategori Tech, kita akan menemukan berita teknologi terkini, ada juga informasi mengenai harga hp dan laptop serta tips dan trik tentang teknologi yang bisa kalian terapkan.

  • Food dan Travel

Yang suka banget melancong dan kulineran, Kategori food serta travel pasti cocok banget nih buat kalian. Di kategori food ada beragam informasi tentang makanan kekinian juga info kuliner, bisa jadi referensi tempat makan untuk saya banget jika nanti mengunjungi tempat-tempat wisata. Selain itu juga ada rekomendasi destinasi wisata terbaik loh di kategori Travel, dengan begitu sebelum melakukan travelling saya bisa menyusun itenary berdasarkan rekomendasi dari INDOZONE. Thanks ya!

  • Soccer dan  Otomotif

Kategori soccer dan otomotif ini biasanya digandrungi kaum adam. Tapi ga menutup kemungkinan juga sih perempuan doyan baca berita ini. Overall banyak informasi dunia olahraga terutama sepak bola juga informasi mengenai otomotif yang bisa bikin pikiran tambah fresh deh!

  • Health dan Beauty

Ingin tau kenapa Program diet seringkali nggak berhasil? Atau pengen tahu kenapa rambut terus menipis? Buka deh kategori Health juga Beauty di INDOZONE. Ini salah satu kategori yang saya suka banget karena sesuai dengan minat deh. Seringkali hal-hal sepele tentang kesehatan dan kecantikan itu kita ga tau jawabannya. Di halaman ini kita bisa temukan banyak informasi yang membantu banget memecahkan masalah mengenai kesehatan dan kecantikan.

  • Movie dan Music


Generasi milenial dan gen-z pasti butuh banget hiburan dong ya. Di kategori movie dan music, kita bisa temukan informasi mengenai berita terbaru seputar perfilman juga berita music. So yang suka movie dan music akan dapat insigt nih nanti malam mau nonton apa hheee..


Tampilan yang Menarik



Selain punya konten yang lengkap dan informatif, INDOZONE semakin menarik untuk generasi milenial dan gen-z karena tampilan nya yang eye catching. Berikut beberapa kelebihan tampilan situs INDOZONE:

1. Template dan desain yang simple, bersih, responsif dan enak di pandang mata
2. Font tulisan yang mudah dibaca
3. Navigasi yang memudahkan pengguna seperti ada ketegori, Berita pilihan di bagian #kamuharustau, insight, dan populer
4. Lengkap dengan gambar, infographic dan videographic yang makin menarik minat pembaca


5. Informasi lengkap mengenai sosial media INDOZONE. dan redaksi yang dihubungi (ini penting banget menurut saya sebagai bentuk tanggung jawab dan bukti keberadaan sebuah situs berita)

Nah itu tadi deh alasan kenapa saya suka sekali berselancar di situs INDOZONE. Overall situs ini sangat menarik dan cocok banget untuk generasi milenial juga Gen-Z karena berisi berita terkini yang disajikan dengan bahasa menarik, lengkap juga informatif dan punya banyak kategori yang bisa dipilih sesuai dengan passion kita.

Harapan saya, Indozone semakin semangat memberikan informasi terkini yang bermanfaat sebagai sarana edukasi bagi generasi milenial dan gen-Z. Saya berharap kedepannya akan ada kategori informasi daerah yang menayangkan artikel dari kontributor daerah sehingga menjadi wadah untuk memperkenalkan daerah-daerah di Indonesia.

Btw, kalian suka baca Indozone juga kah?
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Silahkan Berkomentar ^_^